Berondong Tiga Gol ke Gawang Rusia, Uruguay Jadi Juara Grup A

Uruguay finis di posisi teratas Grup A Piala Dunia 2018 dengan raihan sembilan poin. Sementara Rusia yang mengantongi enam poin, mendampingi Uruguay di fase gugur sebagai runner up Grup A.

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Senin, 25 Juni 2018 | 23:53 WIB
Edinson Cavani/Instagram

Edinson Cavani/Instagram

Bolatimes.com - Luis Suarez dkk berhasil menyapu bersih poin di Grup A setelah mampu menekuk Rusia di partai terakhir Grup A Piala Dunia 2018 Rusia.  Menghadapi Rusia di laga pamungkas, La Celeste memetik kemenangan meyakinkan dengan tiga gol tanpa balas.

Tiga gol kemenangan Uruguay masing-masing dicetak oleh Luis Suarez, gol bunuh diri Denis Cheryshev dan gol Edinson Cavani di akhir laga.

Dengan kemenangan ini, Uruguay finis di posisi teratas Grup A Piala Dunia 2018 dengan raihan sembilan poin. Sementara Rusia yang mengantongi enam poin, mendampingi Uruguay di fase gugur sebagai runner up Grup A.

Baca Juga: Persib Bandung Tambah 4 Pemain Hadapi Putaran Kedua Liga 1

Melakoni laga di Samara Arena, tidak dibutuhkan waktu lama bagi Uruguay untuk memecah kebuntuan. Bola baru bergulir 10 menit, gawang Rusia yang dikawal Igor Akinfeev sudah bergetar.

itu sendiri dicetak oleh Luis Suarez lewat set piece tepat di depan kotak terlarang Rusia setelah Rodrigo Bentancur dijatuhkan Yuri Gazinskiy.

Tertinggal satu gol, Rusia langsung bereaksi. Mendominasi penguasaan bola, tekanan demi tekanan dilancarkan anak-anak asuh Stanislav Cherchesov.

Baca Juga: Sepatu yang Dipakai 48 Bintang Sepakbola di Piala Dunia 2018

Sejumlah peluang berhasil tercipta. Di antaranya lewat aksi Denis Cheryshev dan Aleksandr Samedov. Sayang, dua peluang tersebut kandas di kaki para pemain bertahan Uruguay.

Lewat serangan balik, Uruguay berhasil menggandakan keunggulan di menit 23. Tendangan Diego Laxalt yang terdefleksi Denis Cheryshev gagal diantisipasi Akinfeev. Papan skor berubah 2-0.

Unggul dua gol, para penggawa Uruguay semakin percaya diri dan berbalik mendominasi. Memasuki menit 28, gawang Rusia nyaris bergetar untuk ketiga kalinya andaikan Akinfeev gagal mematahkan peluang yang dapat Bentancur.

Baca Juga: Ternyata Gini Sensasinya Bermain Setim dengan Cristiano Ronaldo

Bombardir yang dilancarkan La Celeste membuat para pemain Rusia frustrasi. Puncaknya, di menit 36 Rusia harus bermain dengan 10 pemain setelah Igor Smolnikov menerima kartu kuning kedua.

Menyusul kartu merah tersebut, Chechesov pun mengubah strategi dengan menarik keluar Cherychev dan memasukkan bek berusia 27 tahun Mario Fernandez.

Keluarnya Cheryshev demi kembali utuhnya barisan pertahanan, membuat lini tengah Rusia makin rentan. Pemain Uruguay makin mudah mengurung pertahanan Rusia, namun hingga peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama berbunyi tidak ada gol tambahan tercipta. Skor 2-0 untuk keunggulan Uruguay menutup paruh pertama.

Baca Juga: Selebrasi Kontroversial Xhaka dan Shaqiri Naik Meja Komdis FIFA

Dominasi Uruguay belanjut di babak kedua. Kerjasama Suarez dan Bentancur acapkali membahayakan gawang Rusia, seperti yang terjadi di menit 53 dan 59.

Memasuki pertengahan babak kedua, pelatih Uruguay Oscar Tabarez tampaknya tidak ingin mengambil risiko. Bentancur yang tampil gemilang malam ini ditarik keluar setelah menerima kartu kuning. Giorgian De Arrascaeta dimasukkan Tabarez untuk membantu lini depan La Celeste.

Bermain dengan 10 pemain, Rusia tampaknya tidak ingin sekedar bertahan. Beberapa kali, Artem Dzyuba dan Roman Zobnin mencoba membangun serangan. Namun setiap peluang di depan gawang, urung mampu dimaksimalkan.

Uruguay yang semakin nyaman pun tidak mengendurkan serangan. Kerja keras yang ditunjukkan anak-anak asuh Tabarez pun kembali berbuah manis di menit 90. Memanfaatkan kemelut di depan gawang, Edinson Cavani tanpa susah payah mencatatkan namanya di papan skor sekaligus mengunci kemenangan La Celeste 3-0.

Susunan Pemain:
Uruguay (4-3-1-2): Fernando Muslera; Diego Godin, Diego Laxalt, Sebastian Coates, Martin Caceres; Rodrigo Bentancur, Nahitan Nandez, Lucas Torreira, Matias Vecino; Luis Suarez, Edinson Cavani.

Rusia (4-2-3-1): Igor Akinfeev; Ilya Kutepov, Sergei Ignashevich, Fedor Kudryashov, Igor Smolnikov; Denis Cheryshev, Yuri Gazinskiy, Roman Zobnin, Aleksey Miranchuk, Aleksandr Samedov; Artem Dzyuba.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak