Menakar Peluang Timnas Spanyol ala Lopetegui di Piala Dunia 2018

Timnas Spanyol memetik hasil kurang maksimal kala menghadapi Swiss di laga ujicobadi Estadio de la Ceramica, Villarreal, Senin (4/6/2018).

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Senin, 04 Juni 2018 | 14:46 WIB
Timnas Spanyol/Instagram

Timnas Spanyol/Instagram

Bolatimes.com - Timnas Spanyol memetik hasil kurang maksimal kala menghadapi Swiss di laga ujicobadi Estadio de la Ceramica, Villarreal, Senin (4/6/2018). Spanyol sempat unggul lebih dulu melalui Alvaro Odriozola di menit 29, sebelum akhirnya mampu disamakan Swiss melalui Ricardo Rodriguez yang memanfaatkan dengan baik bola yang lepas dari genggaman kiper De Gea.

Hasil imbang ini merupakan torehan kedua dari tiga kali laga ujicoba yang telah dilakoni skuat Matador. Sebelumnya, Iniesta dkk juga berhasil ditahan imbang oleh Timnas Jerman 1-1.

Meski tampil kurang mengesankan di laga awal pemanasan jelang Piala Dunia 2018 Rusia, Spanyol tetaplah tim unggulan. Skuat La Furia Roja masuk dalam kandidat yang diprediksi bakal mampu mengulang sukses pada 2010 silam merengkuh Piala Dunia.

Baca Juga: Manajer Persija Pertanyakan Reaksi Negatif Manajer Persebaya

Menakar Peluang Timnas Spanyol ala Lopetegui di Piala Dunia 2018 - 1

Diamati lebih jauh, mungkin kini Spanyol telah merangkak menuju era yang berbeda dengan periode 8 tahun silam. Bisa dibilang era 2010 adalah masa keemasan Timnas Spanyol. Bagaimana tidak, nama-nama sekaliber Iker Casillas, Victor Valdes, Raul Albiol atau Carles Puyol, David Villa, Xavi Hernandez, Fernando Torres, Cesc Fabregas, Juan Capdevilla, Juan Mata, Xabi Alonso telah berhasil membawa kejayaan Timnas Spanyol untuk pertama kalinya merebut kampium paling prestisius sejagad, Piala Dunia.

Di bawah besutan juru taktik Vicente del Bosque, Spanyol bahkan mampu menyatukan tiga trofi besar yakni Piala Dunia, Euro 2008 dan Euro 2012. Prestasi ini menempatkan Spanyol sebagai satu-satunya tim yang berhasil memenangkan tiga turnamen internasional level besar secara berturut-turut.

Baca Juga: PS Tira Vs Barito Putera, Ujian Berat Caretaker Miftahudin

Kini, era keemasan Spanyol tinggal menyisakan Pepe Reina, Andres Iniesta, Gerard Pique, Sergio Ramos, dan Sergio Busquets yang berkolaborasi dengan generasi baru seperti Kepa Arraizabalaga, Alvaro Odriozola, Saul Niguez, Koke, Thiago, Marco Asensio, Isco serta Lucas Vasquez.

Evolusi pun tampaknya terjadi di tubuh skuat Spanyol. Tiki taka ala Luis Aragones dan Vicente del Bosque beregenerasi di tangan Julen Lopetegui yang telah berjasa mengantarkan skuat matador muda U-19 juara Euro 2012 dan Timnas Spanyol U-21 kampiun Euro 2013.

Spanyol sudah 15 kali tampil di Piala Dunia dengan prestasi terbaik peringkat keempat yakni pada Piala Dunia 1950 di era Telmo Zarra. Setelah itu, mereka seperti tertidur pulas meski banyak melahirkan bintang sekaliber Alfredo Di Stefano, Andoni Zubizarreta, Emilio Butragueno, Julio Salinas, Michel, sampai Fernando Hierro, Fernando Morientes, dan Raul Gonzalez.

Setelah gagal total di Piala Dunia 2014, Spanyol pun berbenah. Dengan cepat mereka mampu bangkit dan kembali jadi momok di jagad sepak bola benua biru. Lihat saja bagaimana Mereka berhasil merajai kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia zona UEFA Grup G dengan rekor hanya sekali imbang 1-1 vs Italia dan selebihnya lawan dibuat tumbang. Spanyol berhasil mencetak 36 gol dari 10 laga dan hanya kebobolan tiga gol.

Baca Juga: Hadapi PSM Makassar Jadi Pertaruhan Pelatih Peter Butler

Menakar Peluang Timnas Spanyol ala Lopetegui di Piala Dunia 2018 - 2

Dan, tongkat estafet telah berpindah tangan. Generasi baru Tiki Taka ala Lopetegui diharapkan bisa menjejaki sukses era Vicente del Bosque. Asa itu mungkin saja bisa dilanjutkan apalagi skuat Spanyol yang sekarang dihuni oleh mayoritas para pemain tim juara Real Madrid yang baru saja mencetak hat-trick juara Liga Champions. 

Patut ditunggu ya

Baca Juga: Tak Gunakan Pemain Senior, Thailand Pede di Asian Games 2018

 

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak