6 Anak Gawang yang Sukses Jadi Pemain Top Saat Ini, Ada 2 Wonderkid Inggris

Nasib tak ada yang tahu, berikut deretan anak gawang yang kini menjadi superstar lapangan hijau

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 22 Juli 2021 | 20:51 WIB
Selebrasi Phil Foden usai cetak satu gol dalam kemenangan 7-0 City atas Rotherham di ajang Piala FA akhir pekan kemarin. (OLI SCARFF / AFP)

Selebrasi Phil Foden usai cetak satu gol dalam kemenangan 7-0 City atas Rotherham di ajang Piala FA akhir pekan kemarin. (OLI SCARFF / AFP)

Bolatimes.com - Menjadi anak gawang bukanlah sesuatu yang memalukan. Siapa sangka dalam tugasnya memungut bola, anak gawang bisa banyak belajar dari pemain yang beradu di lapangan dan menjadi bintang top di kemudian hari.

Di sepak bola teratas Eropa, biasanya anak gawang atau Ball Boy menggunakan para pemain di akademi. Tak ayal, kesempatan itu menjadi kesempatan berharga bagi para pemain muda di suatu klub.

Menjadi anak gawang memberikan kesempatan ke banyak para pemain muda untuk menonton laga berkualitas atau melihat para idolanya bermain.

Baca Juga: 5 Potret Eks Istri Alfath Faathier Nadia Christina Pakai Hijab, Cantik Abis

Sedikit banyak ilmu bisa didapatkan para pemain muda di suatu laga tersebut dari hanya menjadi anak gawang yang berguna untuk menjadi pemain hebat seperti yang mereka tonton secara langsung.

Oleh karenanya, banyak pemain top di liga-liga Eropa saat ini bermula dari perannya sebagai anak gawang saat masih kecil.

Lantas, siapa saja anak gawang yang sukses menjadi pemain top dan membela klub besar di sepak bola saat inI? berikut 6 daftar pemain tersebut.

Baca Juga: Maria Vania Pamer Video Buka Baju, Ada Tato Kupu-kupu di Dekat Bagian Vital

1. Phil Foden (Manchester City)

Phil Foden disebut sebagai salah satu pemain muda berbakat di dunia sepak bola saat ini. Di usianya yang baru 21 tahun, ia mampu menembus tim utama Manchester City yang bertabur bintang.

Baca Juga: Resmi, Nadia Christina Sudah Cerai dari Alfath Faathier

Permainannya yang dinamis membuat Foden dijuluki Stockport Iniesta yang merujuk asal daerahnya yakni Stockport di kawasan Manchester.

Sejak kecil, Foden telah menimba ilmu di akademi Manchester City. Tak jarang, ia berkesempatan menonton aksi klubnya bermain.

Bahkan, Foden juga pernah mencicipi menjadi Player Escort atau maskot dan anak gawang di Maine Road atau Etihad Stadium.

2. Callum Hudson-Odoi (Chelsea)

Bergeser ke Chelsea, ada nama Callum Hudson-Odoi yang pernah mencicipi kiprah sebagai anak gawang sebelum menjadi bintang ternama saat ini.

Pemain yang baru berusia 20 tahun ini memiliki label bintang karena ia mampu menembus tim utama Chelsea dan berpartisipasi dalam keberhasilan The Blues menjuarai Liga Europa 2018/19 dan Liga Champions 2020/21.

Hudson-Odoi dicap sebagai talenta terbaik akademi Chelsea. Talenta tersebut tak hanya ia asah di kala latihan, namun juga kala menjadi Ball Boy.

Momen dirinya saat menjadi anak gawang pernah terlihat kala Samuel Eto'o rayakan Hattrick-nya ke gawang Manchester United dengan Hudson-Odoi yang duduk di pinggir lapangan.

3. Alvaro Morata (Juventus)

Banyak yang mengenal Alvaro Morata sebagai pemain jebolan akademi Real Madrid. Itu tak salah. Namun faktanya, penyerang Spanyol ini pertama kali menimba ilmu di Atletico Madrid.

Karena menimba ilmu di Atletico Madrid, Morata pun sempat menjadi anak gawang di Vicente Calderon (markas lama Atletico).

Sebagai anak gawang, Morata pun banyak menimba ilmu sehingga menjadi penyerang terkenal yang kerap bergonta-ganti klub besar dan kini bermain untuk Juventus.

4. Donny van de Beek (Manchester United)

Donny van de Beek menjadi salah satu pemain yang patut bersyukur tumbuh di lingkungan Ajax Amsterdam dengan sederet pemain hebat.

Tumbuh di akademi Ajax pun lantas membuat Van de Beek berkesempatan menjadi anak gawang di Amsterdam Arena dan menonton para pemain hebat seperti Luis Suarez.

Secara tak langsung, ia pun mendapat ilmu dari para pemain berkualitas Ajax dan mampun ia terapkan dalam karier sepak bola.

Karena hal tersebut, Van de Beek mendapat pinangan dari berbagai tim besar sebelum berakhir di Manchester United.

5. Matthijs de Ligt (Juventus)

Sama dengan Van de Beek, Matthijs de Ligt juga merupakan produk asli akademi Ajax Amsterdam.

Seperti Van de Beek pula, De Ligt pun pernah mencicipi karier sebagai anak gawang di Amsterdam Arena di mana ia mendapat ilmu dari menonton para pemain berkualitas.

Karena latihan intens dan kebiasaan menjadi anak gawang yang menonton sebuah laga dari dekat, kini De Ligt menjadi salah satu bek tangguh di dunia sepak bola.

Buktinya, De Ligt sampai dipinang Juventus dari Ajax dengan mahar mencapai Rp1,1 triliun pada 2019 lalu.

6. Brahim Diaz (AC Milan)

Jagat sepak bola saat itu dibuat heboh dengan foto Brahim Diaz muda menjadi anak gawang di Malaga dan tengah melihat Isco serta Santi Cazorla bermain.

Kehebohan itu bermula saat Brahim Diaz resmi dipinang Real Madrid dari Manchester City. Kala itu, di Los Blancos diperkuat Isco yang merupakan idolanya yang kini menjadi rekannya.

Namun, Brahim Diaz tak bisa menghabiskan masa-masa panjang bersama idolanya tersebut mengingat ia dipinjamkan ke AC  Milan kembali untuk musim 2021-2022.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak