Mengenal Yudi Nurcahya, Wasit Indonesia Berlisensi FIFA yang Bergelar Magister Pendidikan

Yudi Nurcahya tak hanya menjadi wasit Indonesia berlisensi FIFA, tetapi juga bergelar S2

Irwan Febri Rialdi
Senin, 17 Juli 2023 | 12:00 WIB
Wasit Yudi Nurcahya bakal pimpin laga final Liga 2 2021 antara Persis Solo melawan Rans Cilegon FC. [dok PSSI]

Wasit Yudi Nurcahya bakal pimpin laga final Liga 2 2021 antara Persis Solo melawan Rans Cilegon FC. [dok PSSI]

Bolatimes.com - Yudi Nurcahya bisa dibilang sebagai salah satu wasit elite yang dimiliki sepak bola Indonesia. Sebab, selain sudah mengantongi lisensi FIFA, dia ternyata juga memiliki gelar Magister Pendidikan.

Sebagai informasi, lisensi FIFA yang dimiliki Yudi Nurcahya sudah dikantongi sejak tahun 2018. Sejak saat itulah, dia mulai mendapatkan pengalaman dan tugas untuk memimpin laga-laga internasional.

Salah satu prestasi yang pernah diukir oleh Yudi ialah mendapatkan penghargaan sebagai Wasit Terbaik Liga 1 2019. Ketika itu, dia memimpin sebanyak 17 pertandingan, jumlah yang terhitung tinggi bagi seorang pengadil di lapangan.

Baca Juga: Profil Mutiara Ayu Puspitasari, Tunggal Putri Indonesia Pertama yang Juara di Kejuaraan Junior Asia 2023

Tak hanya itu, dia ternyata juga menekuni dunia akademik selain merintis karier sebagai wasit. Saat ini, Yudi Nurcahya sudah menyandang gelar Magister Pendidikan seusai menyelesaikan studi di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Sejak menuntut ilmu di jenjang S1, Yudi memang sudah mengambil jurusan Pendidikan Keolahragaan di UPI. Dia pun memutuskan untuk melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi.

Bekal pendidikan itulah yang mengantarkan Yudi mendapat kesempatan berkarier di dunia akademik. Saat ini, lelaki kelahiran Bandung ini juga berstatus sebagai Tenaga Kependidikan alias dosen di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Baca Juga: 3 Pemain Vietnam yang Bisa Diangkut Park Hang-seo jika Latih Persib Bandung, Ada 'Musuh' Marc Klok

Awalnya, Yudi mengikuti seleksi asisten dosen di UPI pada 2016. Setelah diterima sejak tahun 2017, kini dia juga sudah berstatus sebagai dosen tetap di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tersebut.

Yudi mengajar di Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) yang berada di bawah wewenang Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (PFOK), UPI.

Di program studi tersebut, Yudi mengampu sejumlah mata kuliah. Mulai dari Pelatihan Cabang Olahraga Sepak Bola, Pelatihan Cabang Olahraga Atletik, Pelatihan Cabang Olahraga Tenis Meja, Pelatihan Cabang Olahraga Tenis, dan Pedagogi Olahraga.

Baca Juga: Resmi! Susunan Komdis PSSI 2023-2024: Hasani Abdulgani Kembali ke Federasi

Apabila merujuk pada laman Google Scholar miliknya, dia memang dikenal sebagai sosok akademisi yang aktif dalam melakukan penelitian. Sejumlah kajiannya juga berkaitan dengan profesinya sebagai wasit.

Salah satu yang terbaru yakni berjudul, “Implementasi Pelatihan Keterampilan Psikologis untuk Meningkatkan Keterampilan Pengambilan Keputusan Wasit Sepak Bola”, yang tayang di Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga.

Baca Juga: Berkat Asnawi Mangkualam, Fans 3 Klub Besar Indonesia Ini Rukun dan Kumpul Jadi Satu

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI
Diego plecente tetap merasa bangga dengan pasukannya meski tersingkir dari Jerman pada perebutan gelar juara Piala Dunia U-17 2023
bolaindonesia | 21:05 WIB
Penentuan pemenang Argentina U-17 vs Jerman U-17 harus ditentukan lewat adu penalti setelah kedua tim bermain imbang di waktu normal
bolaindonesia | 20:04 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ditagih janjinya oleh Pengamat Sepakbola Bung Towel.
bolaindonesia | 18:43 WIB
"Ketersesatan melihat sepak bola itu sesat," ucap Bung Towel terhadap penggemar yang yakin Timnas Indonesia sudah berada di level asia.
bolaindonesia | 17:02 WIB
3 alasan Timnas Indonesia akan tampil berbeda di Piala Asia 2023, sebelumnya mereka menuai banyak kritikan karena dari dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran kedua kurang maksimal.
bolaindonesia | 16:15 WIB
Manajemen Persib yang diwakili Teddy Tjahjono bererta beberapa perwakilan bobotoh bertemu dengan manajemen dan suporter Dewa United pasca kerusuhan yagn terjadi di sekitaran stadion Indomilk Arena, Ahad 26 November 2023.
bolaindonesia | 15:00 WIB
Persib Bandung mengonfirmasi bahwa Frets Butuan resmi mengundurkan diri. Persib dan Frets Butuan telah berpisah pada hari ini, Selasa 28 November 2023. Frets Butuan dikabarkan akan gabung klub Liga 2, Malut United.
bolaindonesia | 14:03 WIB
Gegara hasil buruk di Basra, Irak, Bung Ropan mengatakan Erick Thohir akan melakukan registrasi baru pemain naturalisasi posisi penjaga gawang, agar Timnas Indonesia lebih kuat.
bolaindonesia | 14:00 WIB
Penyerang Ado Den Haag Rafael Struick ungkapkan mimpinya, suporter Timnas Indonesia sambut dengan positif dan mendukungnya.
bolaindonesia | 13:00 WIB
Persib Bandung resmi melepas salah satu pemainnya, Frets Butuan. Kabar yang beredar sebelumnya, Frets Butuan akan memperkuat klub Liga 2, Malut United. Namun kedua tim belum memberikan keterangan pasti tentang pemain yang juga prajurit TNI tersebut.
bolaindonesia | 12:48 WIB
Stefano Beltrame mengenakan jersey Persib dan bikin bobotoh salah fokus. Pemain ke-12 Persib itu juga memberikan peringatan kepada pemain baru asal Italia tersebut. Persib baru saja memperkenalkannya sebagai pemain baru dan dikontrak 6 bulan.
bolaindonesia | 12:33 WIB
Pemain naturalisasi yang pernah membela Vitesse Arnhem dan Feyenoord Rotterdam dipuji kualitas oleh legenda Timnas Indonesia.
bolaindonesia | 12:00 WIB
Sebuah foto surat yang menunjukan adanya satu pemain yang dilepas Persib Bandung beredar di media sosial. Dalam surat tersebut Persib meminjamkan satu pemainnya yaitu Frets Butuan ke klub Liga 2. Persib sendiri belum merilis hal tersebut.
bolaindonesia | 11:49 WIB
Persib Bandung resmi mendatangkan satu pemain baru lainnya yaitu Stefano Beltrame. Pemain asal Italia ini akan memperkuat Persib selama 6 bulan ke depan dengan opsi perpanjangan kontrak.
bolaindonesia | 11:23 WIB
Perekrutan Kevin Ray Mendoza oleh Persib Bandung menjadi perbincangan hangat di kalangan bobotoh. Sebagian bobotoh ada yang mempertanyakan keputusan tersebut, tetapi ada juga yang setuju karena Persib butuh penjaga gawang yang berkualitas.
bolaindonesia | 11:09 WIB
Website resmi Persib Bandung masih belum bisa dibuka sejak pagi sampai sekarang. Besar kemungkinan, terjadi lonjakan traffic setelah Persib mulai menjual tiket pertandingan kontra PSM dan Persik, dan adanya perkenalan pemain baru.
bolaindonesia | 10:30 WIB
Shin Tae-yong diminta out, Bambang Pamungkas tegas membela pelatih Timnas Indonesia untuk tetap bertahan, karena berdasarkan pengalaman sang mantan striker Garuda tersebut, merubah juru taktik bukan solusi.
bolaindonesia | 10:00 WIB
Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi tim tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania di Piala Asia U-23.
bolaindonesia | 09:45 WIB
Tampilkan lebih banyak