Hitung-hitungan Biaya yang Mesti Dikeluarkan PSSI Andai Ingin Rekrut Joachim Low

Segini biaya yang mesti dikeluarkan PSSI bila ingin memboyong Joachim Low.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Sabtu, 03 Juni 2023 | 10:51 WIB
Pelatih timnas Jerman, Joachim Low (sumber: FIFA)

Pelatih timnas Jerman, Joachim Low (sumber: FIFA)

Bolatimes.com - Nama pelatih asal Jerman, Joachim Low, digadang-gadang menjadi Direktur Teknik (Dirtek) baru PSSI untuk menggantikan Indra Sjafri.

Rumor ini beredar luas seiring kerjasama yang digagas oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, dengan dua negara seperti Jepang dan Jerman.

Dalam kerjasama ini, pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu menegaskan bahwa kerjasamanya bersama Jepang berkaitan dengan fasilitas dan penyelenggaraan liga.

Baca Juga: Dirtek PSSI Pantau Khuwailid Mustafa dan Farri Agri di Qatar, Netizen: Semoga Dibawa ke Timnas Indonesia

Sedangkan kerjasama dengan Jerman berkaitan dengan jabatan Direktur Teknik (Dirtek) PSSI yang kosong seiring penunjukkan Indra Sjafri sebagai pelatih Timnas Indonesia U-23.

Sekadar informasi, Indra Sjafri sendiri ditunjuk untuk menukangi tim kelompok umur setelah merengkuh kesuksesan di SEA Games 2023 dengan Timnas Indonesia U-22.

Alhasil penunjukkan itu membuat pelatih berusia 60 tahun tersebut menanggalkan jabatan Direktur Teknik yang selama ini diembannya.

Baca Juga: Indra Sjafri Bertemu Dua Pemain Indonesia di Qatar, Kode Diboyong ke Timnas Indonesia?

Karena adanya kerjasama ini, nama-nama beken dari Jerman dirumorkan akan menjadi Direktur Teknik PSSI, salah satunya adalah Joachim Low.

Pria berusia 63 tahun itu digadang-gadang akan menjadi Direktur Teknik baru karena saat ini tengah menganggur pasca menanggalkan jabatannya sebagai pelatih Timnas Jerman pasca Euro 2020.

Dalam laporan lainnya, peraih gelar Piala Dunia 2014 itu juga digadang-gadang sebagai pelatih baru Timnas Indonesia setelah hengkangnya Shin Tae-yong.

Baca Juga: Daftar Pemain Asing PSIS Semarang Musim 2023-2024, Terbaru Bintang Timor Leste

Rumor ini berhembus karena masa bakti Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia akan habis pasca Piala Asia 2023, seiring kontraknya yang habis pada Desember 2023 mendatang.

Terlepas dari posisi apa yang akan ditempati oleh Joachim Low kelak, berapa kira-kira biaya yang harus dikeluarkan PSSI untuk merekrutnya?

Gaji Joachim Low: Menembus Puluhan Miliar

Baca Juga: 5 Pemain yang Diprediksi Telah Gabung TC Timnas Indonesia untuk Persiapan FIFA Matchday

Dikutip dari laman Playersbio, Sabtu (3/6), Joachim Low memiliki bayaran fantastis yang menyentuh angka puluhan miliar rupiah per tahunnya.

Jika dirata-rata selama menjabat sebagai pelatih, eks pelatih VfB Stuttgart ini mendapat bayaran mencapai 5 juta dolar AS per tahunnya atau setara dengan Rp74,5 miliar.

Angka ini lima kali lipat lebih banyak dari apa yang diterima Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia, yakni 1 juta dolar AS atau Rp14,9 miliar per tahunnya.

Bahkan kontrak terbarunya bersama Timnas Jerman selepas Piala Dunia 2018 di Rusia kala itu membuat Joachim Low mendapat bayaran 3,9 juta dolar AS per tahun atau Rp58 miliar.

Bayaran ini diketahui belum termasuk fasilitas yang didapatkannya. Sehingga bisa saja biaya yang dikeluarkan PSSI untuk merekrutnya membengkak.

Meski begitu, bayaran fantastis ini berbanding lurus dengan kiprah atau sepak terjang Joachim Low di kancah sepak bola.

Ia telah banyak menukangi klub-klub Eropa baik dari Jerman, Turki, hingga Austria. Selain itu, sepak terjangnya di level tim nasional tak perlu diragukan lagi.

Sejak menjabat sebagai asisten pelatih Timnas Jerman pada 2004 hingga 2006, Joachim Low kemudian ditunjuk sebagai pelatih kepala hingga 2021.

Selama 15 tahun menjadi pelatih kepala Timnas Jerman, ia memimpin 198 pertandingan dengan catatan 125 kemenangan, 39 hasil imbang, dan 34 kekalahan.

Catatan terbaiknya selama melatih Timnas Jerman adalah saat menjuarai Piala Dunia 2014 dan menjuarai Piala Konfederasi 2017.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI
Persib Bandung harus kehilangan Achmad Jufriyanto selama dua pekan. Ia akan mulai absen saat Persib jumpa Barito Putera, lusa nanti. Pelatih Bojan Hodak pun memaparkan situasi yang tengah dialami Jupe.
bolaindonesia | 20:26 WIB
Terang-terangan Erick Thohir memuji Suwon FC yang saat ini bertarung di kasta teratas Liga Korea Selatan, yang siap mempersilahkan Pratama Arhan untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23.
bolaindonesia | 10:47 WIB
Jika tak ada perubahan, pertandingan Persija vs Madura United akan berlangsung pukul 19.00 WIB. Selain bisa menyaksikan secara gratis di Indosiar, pertandingan tersebut juga bisa disaksikan melalui tayangan live streaming.
bolaindonesia | 22:16 WIB
Manajemen Persib Bandung berharap semua pihak bisa memahami situasi yang terjadi pada kompetisi Liga 1 2023/2024. Pada kompetisi musim ini, suporter tim tamu dilarang hadir pada pertandingan tandang, termasuk saat Persib jumpa Barito Putera.
bolaindonesia | 20:58 WIB
Pelatih Persib Bojan Hodak memastikan timnya bakal kehilangan satu pemain saat hadapi Barito Putera. Persib akan dijamu Laskar Antasari di Stadion Sultan Agung Bantul, Jumat 23 Februari 2024.
bolaindonesia | 20:24 WIB
Nova Arianto kini jadi pelatih Timnas Indonesia U-16, pernah memperkuat Persib cukup bersinar di masanya. Bahkan bek berkepala plontos ini mendapat gelar Suster Ngesot dari suporter Persib, Bobotoh.
bolaindonesia | 06:15 WIB
Terlihat jelas keributan sampai adu fisik yang keras saat latihan yang langsung dipimpin pelatih kepala Bojan Hodak.Saking sengitnya, Alberto Rodriguez sempat mencengkik Ferdiansyah.
bolaindonesia | 10:21 WIB
Posisi Abdul Aziz di skuad Persib Bandung kian terancam. Setelah jarang mendapat menit bermain, nama Abdul Aziz berpotensi hilang dari daftar susunan pemain Persib.
bolaindonesia | 16:58 WIB
Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak bicara soal lini penyerangan timnya usai laga kontra Persis. Ia mengklaim bahwa sektor depan Persib membaik usai kembali mencetak gol.
bolaindonesia | 10:25 WIB
Tak ada kata menyerah bagi pemain asing yang dibuang Persib ini. Sempat dibekap cedera lama, Tyronne del Pino akhirnya kembali ke lapangan dan meraih kemenangan di laga debut dengan status tandang.
bolaindonesia | 16:54 WIB
Nick Kuipers sangat bangga bisa segera mencetak sejarah di Persib saat melakoni laga melawan Barito Putera di pekan 25 Liga 1 2023/2024 yang berlangsung di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat 23 Februari 2024.
bolaindonesia | 13:59 WIB
Sejak latihan perdana, latihan Persib tidak dipimpin oleh pelatih Bojan Hodak. Staf pelatih Goran Paulic mengatakan, Bojan terbang ke luar negeri untuk urusan pribadi. Ia pun mengungkapkan program yang akan dilahap para pemain Persib ke depan.
bolaindonesia | 11:20 WIB
Setelah resmi dilepas Persib, Daisuke Sato akhirnya punya klub baru. Ia sudah resmi diperkenalkan oleh klub asal Filipina bernama Davao Aguilas FC kepada publik pada hari ini, Sabtu 10 Februari 2024.
bolaindonesia | 10:27 WIB
Persib Bandung absen pekan ini. Sementara kiper utamanya, Kevin Ray Mendoza kembali gagal menyabet nominasi penyelamatan Liga 1 pekan 24.
bolaindonesia | 09:43 WIB
Stefano Beltrame mengaku bahwa kondisi dan perasaannya sudah membaik usai hasil imbang lawan Persib. Ternyata ada yang ia lakukan selama Persib libur tiga hari.
bolaindonesia | 08:54 WIB
Persib Bandung belum mau memikirkan Barito Putera di jeda kompetisi Liga 1 yang tengah libur karena Pemilu 2024. Staf pelatih Persib pun ungkap rencana yang akan dilakoninya saat ini.
bolaindonesia | 10:17 WIB
Media Vietnam Dantricom menyebut bahwa Vietnam jauh lebih kuat dari pada Skuad Garuda, di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong dan pemain naturalisasi menurut mereka Timnas Indonesia sama sekali tidak mengalami perubahan
bolaindonesia | 22:01 WIB
kelompok suporter Timnas Indonesia La Grande Indonesia membentangkan spanduk raksasa di Kota Jakarta sebagai bentuk terima kasih kepada Shin Tae-yong yang berhasil membawa Timnas Indonesia jauh lebih baik
bolaindonesia | 20:55 WIB
Tampilkan lebih banyak