Erick Thohir Pilih Cara Instans Bangun Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen Singgung Soal Karier Bisa Meredup

Proses naturalisasi Ragnar Oratmangoen telah mencapai tahap di DPR RI, dan ini menandakan langkah konkret menuju perwujudan impian sang pemain.

Rizki Laelani | BolaTimes.com
Minggu, 10 Desember 2023 | 19:30 WIB
Pemain Naturalisasi Ragnar Oratmangoen bersama Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (@0ratmangoen)

Pemain Naturalisasi Ragnar Oratmangoen bersama Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (@0ratmangoen)

Bolatimes.com - Fortuna Sittard saat ini memiliki pemain berkualitas, termasuk gelandang 25 tahun, Ragnar Oratmangoen. Pemain tersebut saat ini menjalani proses naturalisasi untuk menjadi bagian dari Timnas Indonesia.

Meskipun ada anggapan bahwa memilih membela Timnas Indonesia bisa menjadi penurunan karier, Ragnar dengan tegas membantah dan menyatakan bahwa itu sebenarnya adalah kesempatan berharga.

Selain Ragnar, beberapa nama lain seperti Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, dan Jay Idzes juga tengah melalui proses naturalisasi.

Baca Juga: Mengejutkan! Laga Persib Bandung Lawan Persik Kediri di GBLA Dipimpin Wasit Asal Jepang

Ini menunjukkan minat dan komitmen para pemain untuk memberikan kontribusi maksimal bagi sepakbola Indonesia.

Proses naturalisasi Ragnar Oratmangoen telah mencapai tahap di DPR RI, dan ini menandakan langkah konkret menuju perwujudan impian sang pemain.

Meski ada pandangan bahwa pemain berbakat seperti Ragnar mungkin akan mengalami penurunan karier dengan memilih Timnas Indonesia, sang gelandang menegaskan sebaliknya.

Baca Juga: Sudah Dijamin oleh Shin Tae-yong, Pemain Ini Bisa Geser Posisi 3 Nama yang Sering Dipanggil Timnas Indonesia

Ragnar Oratmangoen melihat kesempatan membela Timnas Indonesia sebagai langkah maju dalam kariernya.

Baginya, ini adalah peluang emas untuk mendapatkan pengalaman bermain di level internasional.

Dengan berlaga di Timnas, Ragnar tidak hanya akan mewakili negaranya tetapi juga akan mendapatkan eksposur yang lebih luas dan peningkatan kualitas permainan melalui pertandingan internasional.

Baca Juga: Gaya Hidup Pratama Arhan Disorot usai Ikut Party, TC Timnas Indonesia Tinggal Hitungan Hari

Gelandang berbakat ini meyakinkan bahwa melangkah ke arena internasional akan membantu meningkatkan kemampuan dan reputasinya sebagai pemain.

Dengan kata lain, ia melihat Timnas Indonesia sebagai panggung yang dapat memperkuat, bukan melemahkan, karier sepakbolanya.

Pada akhirnya, kesetiaan Ragnar Oratmangoen untuk bermain untuk Timnas Indonesia bukanlah hanya tindakan heroik untuk negaranya, tetapi juga sebuah pilihan cerdas yang akan membuka pintu bagi peluang baru dan kemungkinan prestasi besar di masa depan.

Baca Juga: Kick Off Pukul 21.30 WIB, Jadwal Siaran Timnas Indonesia vs Vietnam di Piala Asia 2023

Erick Thohir Dikritik

Dalam beberapa tahun terakhir, Timnas Indonesia diklaim mengalami perubahan signifikan dengan cita rasa berbeda, yakni banyak menaturalisasi pemain.

Meski cara bos PSSI banyak dikritik, toh alasan yang diberikan itu adalah kebijakan pelatih Shin Tae-yong.

Misal, hal paling tergolong ekstrem, dengan memutuskan hubungan dengan satu generasi sepak bola Indonesia.

Nama-nama besar seperti Andritany Ardhiyasa hingga Bayu Pradana tidak lagi dilibatkan dalam skuat.

Tidak puas hanya merombak wajah tim menjadi lebih segar, Shin Tae-yong juga mengambil langkah lain dengan melakukan naturalisasi pemain keturunan.

Langkah ini dianggap sebagai cara instan untuk menguatkan fondasi timnas yang telah terbentuk.

Perubahan tersebut dapat dilihat dalam pemanggilan pemain terakhir Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday Juni. Dari 26 pemain yang dipilih, delapan di antaranya adalah pemain keturunan.

Keputusan ini tidak luput dari sorotan netizen yang mulai mempersoalkannya. Namun, Ketua PSSI, Erick Thohir, memberikan jawaban terkait kebijakan ini.


"Langkah Strategis Menteri BUMN dalam Mendorong Keturunan Berkiprah di Timnas Indonesia"

Sebagai seorang Menteri BUMN dia berpendapat keberadaan pemain keturunan dalam Timnas Indonesia adalah sesuatu yang positif.

Dia mengklaim ada peningkatan jumlah pemain keturunan bukanlah suatu kesalahan, melainkan sebuah langkah strategis yang dapat membantu memperkuat prestasi Timnas Indonesia di kancah internasional.

Kata dia inklusi pemain keturunan dalam Timnas Indonesia dapat menjadi sebuah kebijakan yang cerdas dalam upaya membangun kebesaran tim Garuda.

Anak buah Jokowi ini yakin bahwa keragaman dalam komposisi tim dapat membawa keuntungan signifikan, baik dari segi keterampilan teknis maupun aspek strategis dalam pertandingan. Dengan catatan, hal ini harus dilakukan dengan cara yang tepat dan berkelanjutan.

"Itu kombinasi generasi emas Timnas yang muda dan tentu para pemain diaspora yang percaya sepak bola Indonesia bangkit. Jadi boleh enggak? Boleh. Kami kombinasikan kekuatan terbaik kita," ungkapnya.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Cyrus Margono tak lama lagi akan menjadi bagian dari Timnas Indonesia. Proses menjadi WNI kembali sedang dalam tahap penantian.

bolaindonesia | 05:46 WIB

Persib Bandung berhasil merangsak naik menyalip PSIS Semarang di posisi kedua klasemen sementara.

bolaindonesia | 21:02 WIB

Penjaga gawang Dewa United Sonny Stevens mencetak gol ke gawang PSIS Semarang. Gol tersebut menyelamatkan timnya dari kekalahan. Gol bersejarah yang diukir Sonny itu pun lantas dikomentari bek Persib, Nick Kuipers.

bolaindonesia | 06:29 WIB

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong disebut-sebut berpotensi kembali melatih Timnas Korea Selatan setelah pemecatan coach Jurgen Klinsmann.

bolaindonesia | 09:43 WIB

Persib Bandung harus kehilangan Achmad Jufriyanto selama dua pekan. Ia akan mulai absen saat Persib jumpa Barito Putera, lusa nanti. Pelatih Bojan Hodak pun memaparkan situasi yang tengah dialami Jupe.

bolaindonesia | 20:26 WIB

Terang-terangan Erick Thohir memuji Suwon FC yang saat ini bertarung di kasta teratas Liga Korea Selatan, yang siap mempersilahkan Pratama Arhan untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23.

bolaindonesia | 10:47 WIB

Jika tak ada perubahan, pertandingan Persija vs Madura United akan berlangsung pukul 19.00 WIB. Selain bisa menyaksikan secara gratis di Indosiar, pertandingan tersebut juga bisa disaksikan melalui tayangan live streaming.

bolaindonesia | 22:16 WIB

Manajemen Persib Bandung berharap semua pihak bisa memahami situasi yang terjadi pada kompetisi Liga 1 2023/2024. Pada kompetisi musim ini, suporter tim tamu dilarang hadir pada pertandingan tandang, termasuk saat Persib jumpa Barito Putera.

bolaindonesia | 20:58 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memastikan timnya bakal kehilangan satu pemain saat hadapi Barito Putera. Persib akan dijamu Laskar Antasari di Stadion Sultan Agung Bantul, Jumat 23 Februari 2024.

bolaindonesia | 20:24 WIB

Nova Arianto kini jadi pelatih Timnas Indonesia U-16, pernah memperkuat Persib cukup bersinar di masanya. Bahkan bek berkepala plontos ini mendapat gelar Suster Ngesot dari suporter Persib, Bobotoh.

bolaindonesia | 06:15 WIB

Terlihat jelas keributan sampai adu fisik yang keras saat latihan yang langsung dipimpin pelatih kepala Bojan Hodak.Saking sengitnya, Alberto Rodriguez sempat mencengkik Ferdiansyah.

bolaindonesia | 10:21 WIB

Posisi Abdul Aziz di skuad Persib Bandung kian terancam. Setelah jarang mendapat menit bermain, nama Abdul Aziz berpotensi hilang dari daftar susunan pemain Persib.

bolaindonesia | 16:58 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak bicara soal lini penyerangan timnya usai laga kontra Persis. Ia mengklaim bahwa sektor depan Persib membaik usai kembali mencetak gol.

bolaindonesia | 10:25 WIB

Tak ada kata menyerah bagi pemain asing yang dibuang Persib ini. Sempat dibekap cedera lama, Tyronne del Pino akhirnya kembali ke lapangan dan meraih kemenangan di laga debut dengan status tandang.

bolaindonesia | 16:54 WIB

Nick Kuipers sangat bangga bisa segera mencetak sejarah di Persib saat melakoni laga melawan Barito Putera di pekan 25 Liga 1 2023/2024 yang berlangsung di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat 23 Februari 2024.

bolaindonesia | 13:59 WIB

Sejak latihan perdana, latihan Persib tidak dipimpin oleh pelatih Bojan Hodak. Staf pelatih Goran Paulic mengatakan, Bojan terbang ke luar negeri untuk urusan pribadi. Ia pun mengungkapkan program yang akan dilahap para pemain Persib ke depan.

bolaindonesia | 11:20 WIB

Setelah resmi dilepas Persib, Daisuke Sato akhirnya punya klub baru. Ia sudah resmi diperkenalkan oleh klub asal Filipina bernama Davao Aguilas FC kepada publik pada hari ini, Sabtu 10 Februari 2024.

bolaindonesia | 10:27 WIB

Persib Bandung absen pekan ini. Sementara kiper utamanya, Kevin Ray Mendoza kembali gagal menyabet nominasi penyelamatan Liga 1 pekan 24.

bolaindonesia | 09:43 WIB
Tampilkan lebih banyak