Bawa Senegal Juara Piala Afrika, Aliou Cisse Bayar Kesalahan 20 Tahun Lalu

Aliou Cisse menebus kesalahannya 20 tahun lalu dengan bawa Senegal juara Piala Afrika 2021.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 08 Februari 2022 | 13:00 WIB
Selebrasi Aliou Cisse saat antar Timnas Senegal juara Piala Afrika 2021. (CHARLY TRIBALLEAU / AFP)

Selebrasi Aliou Cisse saat antar Timnas Senegal juara Piala Afrika 2021. (CHARLY TRIBALLEAU / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Senegal berhasil keluar sebagai juara Piala Afrika 2021 usai mengalahkan Mesir di partai final. Keberhasilan Singa Teranga menjadi kampiun pun seakan menjadi momen penebusan bagi sang pelatih, Aliou Cisse.

Senegal berhasil mencetak sejarah untuk pertama kalinya meraih gelar Piala Afrika. Tim berjuluk Singa Teranga ini keluar sebagai juara edisi ke-33 setelah mengalahkan Mesir lewat drama adu penalti.

Sejatinya, Senegal bisa saja memenangkan partai final di waktu normal andai eksekusi penalti Sadio Mane di awal laga tak digagalkan oleh kiper Mesir, Gabaski.

Baca Juga: Sempat Batal Duel, Kini Giliran Bangladesh Tantang Timnas Indonesia

Di sisi lain, Mesir pun juga banyak memberi tekanan ke Senegal. Sayangnya, usaha The Pharaohs terbentur solidnya pertahanan Singa Teranga yang dipimpin Kalidou Koulibaly.

Pasca bermain imbang 0-0 selama 90 menit dan babak Extra Time, laga final antara Senegal dan Mesir pun dilanjutkan ke babak adu penalti.

Senegal juara Piala Afrika 2021 usai mengalahkan mesir via adu penalti. (Instagram/caf_online)
Senegal juara Piala Afrika 2021 usai mengalahkan mesir via adu penalti. (Instagram/caf_online)

Senegal berhasil keluar sebagai juara setelah empat dari lima penendangnya sukses menggetarkan jala Mesir. Sebaliknya, dua dari empat eksekutor lawan gagal menjebol gawang Edouard Mendy.

Baca Juga: Rangkul Mohamed Salah saat Menangis, Ini yang Dikatakan Sadio Mane

Berkat penyelamatan Edouard Mendy dan eksekusi terakhir Sadio Mane, Senegal pun berhak meraih gelar Piala Afrika perdananya di tahun ini.

Banyak yang menyebut bahwa keberhasilan Senegal tak lepas dari kontribusi para pemainnya, seperti Sadio Mane yang terpilih sebagai pemain terbaik turnamen, atau Edouard Mendy yang terpilih sebagai kiper terbaik turnamen.

Hal tersebut benar adanya. Akan tetapi, keberhasilan Senegal ini tak lepas dari sosok sang pelatih, Aliou Cisse yang menebus kesalahannya sejak 20 tahun silam.

Baca Juga: Kembali Singgung Lazio dan Pratama Arhan, Jurnalis Italia Disentil Netizen

Penebusan Dosa Aliou Cisse

Keberhasilan Senegal menjuarai Piala Afrika 2021 menjadi penebusan dosa bagi Aliou Cisse yang setidaknya dua kali gagal membawa Singa Teranga menjadi juara lebih cepat baik sebagai pemain dan pelatih.

20 tahun silam, tepatnya di Piala Afrika 2002, Aliou Cisse merupakan bek tangguh di lini pertahanan Senegal. Berkat ketangguhannya, SInga Teranga berhasil menembus babak final untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Kabar Buruk, FK Senica Terancam Tak Bisa Daftarkan Witan di Liga Slovakia

Di partai final melawan Kamerun kala itu, Aliou Cisse bertekad membawa Senegal untuk pertama kalinya menjadi juara Piala Afrika.

Hanya saja, keinginan itu pupus karena Aliou Cisse gagal mengeksekusi penalti saat menjadi penendang penentu atau penendang kelima Senegal.

Hingga dirinya pensiun, pria yang kini berusia 45 tahun itu pun tak mampu mewujudkan mimpinya mengangkat trofi Piala Afrika sebagai pemain.

Kesempatan pun didapatkan Aliou Cisse untuk membawa negaranya memenangi Piala Afrika pada 2019 lalu setelah dirinya berhasil membawa Senegal ke partai final. Kali ini, dirinya bertindak sebagai pelatih.

Pendukung bersorak saat pelatih Timnas Senegal, Aliou Cisse mengangkat trofi Piala Afrika 2021 di Dakar pada 7 Februari 2022, setelah memenangkan untuk pertama kalinya. (JOHN WESSELS / AFP)
Pendukung bersorak saat pelatih Timnas Senegal, Aliou Cisse mengangkat trofi Piala Afrika 2021 di Dakar pada 7 Februari 2022, setelah memenangkan untuk pertama kalinya. (JOHN WESSELS / AFP)

Hanya saja, Aliou Cisse lagi-lagi gagal membawa Senegal mencetak sejarah setelah di final Piala Afrika 2019 tumbang dari Aljazair dengan skor 0-1.

Meski kembali gagal, Federasi Sepak Bola Senegal masih percaya akan Aliou Cisse dan terus memberinya kesempatan untuk menebus dosanya pada 2002 silam.

Kini, Aliou Cisse berhasil menebus dosanya 20 tahun silam dengan membawa pulang trofi Piala Afrika ke Senegal untuk pertama kalinya.

“Saya dedikasikan kemenangan ini untuk warga Senegal. Selama bertahun-tahun, kami mengejar torif ini. Hari ini kami bisa menaruh bintang di jersey kami,” ujar Aliou Cisse dikutip dari Yahoo News.

Di sisi lain, Sadio Mane selaku bintang Senegal mendedikasikan gelar Piala Afrika 2021 untuk Aliou Cisse yang kerap dikritik baik saat masih bermain dan saat menjadi pelatih.

“Saya percaya sosok ini (Aliou Cisse) pantas mendapatkan segalanya karena dia adalah pelatih yang paling sering dikritik dalam karier saya, tapi dia tak pernah menyerah,” ujar Mane.

“Gelar ini, saya dedikasikan untuk Aliou (Cisse). Anda tak tahu betapa banyak apa yang ia bawa untuk tim Senegal,” tandas bintang Liverpool itu.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak