Fenomenal di Liverpool, Kisah Hidup Mo Salah Masuk Kurikulum Sekolah Mesir

Sosok Mohamed Salah seolah jadi legenda di Liverpool.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 01 November 2021 | 14:23 WIB
Aksi penyerang Liverpool, Mohamed Salah saat lawan Manchester City. (PAUL ELLIS / AFP)

Aksi penyerang Liverpool, Mohamed Salah saat lawan Manchester City. (PAUL ELLIS / AFP)

Bolatimes.com - Kisah-kisah Mohamed Salah yang menginspirasi banyak orang di dunia bakal dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan di Mesir.

Salah yang menjadi salah satu pesepak bola paling membanggakan masyarakat Mesir itu diharapkan mampu menular ke generasi muda.

Dari pemberitaan The Times, pemerintah Mesir tengah menggodok rencana untuk mencantumkan kisah hidup Mohamed Salah di kurikulum pendidikan.

Baca Juga: Protes Keras, Pemain Udinese Ini Malah Kicep saat Disemprot Balik Wasit

Setidaknya, Kementerian Pendidikan Mesir memiliki sejumlah alasan untuk memasukkan pemain Liverpool itu ke dalam kurikulum sekolah dasar sampai menengah.

Yang pertama, karier pemain berusia 29 tahun itu memang bisa dikatakan fenomenal. Sudah ada banyak kesuksesan yang sukses diraih Salah, utamanya sejak bergabung dengan Liverpool pada 2017 silam.

Penyerang sayap Liverpool, Mohamed Salah merayakan golnya ke gawang Manchester United pada laga Liga Inggris di Old Trafford, Senin (25/10/2021) dini hari WIB. [OLI SCARFF / AFP]
Penyerang sayap Liverpool, Mohamed Salah merayakan golnya ke gawang Manchester United pada laga Liga Inggris di Old Trafford, Senin (25/10/2021) dini hari WIB. [OLI SCARFF / AFP]

Yang terbaru, Salah mampu mencatatkan hat-trick ketika Liverpool menghajar Manchester United dengan skor lima gol tanpa balas.

Baca Juga: Ganas di Depan, Ini 5 Striker yang Bisa Dibawa Shin Tae-yong di Piala AFF

Dengan tambahan tiga gol itu, Salah mencatatkan namanya sebagai pemain Afrika dengan gol terbanyak di Liga Inggris. Sebab, koleksinya mencapai 107 gol.

Catatan individu yang fenomenal lainnya ialah keberhasilan pemain timnas Mesir itu mencetak 15 gol dalam 12 pertandingan di seluruh ajang bersama Liverpool pada musim ini.

Itu merupakan rekor tersendiri bagi Salah dan Liverpool. Sebab, Salah menjadi pemain The Reds pertama yang sukses mencetak gol dalam sepuluh pertandingan beruntun.

Baca Juga: Kalah dari Australia, Media Vietnam: Banyak Harapan di Timnas Indonesia

Selain alasan prestasi di atas, kepribadian Mo Salah yang terkenal gemar membantu orang lain juga dianggap sebagai salah satu pelajaran yang menginspirasi generasi baru.

Sebagai seorang pesepak bola top dunia, Salah memang dikenal sebagai pribadi yang murah hati. Selain sederhana, dia juga menjadi sosok pemain yang dermawan.

Hal itu terbukti dengan kebiasaan Mo Salah menyumbangkan uang hasil pendapatannya dari bermain sepak bola kepada berbagai badan amal di Mesir.

Baca Juga: 6 Skandal Pengaturan Skor yang Gemparkan Dunia, Ada dari Indonesia

Bahkan, kekayaannya juga disumbangkan untuk membangun sekolah dan rumah sakit. Yang terbaru, Salah memberikan bantuan kepada masyarakat di kampung halamannya, Gharbia, Mesir.

Dia menggelontorkan donasi untuk membantu masyarakat Gharbia memerangi pandemi Covid-19 dengan mengirimkan bantuan oksigen dan ambulans. Donasi itu disalurkan Salah melalui Yayasan amalnya.

“Keinginan Salah untuk membantu orang lain adalah karena ia ingin memberikan kesempatan kepada anak muda untuk sukses,” tulis kutipan buku untuk pelajar di Mesir, seperti dilansir dari The Times.

“Ia adalah panutan bagi jutaan orang Mesir yang memberinya julukan sebagai ‘Pembuat Kebahagiaan’,” tandasnya.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak