Boladunia

FC Sochi, Klub Bentukan Vladimir Putin yang Jadi Pesaing Juara Liga Rusia

FC Sochi kini menduduki peringkat dua klasemen Liga Rusia.

Rauhanda Riyantama

Potret pemain FC Sochi. (Instagram/sochifc)
Potret pemain FC Sochi. (Instagram/sochifc)

Bolatimes.com - Rusia memiliki banyak tim sepak bola yang identik dengan militer. Dari sekian banyak tim tersebut, muncul satu tim yang dibekingi oleh orang nomor satu Negeri Beruang Merah, Vladimir Putin, yakni FC Sochi.

FC Sochi merupakan sebuah klub yang berada di kota Sochi, kota yang terletak di Krasnodar Krai, atau daerah yang dekat dengan perbatasan Rusia dan Georgia.

Sochi sendiri merupakan kota tujuan pariwisata terpopuler di Rusia. Daerahnya memiliki pemandangan ciamik yakni Pegunungan Kaukasus dan Laut Hitam.

Wajar bila Sochi disebut destinasi wisata terpopuler. Cuaca di kota ini terbilang bersahabat karena memiliki iklim subtropis.

Selain bersahabat untuk tempat wisata, kota Sochi juga bersahabat untuk event-event olahraga kenamaan seperti Olimpiade Musim Dingin, Formula 1, dan bahkan Piala Dunia 2018.

Sebagai salah satu tempat penyelenggaraan Piala Dunia 2018, seharusnya daerah ini punya animo yang tinggi soal sepak bola.

Tapi faktanya, penduduk daerah Sochi tak menganggap sepak bola sebagai olahraga terpopuler. Banyak warganya tak meminati olahraga tersebut.

Dengan kata lain, seharusnya membangun tim sepak bola di daerah ini bukanlah langkah yang baik. Tapi faktanya, dari daerah ini muncul tim kuda hitam bernama FC Sochi yang baru lahir namun siap merusak hegemoni tim-tim papan atas Rusia.

Lantas, bagaimana sejarah FC Sochi berdiri dan disebut bisa merusak hegemoni tim besar Rusia lainnya?

Berkat Stadion dan Campur Tangan Vladimir Putin

FC Sochi sendiri terbilang masih muda. Klub ini berdiri pada tahun 2018 atau tiga tahun lalu. Pembentukan tim ini sendiri tak lepas dari campur tangan Vladimir Putin.

Vladimir Putin yang merupakan Presiden Rusia, membutuhkan tim untuk bermain di Stadion Fisht Olympic yang menjadi venue Piala Dunia 2018 lalu.

Ide Vladimir Putin ini tak lepas dari keengganannya melihat Stadion Fisht Olympic mangkrak dan tak terpakai. Selain itu, hadirnya klub baru juga diyakini bisa meningkatkan minat warga Sochi terhadap sepak bola.

Untuk membangun FC Sochi, Vladimir Putin menunjuk pengusaha kaya Rusia yang dekat dengannya yakni Boris Rotenberg untuk menjadi pemilik klub itu.

Adapun FC Sochi berdiri setelah membeli lisensi tim kasta kedua Dynamo St Petersburg yang diubah namanya menjadi FC Sochi.

FC Sochi pun memulai perjalanannya dari kasta kedua, sama seperti Dynamo St Petersburg. Karena campur tangan Vladimir Putin lah, tim ini pun bisa berbicara banyak.

FC Sochi tak butuh waktu lama untuk promosi ke kasta teratas. Tercatat, tim ini hanya bermain satu musim saja di kasta kedua.

Dukungan pemerintah ke FC Sochi baik secara finansial pun terlihat saat enam pemain Zenit St Petersburg bergabung di musim panas 2019.

Total FC Sochi telah bermain di kasta teratas selama tiga musim. Di musim ini, tim yang baru seumur jagung ini tengah menduduki posisi 2 klasemen Liga Rusia atau Russian Premier League 2021/22, selisih 3 poin dari Zenit.

Dengan kiprah ini dan latar belakangnya, bisa jad FC Sochi akan merusak dominasi tim-tim papan atas Rusia seperti Zenit St Petersburg, Spartak Moskow, CSKA Moskow, Rubin Kazan, dan Dynamo Moskow.

Dan jika FC Sochi mampu menjadi juara di akhir musim 2021/22, maka jangan heran bila penikmat sepak bola bila melihat nama klub ini di ajang Liga Champions 2022/21.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini