Proyek Naturalisasi Timnas Indonesia Disebut Sedot Anggaran Besar, eks Orang PSSI: Lumrah Terjadi dalam Transaksi

Mantan orang PSSI buka-bukaan soal isu pemborosan dana dalam hal mengurus pemain naturalisasi Timnas Indonesia, ternyata fakta sebenarnya begini.

Rifqu Khanif | BolaTimes.com
Sabtu, 09 Desember 2023 | 15:12 WIB
Calon pemain naturalisasi Jay Idzes (kiri). Mantan orang PSSI buka-bukaan soal isu dana besar untuk proyek Timnas Indonesia soal naturalisasi. (Dok. PSSI)

Calon pemain naturalisasi Jay Idzes (kiri). Mantan orang PSSI buka-bukaan soal isu dana besar untuk proyek Timnas Indonesia soal naturalisasi. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Mantan Anggota Komite Eksekutif PSSI Hasani Abdulgani bicara soal isu proyek naturalisasi di Timnas Indonesia menyedot anggaran besar.

Diketahui, naturalisasi merupakan sebuah program jangka pendek dari PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia, agar bisa bersaing di level yang lebih tinggi.

Sejak beberapa tahun silam, PSSI sudah melakukan program naturalisasi, jumlahnya tercatat mencapai puluahan, dan beberapa sudah pernah membela Timnas Indonesia.

Baca Juga: Persib vs Persik, Misi Nick Kuipers Bukan Cuma 4 Besar, Ada yang Lain!

Namun, proyek naturalisasi dari PSSI kerap menuai polemik, terkahir pada masa kepengurusan Ketua Umum Erick Thohir.

Di masa kepemimpinan Erick Thohir, terdapat tiga nama baru yang masuk yakni Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen dan Nathan Tjoe-A-On.

Percikan panas muncul setelah isu naturalisasi menyedot biaya besar, tapi Hasani Abdulgani menampik hal tersebut.

Baca Juga: Berlliana Lovell dan Max Metino Makin Panas, Target 17 Desember Makin Dinanti

"Sejak saya mendapat tugas untuk mengurus pemain-pemain naturalisasi di era sekarang, yang tiga pemain sekarang, lima pemain sudah terdaftar, ditambah Justin Hubner yang lagi kita bahas ini, plus Nathan dan Jay Idzes, itu tidak ada anggaran yang kita keluarkan," jelas mantan pengurus PSSI masa jabatan 2019-2023, dikutip dari kanal YouTube Hasani's Corner, Sabtu, (9/12).

Meski demikian, Hasani menyebut memang benar saat proses administrasi dilakukan, PSSI mengeluarkan dana, tapi hal tersebut lumrah.

"Jadi anggapan orang tentang pemborosan dana yang dikeluarkan oleh Federasi itu saya katakan, saya jadi saksi hidup, tidak ada. Memang ada anggaran, untuk kepengurusan tersebut, tapi itu hanya anggaran administrasi, lumrah terjadi dalam sebuah transaksi," tutur Hasani.

Baca Juga: Deretan Artis Cantik Penakluk Olahraga Ekstrem, Nomor 2 Pernah Skydiving di Ketinggian 4.000 Meter

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI
Persib Bandung harus kehilangan Achmad Jufriyanto selama dua pekan. Ia akan mulai absen saat Persib jumpa Barito Putera, lusa nanti. Pelatih Bojan Hodak pun memaparkan situasi yang tengah dialami Jupe.
bolaindonesia | 20:26 WIB
Terang-terangan Erick Thohir memuji Suwon FC yang saat ini bertarung di kasta teratas Liga Korea Selatan, yang siap mempersilahkan Pratama Arhan untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23.
bolaindonesia | 10:47 WIB
Jika tak ada perubahan, pertandingan Persija vs Madura United akan berlangsung pukul 19.00 WIB. Selain bisa menyaksikan secara gratis di Indosiar, pertandingan tersebut juga bisa disaksikan melalui tayangan live streaming.
bolaindonesia | 22:16 WIB
Manajemen Persib Bandung berharap semua pihak bisa memahami situasi yang terjadi pada kompetisi Liga 1 2023/2024. Pada kompetisi musim ini, suporter tim tamu dilarang hadir pada pertandingan tandang, termasuk saat Persib jumpa Barito Putera.
bolaindonesia | 20:58 WIB
Pelatih Persib Bojan Hodak memastikan timnya bakal kehilangan satu pemain saat hadapi Barito Putera. Persib akan dijamu Laskar Antasari di Stadion Sultan Agung Bantul, Jumat 23 Februari 2024.
bolaindonesia | 20:24 WIB
Nova Arianto kini jadi pelatih Timnas Indonesia U-16, pernah memperkuat Persib cukup bersinar di masanya. Bahkan bek berkepala plontos ini mendapat gelar Suster Ngesot dari suporter Persib, Bobotoh.
bolaindonesia | 06:15 WIB
Terlihat jelas keributan sampai adu fisik yang keras saat latihan yang langsung dipimpin pelatih kepala Bojan Hodak.Saking sengitnya, Alberto Rodriguez sempat mencengkik Ferdiansyah.
bolaindonesia | 10:21 WIB
Posisi Abdul Aziz di skuad Persib Bandung kian terancam. Setelah jarang mendapat menit bermain, nama Abdul Aziz berpotensi hilang dari daftar susunan pemain Persib.
bolaindonesia | 16:58 WIB
Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak bicara soal lini penyerangan timnya usai laga kontra Persis. Ia mengklaim bahwa sektor depan Persib membaik usai kembali mencetak gol.
bolaindonesia | 10:25 WIB
Tak ada kata menyerah bagi pemain asing yang dibuang Persib ini. Sempat dibekap cedera lama, Tyronne del Pino akhirnya kembali ke lapangan dan meraih kemenangan di laga debut dengan status tandang.
bolaindonesia | 16:54 WIB
Nick Kuipers sangat bangga bisa segera mencetak sejarah di Persib saat melakoni laga melawan Barito Putera di pekan 25 Liga 1 2023/2024 yang berlangsung di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat 23 Februari 2024.
bolaindonesia | 13:59 WIB
Sejak latihan perdana, latihan Persib tidak dipimpin oleh pelatih Bojan Hodak. Staf pelatih Goran Paulic mengatakan, Bojan terbang ke luar negeri untuk urusan pribadi. Ia pun mengungkapkan program yang akan dilahap para pemain Persib ke depan.
bolaindonesia | 11:20 WIB
Setelah resmi dilepas Persib, Daisuke Sato akhirnya punya klub baru. Ia sudah resmi diperkenalkan oleh klub asal Filipina bernama Davao Aguilas FC kepada publik pada hari ini, Sabtu 10 Februari 2024.
bolaindonesia | 10:27 WIB
Persib Bandung absen pekan ini. Sementara kiper utamanya, Kevin Ray Mendoza kembali gagal menyabet nominasi penyelamatan Liga 1 pekan 24.
bolaindonesia | 09:43 WIB
Stefano Beltrame mengaku bahwa kondisi dan perasaannya sudah membaik usai hasil imbang lawan Persib. Ternyata ada yang ia lakukan selama Persib libur tiga hari.
bolaindonesia | 08:54 WIB
Persib Bandung belum mau memikirkan Barito Putera di jeda kompetisi Liga 1 yang tengah libur karena Pemilu 2024. Staf pelatih Persib pun ungkap rencana yang akan dilakoninya saat ini.
bolaindonesia | 10:17 WIB
Media Vietnam Dantricom menyebut bahwa Vietnam jauh lebih kuat dari pada Skuad Garuda, di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong dan pemain naturalisasi menurut mereka Timnas Indonesia sama sekali tidak mengalami perubahan
bolaindonesia | 22:01 WIB
kelompok suporter Timnas Indonesia La Grande Indonesia membentangkan spanduk raksasa di Kota Jakarta sebagai bentuk terima kasih kepada Shin Tae-yong yang berhasil membawa Timnas Indonesia jauh lebih baik
bolaindonesia | 20:55 WIB
Tampilkan lebih banyak