Boladunia

4 Alasan Liverpool Bisa Kalahkan Real Madrid di Final Liga Champions

Liverpool akan menghadapi Real Madrid di final Liga Champions musim 2021/2022.

Rauhanda Riyantama

Naby Keita merayakan golnya saat Liverpool tundukkan Newcastle United 1-0. (PAUL ELLIS / AFP)
Naby Keita merayakan golnya saat Liverpool tundukkan Newcastle United 1-0. (PAUL ELLIS / AFP)

Bolatimes.com - Berikut ini sederet alasan mengapa Liverpool bisa mengalahkan Real Madrid dan menjuarai Liga Champions musim 2021-2022.

Liverpool dan Real Madrid memastikan diri sebagai finalis Liga Champions musim ini. Keduanya dijadwalkan akan bertarung pada 29 Mei 2022 waktu Indonesia.

Liverpool memastikan tiket ke final usai menyingkirkan wakil Spanyol, Villarreal dalam pertarungan dua leg dengan agregat 5-2.

Di leg pertama, Liverpool mampu mengantongi kemenangan dengan skor 2-0 dan kemudian meraih kemenangan 3-2 di leg kedua saat berkunjung ke markas Villarreal.

Di sisi lain, Real Madrid melangkah ke final Liga Champions 2021-2022 usai menyingkirkan rival Liverpool, Manchester City dalam dua leg dengan agregat 6-5.

Di leg pertama, Real Madrid sempat takluk dengan skor 3-4. Namun di leg kedua secara perkasa Los Blancos mampu mengalahkan Man City dengan skor 3-1.

Hadirnya kedua tim penuh sejarah di final Liga Champions ini terbilang menarik. Apalagi, baik Liverpool dan Real Madrid sama-sama ditukangi oleh dua pelatih yang kerap tampil di final ajang ini.

Dari kubu Liverpool, ada Jurgen Klopp yang telah menyentuh final sebanyak empat kali. Sedangkan dari Real Madrid ada Carlo Ancelotti yang telah menyentuh final sebanyak lima kali.

Secara sejarah, bisa dikatakan Real Madrid lebih superior ketimbang Liverpool di ajang ini, dengan 13 gelar Liga Champions dan lima kali penampilan Ancelotti di final.

Namun, ada beberapa alasan mengapa Liverpool yang inferior dari kacamata sejarah, bisa mengalahkan Real Madrid dan menjuarai Liga Champions musim ini.

Berikut alasan tersebut.

1. Dibayangi Tren Positif

Jika berbicara klub Eropa yang tengah moncer di tahun 2022 ini, maka jawabannya adalah Liverpool. Sejak awal tahun 2022 hingga artikel ini dibuat, The Reds hanya kalah sekali di seluruh ajang.

Selebihnya, Liverpool sering meraih kemenangan dan hanya beberapa kali saja meraih hasil imbang, baik di kancah domestik dan Eropa.

Dengan performa saat ini, bisa dikatakan sulit untuk mengalahkan Liverpool. Tanyakan saja pada Villarreal yang sempat unggul atas The Reds namun harus merasakan kekalahan.

2. Punya Target Quadruple

Menjelang berakhirnya musim 2021-2022, Liverpool masih berpeluang menambah raihan trofinya musim ini menjadi empat trofi.

Di musim ini, Liverpool telah memenangkan Piala Liga Inggris. The Reds juga masih punya peluang menjuarai Premier League, Liga Champions dan Piala FA.

Dengan ambisi meraih Quadruple, Liverpool pun akan tampil jor-joran guna menjadi tim Inggris pertama yang meraih empat gelar dalam semusim.

3. Misi Balas Dendam

Sejak dipastikannya Real Madrid lolos ke final Liga Champions 2021-2022, pendukung Liverpool langsung mengingat tragedi pada final Liga Champions 2017-2018.

Saat itu, Liverpool takluk dari Real Madrid dengan skor 1-3. Penyebab takluknya The Reds dikarenakan Mohamed Salah keluar lebih cepat akibat cedera.

Hal tersebut membuat Liverpool berambisi membalaskan dendamnya empat tahun silam. Salah satu yang paling ngotot membalaskan dendam tentunya adalah Mo Salah.

4. Liverpool Unggul di Segala Lini ketimbang Real Madrid

Dibandingkan Real Madrid, materi pemain Liverpool lebih unggul di atas kertas. Baik itu di sektor penjaga gawang hingga sektor depan.

Apiknya materi Liverpool terlihat dari mudahnya The Reds mencetak gol dan sulitnya gawang The Anfield Gank dibobol.

Hal ini berbeda dengan Real Madrid yang tajam di lini depan, namun sangat rentan di lini belakang, yang kerap kebobolan gol semenjak babak 16 besar Liga Champions musim ini.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Terkait

Berita Terkini