Gareth Southgate Akhirnya Tebus Dosa 25 Tahun Silam

Bawa Inggris ke perempatfinal Euro 2020, Southgate tebus dosa 25 tahun silam.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 30 Juni 2021 | 13:30 WIB
Gareth Southgate/Instagram

Gareth Southgate/Instagram

Bolatimes.com - Timnas Inggris berhasil melenggang ke perempatfinal Euro 2020 usai menyingkirkan Timnas Jerman. Pencapaian ini terasa spesial bagi pelatih Gareth Southgate karena sukses menebus dosa yang yang dibuatnya pada 25 tahun silam.

Inggris menyingkirkan Jerman di Euro 2020 setelah meraih kemenangan 2-0 dalam laga yang berlangsung di Stadion Wembley, London.

Kemenangan monumental The Three Lions atas rival beratnya dimotori oleh Raheem Sterling dan Harry Kane yang sama-sama mengemas satu gol.

Baca Juga: Sudah Absen di Euro 2020, Ramos Kini Tak Dipanggil ke Skuat Olimpiade Tokyo

Di sisi lain, kiper Everton Jordan Pickford juga tak luput dari status pahlawan. Penampilan apiknya sukses membuat Timo Werner, Kai Havertz, dan Thomas Muller gagal mencetak gol.

Hasil ini membuat Timnas Inggris untuk pertama kalinya mengalahkan Jerman di fase knock-out turnamen bergengsi internasional sejak Piala Dunia 1966.

Sementara bagi Gareth Southgate, kemenangan ini terasa sangat manis, di mana saat masih menjadi pemain, dia punya momen sangat buruk saat berjumpa dengan Jerman.

Baca Juga: Perpecahan! Keluarga Pemain Cekcok Usai Prancis Tersingkir di Euro 2020

Keberhasilannya mengantar Inggris ke perempat final Euro 2020 sekaligus membuat Southgate sukses menebus dosa masa lalu.

Pada 25 tahun silam, tepatnya di semifinal Euro 1996, Southgate menjadi biang tersingkirnya Inggris oleh Jerman via adu penalti.

Southgate yang jadi penendang keenam Inggris, gagal mencetak gol. Tendangannya yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang mampu dibaca kiper Jerman Andreas Kopke.

Baca Juga: Meski Angkat Koper, Cristiano Ronaldo Masih Puncaki Top Skor Euro 2020

Kegagalan Southgate jadi bencana karena penendang terakhir Jerman, Andreas Moller sukses mengeksekusi penalti hingga Der Panzer melaju ke final dengan kemenangan 6-5.

"Saya sangat senang. Saya melihat ke layar lebar dan melihat [mantan kiper Inggris] David Seaman di atas sana," kata Gareth Southgate dikutip dari BBC Sport, Rabu (30/6/2021).

"Untuk rekan satu tim saya yang bermain dengan saya [di Euro 96] saya tidak dapat mengubah [kesalahan penaltinya yang terkenal melawan Jerman di semifinal] jadi itu akan selalu menyakitkan."

Baca Juga: 6 Fakta Menarik usai Inggris Singkirkan Jerman dari Euro 2020

Di babak perempatfinal Euro 2020, Timnas Inggris sudah ditunggu Ukraina yang melewati babak 16 besar dengan menekuk Swedia dengan skor 2-1. Pertandingan kedua tim akan berlangsung di Stadion Olimpico, Roma, Italia, pada Minggu (4/7/2021).

(Arief Apriadi)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak