3 Alasan yang Membuat Claudia Scheunemann Perlu Kembangkan Kariernya di Luar Negeri

Talenta Claudia Scheunemann terlalu disayangkan untuk tetap di Indonesia yang tidak punya kompetisi sepak bola putri ini

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Senin, 17 Juli 2023 | 14:00 WIB
Selebrasi penyerang Timnas Putri Indonesia U-19, Claudia Scheunemann usai cetak gol ke gawang Thailand. (PSSI)

Selebrasi penyerang Timnas Putri Indonesia U-19, Claudia Scheunemann usai cetak gol ke gawang Thailand. (PSSI)

Bolatimes.com - Striker andalan Timnas Putri Indonesia U-19, Claudia Scheunemann, menjadi salah satu pemain yang memborong penghargaan individu di Piala AFF Putri U-19 2023. Untuk mengembangkan bakatnya, dia disarankan berkarier di luar negeri.

Claudia Scheunemann memang sukses tampil istimewa bersama Timnas Indonesia Putri U-19. Meski gagal meraih gelar juara di Piala AFF Putri U-19 2023, Claudia sukses menyabet penghargaan sebagai Top Scorer dan Best Player di kejuaraan ini.

Sepanjang turnamen, Claudia sukses menjaringkan total lima gol untuk Timnas Indonesia Putri U-19. Kiprahnya yang istimewa juga membuatnya dinobatkan sebagai Pemain Terbaik di kejuaraan ini.

Baca Juga: Mengenal Yudi Nurcahya, Wasit Indonesia Berlisensi FIFA yang Bergelar Magister Pendidikan

Jika melihat potensinya, Claudia tentu punya masa depan yang cerah untuk menjadi andalan skuad Garuda Pertiwi di masa depan. Itulah sebabnya, dia perlu melanjutkan kariernya di luar negeri agar terus berkembang.
Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat Claudia Scheunemann perlu mengembangkan kariernya di luar negeri.

1. Ekosistem Sepak Bola Wanita Indonesia Buruk

Alasan terkuat yang membuat Claudia Scheunemann harus segera mencari klub luar negeri ialah lantaran kondisi ekosistem sepak bola wanita di Indonesia yang saat ini terhitung sangat buruk.

Baca Juga: Profil Mutiara Ayu Puspitasari, Tunggal Putri Indonesia Pertama yang Juara di Kejuaraan Junior Asia 2023

Sebab, saat ini tidak ada kompetisi sepak bola putri yang digelar di Indonesia. Liga 1 Putri yang sempat diputar oleh PSSI hanya berlangsung selama satu musim, yakni pada 2019. Setelah itu, kompetisi ini macet.

Padahal, kompetisi adalah wadah terpenting bagi seorang pesepak bola untuk mengembangkan kemampuannya. Tanpa kompetisi, Claudia bakal kesulitan untuk memaksimalkan potensinya.

2. Mencari Pengalaman 

Baca Juga: 3 Pemain Vietnam yang Bisa Diangkut Park Hang-seo jika Latih Persib Bandung, Ada 'Musuh' Marc Klok

Kompetisi sepak bola di luar negeri sangat penting bagi Claudia Scheunemann untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya. Dia juga akan mendapat pengalaman yang berharga jika bermain di kompetisi yang ketat.

Itulah sebabnya, Claudia harus segera mencari tantangan baru di luar negeri agar bisa mengembangkan potensinya. Pengalamannya berkarier di luar negeri akan membantu dirinya menjadi pemain yang lebih berkualitas untuk skuad Garuda Pertiwi.

3. Berpeluang Main di Eropa

Baca Juga: Resmi! Susunan Komdis PSSI 2023-2024: Hasani Abdulgani Kembali ke Federasi

Perkembangan sepak bola putri di Indonesia memang cenderung stagnan tanpa progres yang berarti. Padahal, di dunia luar, sepak bola putri sudah mulai gencar-gencarnya dibangun.

Eropa menjadi salah satu contoh bagaimana sepak bola putri bisa dikembangkan secara lebih maju. Oleh karena itu, Claudia Scheunemann harus memaksimalkan potensi tersebut untuk bisa bermain di level tertinggi.

Jika hanya tinggal di Indonesia, pemain berusia 14 tahun ini akan ketinggalan dari pesepak bola dari negara lain. Eropa jelas menjadi tujuan yang terbaik bagi pemain kelahiran Tangerang tersebut.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Cyrus Margono tak lama lagi akan menjadi bagian dari Timnas Indonesia. Proses menjadi WNI kembali sedang dalam tahap penantian.

bolaindonesia | 05:46 WIB

Persib Bandung berhasil merangsak naik menyalip PSIS Semarang di posisi kedua klasemen sementara.

bolaindonesia | 21:02 WIB

Penjaga gawang Dewa United Sonny Stevens mencetak gol ke gawang PSIS Semarang. Gol tersebut menyelamatkan timnya dari kekalahan. Gol bersejarah yang diukir Sonny itu pun lantas dikomentari bek Persib, Nick Kuipers.

bolaindonesia | 06:29 WIB

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong disebut-sebut berpotensi kembali melatih Timnas Korea Selatan setelah pemecatan coach Jurgen Klinsmann.

bolaindonesia | 09:43 WIB

Persib Bandung harus kehilangan Achmad Jufriyanto selama dua pekan. Ia akan mulai absen saat Persib jumpa Barito Putera, lusa nanti. Pelatih Bojan Hodak pun memaparkan situasi yang tengah dialami Jupe.

bolaindonesia | 20:26 WIB

Terang-terangan Erick Thohir memuji Suwon FC yang saat ini bertarung di kasta teratas Liga Korea Selatan, yang siap mempersilahkan Pratama Arhan untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23.

bolaindonesia | 10:47 WIB

Jika tak ada perubahan, pertandingan Persija vs Madura United akan berlangsung pukul 19.00 WIB. Selain bisa menyaksikan secara gratis di Indosiar, pertandingan tersebut juga bisa disaksikan melalui tayangan live streaming.

bolaindonesia | 22:16 WIB

Manajemen Persib Bandung berharap semua pihak bisa memahami situasi yang terjadi pada kompetisi Liga 1 2023/2024. Pada kompetisi musim ini, suporter tim tamu dilarang hadir pada pertandingan tandang, termasuk saat Persib jumpa Barito Putera.

bolaindonesia | 20:58 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memastikan timnya bakal kehilangan satu pemain saat hadapi Barito Putera. Persib akan dijamu Laskar Antasari di Stadion Sultan Agung Bantul, Jumat 23 Februari 2024.

bolaindonesia | 20:24 WIB

Nova Arianto kini jadi pelatih Timnas Indonesia U-16, pernah memperkuat Persib cukup bersinar di masanya. Bahkan bek berkepala plontos ini mendapat gelar Suster Ngesot dari suporter Persib, Bobotoh.

bolaindonesia | 06:15 WIB

Terlihat jelas keributan sampai adu fisik yang keras saat latihan yang langsung dipimpin pelatih kepala Bojan Hodak.Saking sengitnya, Alberto Rodriguez sempat mencengkik Ferdiansyah.

bolaindonesia | 10:21 WIB

Posisi Abdul Aziz di skuad Persib Bandung kian terancam. Setelah jarang mendapat menit bermain, nama Abdul Aziz berpotensi hilang dari daftar susunan pemain Persib.

bolaindonesia | 16:58 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak bicara soal lini penyerangan timnya usai laga kontra Persis. Ia mengklaim bahwa sektor depan Persib membaik usai kembali mencetak gol.

bolaindonesia | 10:25 WIB

Tak ada kata menyerah bagi pemain asing yang dibuang Persib ini. Sempat dibekap cedera lama, Tyronne del Pino akhirnya kembali ke lapangan dan meraih kemenangan di laga debut dengan status tandang.

bolaindonesia | 16:54 WIB

Nick Kuipers sangat bangga bisa segera mencetak sejarah di Persib saat melakoni laga melawan Barito Putera di pekan 25 Liga 1 2023/2024 yang berlangsung di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat 23 Februari 2024.

bolaindonesia | 13:59 WIB

Sejak latihan perdana, latihan Persib tidak dipimpin oleh pelatih Bojan Hodak. Staf pelatih Goran Paulic mengatakan, Bojan terbang ke luar negeri untuk urusan pribadi. Ia pun mengungkapkan program yang akan dilahap para pemain Persib ke depan.

bolaindonesia | 11:20 WIB

Setelah resmi dilepas Persib, Daisuke Sato akhirnya punya klub baru. Ia sudah resmi diperkenalkan oleh klub asal Filipina bernama Davao Aguilas FC kepada publik pada hari ini, Sabtu 10 Februari 2024.

bolaindonesia | 10:27 WIB

Persib Bandung absen pekan ini. Sementara kiper utamanya, Kevin Ray Mendoza kembali gagal menyabet nominasi penyelamatan Liga 1 pekan 24.

bolaindonesia | 09:43 WIB
Tampilkan lebih banyak