Beda Rusia yang Dikucilkan Sepakbola Dunia, Ternyata Ini Alasan FIFA tak 'Usir' Israel dari Piala Dunia dan Euro 2024

perbedaan perlakuan FIFA terhadap Rusia dan Israel, meskipun keduanya dianggap tengah menghadapi konflik dengan negara lain. Pertanyaannya adalah, jika FIFA bisa melarang Rusia berpartisipasi dalam Piala Dunia 2018 karena invasi ke Ukraina.

Rizki Laelani | BolaTimes.com
Jum'at, 24 November 2023 | 10:07 WIB
Selebrasi Timnas Israel di ajang Kualifikasi Euro 2024.FIFA disorot karena beda perlakuan ke timnsa Rusia dan Timnas Israel. (@isr.fa)

Selebrasi Timnas Israel di ajang Kualifikasi Euro 2024.FIFA disorot karena beda perlakuan ke timnsa Rusia dan Timnas Israel. (@isr.fa)

Bolatimes.com - Beberapa pihak menyoroti perbedaan perlakuan FIFA terhadap Rusia dan Israel, meskipun keduanya dianggap tengah menghadapi konflik dengan negara lain. Pertanyaannya adalah, jika FIFA bisa melarang Rusia berpartisipasi dalam Piala Dunia 2018 karena invasi ke Ukraina, mengapa tidak melakukan hal yang sama terhadap Israel yang berpartisipasi dengan lancar dalam Piala Dunia U-20 pada 20 Mei-11 Juni dan juga kualifikasi Euro 2024? Sebagian berpendapat bahwa dari satu sudut pandang, konflik Israel-Palestina dapat dianggap serupa dengan Rusia-Ukraina, dengan konflik sering terjadi di kedua wilayah tersebut.

Berita olahraga internasional menyimpulkan bahwa FIFA melarang Rusia karena invasi ke Ukraina pada 24 Februari 2022, yang mencuri perhatian dunia dan menelan banyak korban jiwa. Sebagai respons, tiga negara Britania Raya, yaitu Inggris, Irlandia, dan Wales, menolak bermain melawan Rusia, sementara FA (Federasi Sepak Bola) Inggris bersuara keras. Komite Olimpiade Internasional (IOC) juga membawa Rusia ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Swedia dan Polandia kemudian mengikuti jejak dengan menolak pertandingan melawan Rusia. UEFA pun turun tangan dengan membekukan Rusia, tidak hanya tim nasionalnya tetapi juga klub-klub sepak bola yang dilarang berkompetisi di level Eropa. Tindakan ini juga melibatkan pengusiran investor Rusia dari Inggris, seperti Roman Abramovich yang merupakan pemilik Chelsea.

Baca Juga: Ada di Asia dan Terusir dari AFC, Israel Kini Berjuang untuk Tiket Euro 2024

Semua ini dianggap sebagai bentuk perlawanan terhadap invasi Rusia, tidak hanya dalam konteks olahraga tetapi juga berkaitan dengan isu politik. FIFA akhirnya mengambil langkah-langkah lebih lanjut dengan melarang Rusia berpartisipasi dalam Piala Dunia 2018 dan kualifikasi Piala Eropa 2024, bahkan dengan durasi larangan yang belum ditentukan. Di sisi lain, kasus Israel tidak sepenuhnya serupa dengan Rusia dalam konteks pelarangan oleh FIFA, dan memiliki sejarah yang panjang.

Perlakuan FIFA terhadap Rusia dan Israel berbeda karena alasan berikut:

Rusia

Baca Juga: Selain TC, Bung Binder Sarankan Timnas Indonesia U-23 Datang ke Qatar Tepat Waktu: Agar Tidak Ada Alasan Kelelahan

Pada bulan Februari 2022, FIFA dan UEFA menjatuhkan sanksi yang berat terhadap Rusia sebagai tanggapan atas invasinya ke Ukraina. Sanksi tersebut termasuk:

Larangan bagi semua timnas dan klub Rusia untuk berpartisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA.

Pembatalan Piala Dunia Wanita U-17 FIFA 2022 yang akan diadakan di Rusia.

Baca Juga: Bukti CR7 Habis? Romelu Lukaku Paling Garang, Kylian Mbappe Intai Cristiano Ronaldo

Pencabutan hak tuan rumah Piala Dunia Wanita FIFA 2023 dari Australia dan Selandia Baru dan pemberian hak tuan rumah kepada Rusia.

Sanksi ini diberlakukan karena FIFA dan UEFA menganggap invasi Rusia ke Ukraina sebagai pelanggaran terhadap prinsip-prinsip fair play dan semangat sportivitas yang dijunjung tinggi oleh organisasi tersebut.

Israel

Baca Juga: Timnas Indonesia U-17 Terbang Tinggi di Tangan Pelatih Asing? Coach Justin: Lu Ambil Pep Guardiola Juga Engga Berhasil

Israel telah menjadi anggota UEFA sejak tahun 1994. Selama keanggotaannya, Israel telah berpartisipasi dalam babak kualifikasi Piala Dunia dan Piala Eropa, tetapi belum pernah lolos ke salah satu turnamen tersebut.

Pada tahun 2013, FIFA mempertimbangkan untuk menjatuhkan sanksi terhadap Israel karena dugaan pelanggaran terhadap Statuta FIFA. Namun, FIFA akhirnya memutuskan untuk tidak menjatuhkan sanksi setelah melakukan penyelidikan menyeluruh.

Meskipun Israel belum pernah lolos ke Piala Dunia atau Piala Eropa, mereka tetap menjadi anggota dari UEFA dan berhak untuk berpartisipasi dalam kompetisi-kompetisi yang diselenggarakan oleh organisasi tersebut.

Perbedaan Perlakuan

Perbedaan perlakuan FIFA terhadap Rusia dan Israel dapat dijelaskan oleh beberapa faktor, termasuk:

Skala konflik: Invasi Rusia ke Ukraina adalah konflik bersenjata yang mengakibatkan banyak korban jiwa dan kerusakan infrastruktur. Konflik ini memiliki dampak yang jauh lebih besar daripada dugaan pelanggaran Statuta FIFA oleh Israel.

Dukungan internasional: Invasi Rusia ke Ukraina telah dikecam oleh sebagian besar masyarakat internasional, sementara dugaan pelanggaran Statuta FIFA oleh Israel tidak mendapat kecaman yang sama.

Tekanan politik: FIFA telah menghadapi tekanan politik yang besar untuk menjatuhkan sanksi terhadap Rusia, sementara tekanan politik untuk menjatuhkan sanksi terhadap Israel tidak begitu besar.

Perlu dicatat bahwa FIFA telah dikritik karena perlakuannya yang berbeda terhadap Rusia dan Israel. Beberapa orang berpendapat bahwa FIFA seharusnya menjatuhkan sanksi yang lebih berat terhadap Israel, sementara yang lain berpendapat bahwa FIFA seharusnya tidak menjatuhkan sanksi terhadap Rusia sama sekali.

Perlakuan FIFA terhadap Rusia dan Israel adalah contoh yang kompleks dari bagaimana organisasi olahraga dapat terlibat dalam politik.

FIFA harus berhati-hati dalam mengambil tindakan yang dapat dianggap sebagai campur tangan dalam urusan politik negara-negara anggotanya. (*)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI
Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.
boladunia | 08:25 WIB
Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.
boladunia | 08:13 WIB
Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.
boladunia | 13:21 WIB
Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.
boladunia | 10:57 WIB
UEFA dilaporkan akan menggunakan teknologi microchip, yang disematkan dalam bola terbaru keluaran Adidas bernama Fussballliebe.
boladunia | 12:30 WIB
Adapun jadwal playoff Euro 2024 akan dilaksanakan pada Maret mendatang, tiga di antara 12 tim nantinya akan lolos ke turnamen final di Jerman.
boladunia | 10:24 WIB
Laga timnas Indonesia vs Vietnam merupakan matchday ketiga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang berlangsung di SUGBK, Kamis (21/3/2024) kickoff 20.30 WIB.
boladunia | 14:04 WIB
Berikut 5 negara yang diprediksi sebagai calon kuat juara Euro 2024, satu di antaranya sukses tampil bagus di babak kualifikasi Piala Eropa ini.
boladunia | 13:24 WIB
Pertandingan babak semifinal Piala Asia antara Yordania vs Korea Selatan di Stadion Ahmed bin Ali, Ar Rayyan itu berakhir dengan skor 2-0.
boladunia | 08:47 WIB
Ajang UEFA Euro 2024 atau Piala Eropa akan segera bergulir, dan Jerman terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara mulai dari 14 Juni sampai 14 Juli.
boladunia | 11:58 WIB
Jerman akan menjadi tuan rumah Euro 2024, usai terpilih menjadi penyelenggara Kejuaraan Eropa UEFA edisi ke-17 dalam pertemuan Komite Eksekutif UEFA di Nyon, pada 27 September 2018.
boladunia | 11:37 WIB
UEFA Euro 2024 akan berlangsung di 10 kota di Jerman, dengan pertandingan babak penyisihan grup dilaksanakan dalam tiga kelompok tempat regional.
boladunia | 10:42 WIB
Terdapat 5 negara kandidat kuat juara Euro 2024, dari 24 peserta akan bersaing untuk menjadi tim terbaik di Benua Biru.
boladunia | 10:29 WIB
Menurut pihak UEFA akan ada banyak pertemuan menarik antara kedua negara yang patut disaksikan sebelum kickoff Euro 2024 dimulai 14 Juni nanti.
boladunia | 09:48 WIB
Kompetisi Euro 2024 ini akan dimainkan di sepuluh kota tuan rumah di Jerman, dengan pertandingan penyisihan grup yang digelar di tiga kelompok tempat regional untuk meminimalisir perjalanan bagi tim dan pendukung.
boladunia | 08:55 WIB
Laga perempat final antara Korea Selatan vs Australia yang digelar di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Qatar pada Sabtu dini hari WIB, berakhir dengan skor 2-1.
boladunia | 10:32 WIB
Striker timnas Belgia, Romelu Lukaku melampaui catatan rekor gol David Healy, dan Robert Lewandowski pada ajang kualifikasi UEFA Euro 2024, usai mengemas 14 gol.
boladunia | 09:41 WIB
Romelu Lukaku sukses menjadi pencetak gol terbanyak dalam babak grup kualifikasi Euro 2024, usai mencetak empat gol di pertandingan terakhir Belgia.
boladunia | 09:19 WIB
Tampilkan lebih banyak