5 Mantan Pemain Timnas Indonesia yang Nasibnya Berubah Total Usai Pensiun, Ada yang Jadi Satpam

Ini sosok mantan pemain Timnas Indonesia yang usai pensiun menjadi satpam.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 14 April 2022 | 21:15 WIB
Wahyu Wijiastanto (net/Galih)

Wahyu Wijiastanto (net/Galih)

Bolatimes.com - Berikut lima mantan penggawa Timnas Indonesia yang nasibnya berubah drastis pasca gantung sepatu dari lapangan hijau.

Menjadi pesepak bola menjadi impian banyak orang. Selain ketenaran, para pelaku lapangan hijau bisa meraih pundi-pundi uang yang membuat mereka makin tajir.

Namun, karier sebagai pesepak bola pun tak berlangsung cukup lama. Rata-rata lamanya karier seorang pemain hanya berkisar 15 hingga 20 tahun saja.

Baca Juga: Hasil Korea Masters 2022: Bagas/Fikri Lolos ke Perempat Final, Rinov/Pitha Tersingkir

Selepasnya para pemain akan gantung sepatu seiring bertambahnya usia, maupun karena kondisi fisik yang mulai menurun.

Oleh karenanya, seorang pesepak bola harus memiliki rencana di masa depan dan mulai cerdas dalam mengatur keuangannya.

Biasanya, para pemain sepak bola masih akan berkutat di olahraga tersebut jika memutuskan gantung sepatu di penghujung kariernya.

Baca Juga: Ikut Berpartisipasi, Timnas Indonesia U-19 Dapat Sambutan Hangat dari Turnamen Toulon

Namun beberapa pula ada yang keluar dari lapangan hijau dan menggeluti bidang lain, baik itu yang positif maupun negatif.

Hal tersebut juga menyasar ke para mantan penggawa  Timnas Indonesia. Banyak dari mereka yang tak melanjutkan karier di lapangan hijau dan menggeluti bidang lain.

Berikut lima mantan pemain Timnas Indonesia yang nasibnya berubah total pasca pensiun.

1. Wahyu Wijiastanto

Pendukung Timnas Indonesia tentu tak asing dengan nama Wahyu Wijiastanto. Dulunya ia merupakan bek tengah milik skuat Garuda senior.

Mantan pemain Persiba Bantul dan Persis Solo ini, dikenal karena perawakannya yang kekar dan badannya yang tinggi menjulang.

Usai memutuskan pensiun pada 2015, Wahyu Wijiastanto kini berkarier di bidang peternakan dan perikanan, di mana ia berternak burung dan membudidayakan ikan lele di kampungnya di Karanganyar.

2. Dedek Hendri

Berbeda dengan Wahyu Wijiastanto, Dedek Hendri yang merupakan mantan penggawa Timnas Indonesia U-18 malah berkecimpung di dunia kriminal, di mana dirinya menjad begal.

Dedek Hendri yang dulunya mantan kiper Timnas Indonesia U-18 itu, ditangkap pada 2016 karena melakukan aksi begal dengan senjata api.

Saat ditangkap pada 2016 silam, Dedek Hendri mengaku dirinya mundur dari Timnas Indonesia U-18 karena mendapat kabar orang tuanya bercerai. Hal itu membuat dirinya frustrasi sehingga terjerumus ke dunia narkoba dan berlanjut ke aksi begal.

3. Fachri Firmansyah

Fachri Firmansyah merupakan mantan penggawa Timnas Indonesia yang pernah bermain untuk skuat Garuda di Piala Cotif Spanyol pada 2014 silam.

Mimpinya membela Timnas Indonesia di kemudian hari pun harus meredup di turnamen itu ketika dirinya mengalami cedera ligamen parah.

Usai menjalani operasi, Fachri Firmansyah kembali ke Surabaya, di mana ia bekerja sebagai satpam atau Security di sebuah perusahaan swasta. Beredar kabar pula bahwa dirinya sempat menjadi kuli panggul di pasar.

4. Anang Ma'ruf

Bagi pendukung Timnas Indonesia era 90 atau 2000 an awal, tentu akrab dengan nama Anang Ma'ruf. Ia merupakan salah satu Wing Back kiri andal yang pernah membela Persebaya Surabaya dan Persija Jakarta.

Usai gantung sepatu, Anang Ma'ruf sempat berkarier sebagai pelatih SSB dan berinvestasi di Bali. Sayang, investasi itu gagal dan tabungannya selama bermain habis.

Untuk tetap bertahan hidup, Anang Ma'ruf sempat menjadi ojek online. Hal ini membuat pemerintah kota Surabaya terketuk untuk memberinya jabatan di Dispora Surabaya.

5. Irvin Museng

Nama Irvin Museng sempat mencuri perhatian penikmat sepak bola Indonesia pada 2005 silam via ajang Danone Nations Cup U-12.

Dalam ajang itu, Irvin Museng berhasil membawa Timnas Indonesia menjadi juara empat turnamen dan dirinya merengkuh gelar top skor dengan 10 gol.

Dalam kariernya di level senior, Irvin pernah bermain untuk PSM Makassar dan Pro Duta FC. Namun cedera membuat kariernya harus cepat layu, dan membuatnya banting setir sebagai pebisnis.

(Kontributor: Vikal Pamungkas)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak