Mengenal Michael Weiss, Pelatih Timnas Laos U-23 yang Dihormati di Filipina dan Mongolia

Michael Weiss punya jasa baik untuk Filipina dan Mongolia

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Sabtu, 19 Februari 2022 | 20:30 WIB
Pelatih Laos, Michael Weiss. (YouTube/LAO FOOTBALL FEDERATION OFFICIAL)

Pelatih Laos, Michael Weiss. (YouTube/LAO FOOTBALL FEDERATION OFFICIAL)

Bolatimes.com - Mengenal Michael Weiss, pelatih dari Timnas Laos U-23 yang baru saja membuat geger Piala AFF U-23 usai permalukan Malaysia.

Kejutan terjadi di Piala AFF U-23 grup B kala Laos menghadapi Malaysia. Dalam laga itu, Harimau Malaya muda tumbang dengan skor 1-2, Jumat (18/02/22).

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Prince tersebut, Malaysia sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Selvan di masa Injury Time babak pertama.

Baca Juga: Malaysia Belum Tersingkir dari Piala AFF U-23 Usai Tumbang dari Laos, Begini Regulasinya

Namun Laos tak patah semangat dan berhasil membalikkan keadaan lewat dua gol Bounphacha Boungkong dan Phetdavanh Somsanid masing-masing di menit ke-55 dan ke-78 babak kedua.

Kemenangan ini pun membuat Laos berada di atas awan. Sebab, tim arahan Michael Weiss ini bisa saja melaju ke fase selanjutnya jika menang di laga kedua kontra Malaysia.

Sebagai informasi, grup B hanya menyisakan Laos dan Malaysia saja, seiring mundurnya Timnas Indonesia U-23 dan Myanmar U-23.

Baca Juga: Profil Michael Weiss, Pelatih Laos yang Permalukan Malaysia di Piala AFF U-23 2022

Alhasil, Laos dan Malaysia harus bermain sebanyak dua kali untuk memperebutkan tiket ke babak semifinal Piala AFF U-23 mendatang.

Dengan kemenangan 2-1 di pertemuan pertama, Laos pun kini punya peluang lebih besar ketimbang Malaysia di pertemuan kedua nanti.

Keberhasilan Laos mencuri hasil di pertemuan pertama tentu tak lepas dari peran sang pelatih, Michael Weiss dalam memilih pemain dan menerapkan taktik.

Baca Juga: Berapa Sih Harga Helm MotoGP?

Lantas, siapakah sosok Michael Weiss tersebut?

Pelatih yang Dihormati di Filipina dan Mongolia

Hans Michael Weiss atau biasa disapa Michael Weiss, merupakan pelatih asal Jerman yang lahir pada 11 Maret 1965. Ia lahir tepatnya di Dannenfels, sebuah wilayah di Jerman Barat kala itu.

Baca Juga: Shin Tae-yong Sempat Tak Percaya Mees Hilgers Batal Bela Timnas Indonesia

Berdasarkan berbagai sumber, karier Michael Weiss di sepak bola sendiri dimulai dari tingkat manajerial yakni sebagai asisten manajer tim asal Jepang, Kyoto Purple Sanga pada tahun 2001 silam.

Pada 2004, Michael Weiss menyeberang dan menjadi asisten manajer di Timnas China U-20 selama dua tahun hingga 2006.

Setelah berkarier di China, pria berusia 56 tahun ini mengambil pekerjaan sebagai Direktur Teknik Timnas Rwanda, sekaligus melatih tim U-20 negara Afrika tersebut.

Usai berkarier di Afrika, Michael Weiss kemudian menerima pinangan tim U-23 dan senior Filipina pada Januari 2011 setelah dirujuk oleh Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB).

Di tangannya, Filipina mampu mencetak sejarah untuk kali pertama menembus ranking tertingginya di FIFA, yakni ranking 127.

Setelah tiga tahun membela The Azkals, Michael Weiss dan Filipina pun berpisah pada Januari 2014. Hal itu membuatnya mendapat pinangan dari klub Rumania, Otelul Galati

Di klub Rumania itu, karier Michael Weiss terbilang singkat. Ia hanya bekerja tiga bulan saja pasca dipecat oleh Otelul Galati karena hanya mampu meraih satu kemenangan dari tujuh laga.

Sempat menganggur, Michael Weiss kemudian berkarier di Burundi dengan menukangi Vital’o FC sejak Mei hingga November 2016.

Usai berpisah, Michael Weiss dipinang oleh Timnas Mongolia pada 18 Januari 2017, di mana ia dikontrak selama satu tahun sekaligus menukangi tim U-23 untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 pada 2018.

Setelah tiga tahun menukangi Mongolia, Michael Weiss hengkang. Kepergiannya pun disambut baik karena di tangannya, sepak bola Mongolia mengalami kemajuan.

Setelah itu, Michael Weiss pun menerima pinangan Laos untuk menjadi pelatih di mana ia dikontrak selama tiga tahun atau hingga 2024.

Kedatangan Michael Weiss diharapkan oleh Federasi Sepak Bola Laos (LFF) bisa meningkatkan level permainan dan mentalitas tim untuk bersaing di level Asia Tenggara.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak