Deretan Kejadian Kontroversial Sepanjang Sejarah Piala Dunia, Nomor 3 Paling Mencekam

Gelaran Piala Dunia melahirkan sejumlah kejadian kontroversial yang hingga kini tak terlupakan.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 06 September 2022 | 12:00 WIB
Andres Escobar (kiri) saat melakukan gol bunuh diri saat laga Kolombia lawan Amerika Serikat di Piala Dunia 1994. (MIKE NELSON / AFP)

Andres Escobar (kiri) saat melakukan gol bunuh diri saat laga Kolombia lawan Amerika Serikat di Piala Dunia 1994. (MIKE NELSON / AFP)

Bolatimes.com - Berikut deretan kejadian kontroversial yang pernah tercipta dalam gelaran Piala Dunia, dan membuat banyak orang sulit melupakan kejadian-kejadian tersebut.

Sebagai ajang terakbar di dunia sepak bola, banyak yang berharap Piala Dunia berlangsung dengan adil tanpa adanya kontroversi di dalamnya.

Namun, sejak Piala Dunia digelar pada 1930 silam, sederet kejadian kontroversial terus terjadi, entah itu karena kealpaan pengadil lapangan maupun akibat belum majunya teknologi.

Baca Juga: Lagi Disorot, Arthur Irawan Digosipkan Jadi Incaran PSIS Semarang

Sebagai contoh adalah gol Frank Lampard ke gawang Jerman yang tak disahkan oleh wasit, sehingga membuat lahirnya Goal Line Technology atau teknologi garis gawang.

Hal tersebut terjadi saat Timnas Inggris berhadapan dengan Jerman di babak 16 besar Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Di laga tersebut, Lampard mampu melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang membentur mistar gawang. Bola pun kemudian memantul ke dalam gawang Jerman, sebelum akhirnya keluar dan ditangkap Manuel Neuer.

Baca Juga: Unggul Statistik, Bali United Ogah Remehkan Dewa United Jelang Duel

Meski dalam tayangan ulang bola nampak sepenuhnya telah masuk ke gawang Neuer, namun wasit mengindahkan kejadian tersebut sehingga Timnas Inggris gagal menyamakan kedudukan atas Jerman.

Karena gol yang tak disahkan tersebut, Timnas Inggris pun akhirnya takluk dari Jerman dengan skor 4-1 dan gugur lebih cepat.

Kejadian kontroversial ini pun menjadi salah satu kejadian kontroversial yang tercipta di Piala Dunia. Masih banyak kejadian lain yang mengundang tanda tanya.

Baca Juga: Shin Tae-yong Terkesan Dapat Dukungan dari Luna Maya: Pemain Timnas Pasti Senang

Apa saja deretan kejadian kontroversial itu? Berikut rangkumannya.

1. Keberhasilan Korea Selatan Mengalahkan Italia

Ahn Jung-Hwan berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Italia di Piala Dunia.2002. (Jacques Demarthon/AFP)
Ahn Jung-Hwan berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Italia di Piala Dunia.2002. (Jacques Demarthon/AFP)

Pada Piala Dunia 2002 lalu, Korea Selatan membuat kejutan dengan mengalahkan Timnas Italia dan melaju ke babak semifinal.

Baca Juga: Bikin Gagal Fokus! Intip Pesona Carolina Miarelli, WAGS Baru Liverpool Kekasih Arthur Melo

Namun keberhasilan Korea Selatan ini melahirkan sederet kontroversi. Sebab, ada dugaan kecurangan yang dilakukan tuan rumah.

Kecurangan ini terlihat dari keputusan wasit yang mengeluarkan keputusan aneh terhadap Italia, seperti gol yang dianulir dan kartu merah yang diterima Francesco Totti akibat Diving.

Alhasil, Korea Selatan pun menang atas Italia lewat gol Ahn Jung-hwan di menit ke-117, yang membuat sang pemain kemudian diusir dari Italia.

2. Tangan Tuhan Diego Maradona

Momen gol tangan Tuhan Diego Maradona. (Dok. FIFA)
Momen gol tangan Tuhan Diego Maradona. (Dok. FIFA)

Mendiang Diego Maradona mungkin tak akan pernah dilupakan oleh pecinta sepak bola. Tak hanya karena aksi olah bolanya, melainkan gol tangan Tuhan yang diciptakannya.

tangan Tuhan Maradona ini diciptakan di Piala Dunia 1986, kala Argentina berhadapan dengan Timnas Inggris di babak perempat final.

Kala itu, Diego Maradona terlihat meninju bola di udara saat memperebutkan bola dengan kiper Timnas Inggris, Peter Shilton dan membuat bola masuk ke gawang.

Aksi tersebut banyak diprotes oleh pemain Timnas Inggris, namun wasit tetap bergeming. Keterbatasan teknologi membuat gol itu tetap disahkan, dan menjadi salah satu gol kontroversial di Piala Dunia.

3. Meninggalnya Andres Escobar

Andres Escobar. (Sumber: Dok. The Guardian).
Andres Escobar. (Sumber: Dok. The Guardian).

Piala Dunia tak hanya menghadirkan sukacita semata. Bahkan tangis pun pernah tercipta di ajang ini, tepatnya di Piala Dunia 1994.

Tangis tersebut muncul seiring meninggalnya bek Timnas Kolombia, Andres Escobar, pasca gelaran Piala Dunia 1994.

Andres Escobar meninggal 5 hari pasca Piala Dunia, setelah Timnas Kolombia tersingkir di fase grup usai dirinya menciptakan gol bunuh diri saat berhadapan dengan Amerika Serikat.

Dalam berbagai laporan, gol bunuh diri ini disebut-sebut menjadi faktor utama dirinya meninggal dunia, di mana ia mendapat 6 tembakan di sebuah tempat parkir di klub malam.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak