Arena

Profil Muhammad Putra Erwiansyah, Pebulu Tangkis Muda Indonesia Diprediksi BWF Jadi Bintang Masa Depan

Muhammad Putra Erwiansyah diprediksi susul Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Husna Rahmayunita

Ganda putra Indonesia Muh Putra Erwiansyah/Patra Harapan Rindorindo di Kejuaraan Dunia Junior (WJC) 2022. (Antara/HO-PBSI)
Ganda putra Indonesia Muh Putra Erwiansyah/Patra Harapan Rindorindo di Kejuaraan Dunia Junior (WJC) 2022. (Antara/HO-PBSI)

Bolatimes.com - Federasi Bulu Tangkis Dunia atau BWF memprediksi pebulu tangkis muda Indonesia Muhammad Putra Erwiansyah akan menjadi bintang masa depan.

Indonesia merupakan negara yang kerap melahirkan bakat-bakat hebat di olahraga bulu tangkis di setiap generasinya sejak merdeka pada tahun 1945 silam.

Di generasi saat ini, Indonesia kembali menghadirkan talenta muda di dunia tepok bulu pada sosok Muhammad Putra Erwiansyah.

Pebulu tangkis berusia 18 tahun ini disebut salah satu talenta muda terbaik Indonesia oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia atau BWF.

Hal ini diketahui dari rilisan BWF di laman resminya, terkait beberapa pebulu tangkis muda yang akan menjadi bintang masa depan di dunia tepok bulu.

Dari delapan nama yang diunggah BWF, terdapat nama Muhammad Putra Erwiansyah yang disanding-sandingkan dengan ganda putra terbaik Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Dalam rilisnya, BWF menuliskan bahwa Putra memiliki kecepatan dan keberanian serta kepercayaan diri yang tinggi.

Karenanya, bakatnya itu membuat BWF memprediksi dirinya akan menjadi bintang besar dan bisa menyamai Kevin Sanjaya, seniornya.

Profil Muhammad Putra Erwiansyah

Muhammad Putra Erwiansyah merupakan pebulu tangkis spesialis sektor ganda putra yang lahir di Makassar pada 15 Februari 2004 silam.

Kiprahnya pebulu tangkis muda yang baru berusia 18 tahun ini bermula di PB Djarum, di mana ia bergabung pada 2017 silam.

Sejak bergabung PB Djarum, dirinya telah bermain di sektor ganda putra. Adapun pasangan pertamanya adalah Muhammad Rayhan Nur Fadhillah.

Bersama Rayhan Nur Fadhillah, Putra mampu menyabet medali perunggu pada ajang Piala Suhandinata 2022 lalu.

Kemudian, di ajang Kejuaraan Dunia Junior 2022, Putra pun mengalami pergantian pasangan, di mana ia kembali berpasangan dengan Patra Harapan Rindorindo.

Pergantian pasangan ini pun berbuah manis. Putra/Patra kemudian mampu berbicara banyak di Kejuaraan Dunia Junior 2022 di Spanyol.

Di babak 16 besar ajang tersebut, Putra/Patra bahkan berhasil mengalahkan unggulan China, Chen Ji Yiang/Zhang Le Jian dengan skor telah 21-13 dan 21-11.

Kemenangan itu pun membuat keduanya bisa melangkah jauh dan menembus final. Nahas di partai pamungkas, Putra/Patra takluk dari wakil China lainnya, Xu Huayu/Zhu Yijun lewat Rubber Games dengan skor 18-21, 21-14, dan 20-22.

Sebelum berpasangan di Kejuaraan Dunia Junior 2022, Putra/Patra sempat menancapkan tinta emas di BWF International Series 2021, kala menjuarai Slovenian International 2021.

Hal tersebut berlanjut dengan raihan medali perak di Bahrain International 2021 dan medali perak di Luxembourg Open 2022.

Karena kiprah keduanya di usia muda ini, Putra/Patra pun kini menduduki peringkat ke-162 dunia di sektor ganda putra, yang merupakan ranking terbaik keduanya selama berpasangan.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini