Arena

Profil Ester Nurumi Tri Wardoyo, Pebulu Tangkis Junior Adik Chico Aura yang Disanjung BWF

Ester digadang-gadang jadi bintang masa depan.

Husna Rahmayunita

Tunggal putri Indonesia Ester Nurumi Tri Wardoyo di Kejuaraan Dunia Junior (WJC) 2022 di Palacio de Deportes de Santander, Santander, Spanyol, Rabu (26/10/2022).  (ANTARA/HO-PBSI)
Tunggal putri Indonesia Ester Nurumi Tri Wardoyo di Kejuaraan Dunia Junior (WJC) 2022 di Palacio de Deportes de Santander, Santander, Spanyol, Rabu (26/10/2022). (ANTARA/HO-PBSI)

Bolatimes.com - Ester Nurumi Tri Wardoyo mendapat sorotan dari Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), sebagai salah satu calon bintang masa depan, tak hanya untuk Indonesia tetapi juga dunia.

Performa Ester Nurumi Tri Wardoyo di Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Dunia BWF di Santander pada Oktober lalu memberi kesan luar biasa bagi BWF.

BWF selaku Federasi Bulu Tangkis Dunia menempatkan nama Ester Nurumi Tri Wardoyo dalam sederet bintang muda masa depan bulu tangkis dunia.

Pada Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia Junior lalu, Ester Nurumi Wardoyi mampu bersaing di 4 besar turnamen melawan perwakilan Jepang dan China.

Seolah menjadi titik dari bangkitnya nomor tunggal putri Indonesia, adik Chico Aura Dwi Wardoyo itu erhasil menempati posisi ketiga di Kejuaraan Dunia Junior ini.

Ia berada tepat di bawah Tomoka Miyazaki asal Jepang dan Yuan An Qi asal China. Tak heran jika Ester mendapat sorotan dari BWF.

Melalui laman resminya, BWF memuji kualitas yang dimiliki Ester Nuumi Wardoyo  sebagai pebulu tangkis spesialis tunggal putri asal Indonesia.

"Membawa Indonesia ke semifinal Tim Campuran dengan kemenangan di bawah tekanan atas Zhang Xin Ran dari China, sebelum mendapatkan perunggu di tunggal putri," tulis BWF.

Profil Ester Nurumi Tri Wardoyo

Namanya sudah mencuat sejak Olimpiade Toko 2020 lalu, di mana saat itu Ester yang masih berusia 16 tahun mmemetik kemenangan dalam sumulasi yang digelar PBSI.

Jumpa dengan seniornya, Gregoria Mariska Tunjung, Ester Nurumi Wardoyo sukses mengalahkan tunggal putri nomor satu Indonesia itu lewat rubber game dengan skor 21-12, 13-21, 21-11.

Tak berhenti di situ, performa ciamik Este membuatnya diperhitungkan tim pelatih dan masuk dalam 20 daftar nama wakil Indonesia di Piala Sudirman 2021.

Meskipun belum mampu memberi hasil yang diinginkan, ia tetap menjadi andalan Indonesia usai masuk ke dalam skuad untuk Piala Uber 2020.

Meskipun dalam dua kali laga, Ester lagi-lagi harus menelan kekalahan dari Jerman dan Thailand di babak penyisihan grup dengan straight game.

Pengalaman demi pengalaman dicari atlet muda itu dan dihadapinya dengan tangguh, hingga hasil kerja kerasnya terlihat di Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Dunia BWF tahun ini.

Menempatkan diri di peringkat ketiga, bersaing dengan sederet nama unggulan lain menjadi langkah awal Ester Nurumi Wardoyo menggebrak panggung bulu tangkis dunia.

Biodata Singkat

Nama Lengkap: Ester Nurumi Tri Wardoyo
Nama Panggilan: Ester
Tempat, Tanggal Lahir: Jayapura, Papua, 26 Agustus 2005
Umur: 18 tahun
Agama: Kristen
Profesi: Atlet Bulu Tangkis
Ranking dunia BWF: 147
Ranking tertinggi: 145
Spesialis: Tunggal Putri

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini