3 Kerugian yang Didapat Timnas Indonesia jika Shin Tae-yong Jadi Hengkang

Hengkangnya Shin Tae-yong berpotensi merugikan Timnas Indonesia, apa saja?

Rauhanda Riyantama
Sabtu, 27 Mei 2023 | 16:30 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dalam laga melawan Burundi. (Dok. PSSI)

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dalam laga melawan Burundi. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut kerugian yang didapat jika Shin Tae-yong benar-benar hengkang dari kursi pelatih Timnas Indonesia pasca Piala Asia 2023.

Belakangan rumor Shin Tae-yong angkat kaki dari kursi kepelatihan Timnas Indonesia merebak dan menjadi buah bibir di kalangan pecinta sepak bola Tanah Air.

Rumor ini berkembang seiring pengakuan dari pelatih berusia 52 tahun itu, yang menegaskan bahwa tugasnya bersama skuad Garuda hanya sampai Piala Asia 2023.

Baca Juga: 8 Negara yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia U-20 2023, Ada Tuan Rumah Argentina

Selepas memimpin Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 yang digelar di Qatar pada awal tahun 2024 mendatang, eks juru taktik Timnas Korea Selatan ini akan hengkang.

Secara tersirat, Shin Tae-yong mengakui dirinya belum mendapat kontrak baru dari PSSI. Di sisi lain, federasi sepak bola Indonesia tersebut mengakui akan melakukan evaluasi terlebih dahulu.

Evaluasi ini terkait target yang diberikan kepada Shin Tae-yong. Jika dirinya tak bisa memenuhinya, maka perjalanan pria asal Korea Selatan itu dengan Timnas Indonesia akan berakhir usai Piala Asia 2023.

Baca Juga: Profil Win Naing Tun, Rekrutan Baru Borneo FC Asal Myanmar yang Pernah jadi Top Skor Piala AFF U-19

Kabar-kabar tersebut kemudian menjadi perbincangan hangat di sepak bola Indonesia saat ini. Apalagi dengan kemungkinan Shin Tae-yong hengkang.

Jika Shin Tae-yong hengkang, banyak kerugian yang ditakutkan pecinta sepak bola Tanah Air akan menimpa Timnas Indonesia di kemudian hari. Apa saja kerugian yang ditakuti tersebut?

1. Mulai dari Nol

Baca Juga: Timnas Indonesia Wajib Waspada, Jepang Persiapan Jelang Piala Asia 2023 Panggil 21 Pemain yang Berkarier di Eropa

Kepergian Shin Tae-yong membuat Timnas Indonesia akan kembali mulai dari bawah atau nol untuk menjalankan program yang telah berjalan tiga tahun terakhir.

Bersama Shin Tae-yong, Timnas Indonesia memiliki Road Map mengandalkan pemain muda yang bisa jadi tumpuan untuk masa-masa yang akan datang.

Kepergiannya pun akan membuat pelatih baru datang dengan Road Map berbeda, sehingga Timnas Indonesia harus memulai dari nol atau dari bawah lagi untuk programnya.

Baca Juga: Ditanya Soal Jordi Amat oleh Media Korea, Shin Tae-yong Beri Pujian Selangit

2. Perubahan Taktik di Lapangan

Selama tiga tahun terakhir ditukangi Shin Tae-yong, pemain Timnas Indonesia baik dari level kelompok umur hingga senior memahami taktik yang diberikannya.

Kepergiannya dan kehadiran pelatih baru akan membuat para penggawa Timnas Indonesia mempelajari taktik baru yang jelas akan membutuhkan waktu lama.

Hal ini pun akan berimbas pada permainan dan juga hasil di lapangan, yang bisa membuat Timnas Indonesia meraih hasil minor di laga-laga internasional di tahun 2024.

3. Kehilangan Pelatih Grade A

Mencari pelatih Grade A dengan kualitas sekelas Shin Tae-yong bukanlah perkara mudah, apalagi para pelatih di level tersebut akan meminta bayaran besar.

Belum lagi dengan kecocokan antar pemain, di mana para pemain Timnas Indonesia baik di level junior dan senior begitu dekat dengan sosok Shin Tae-yong.

Kehadiran pelatih baru diyakini akan membuat PSSI harus berjuang keras mencari penggantinya yang bisa mengayomi para pemain Timnas Indonesia seperti Shin Tae-yong.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memutuskan pulang kampung ke Korea Selatan meski dihadapkan pada jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2026 dalam waktu dekat.
bolaindonesia | 15:00 WIB
Berdasarkan analisis yang disajikan oleh Ronny Pangemanan atau yang biasa dikenal sebagai Bung Ropan itu, sebetulnya ada beberapa nama pemain keturunan Indonesia yang bisa dijajaki oleh PSSI.
bolaindonesia | 14:00 WIB
Arhan nih siapa? Yang miskin itu ya?, bunyi ucapan Valdi dalam sebuah Live bersama teman-teman serta Marshella di media sosial.
bolaindonesia | 13:08 WIB
Liga Indonesia menjadi liga termahal di Asia Tenggara
bolaindonesia | 13:00 WIB
Arya Sinulingga, anggota Komite Eksekutif PSSI (Exco PSSI), membeberkan informasi terbaru terkait proses naturalisasi tersebut.
bolaindonesia | 12:00 WIB
Bahkan, klub raksasa Vietnam tak mampu membayar permintaan bekas asisten Shin Tae-yong
bolaindonesia | 11:10 WIB
Meskipun ranking FIFA timnas senior mereka berada di bawah Timnas Indonesia, Hong Kong berhasil melangkah jauh di cabang olahraga sepak bola putra Asian Games 2023.
bolaindonesia | 11:00 WIB
Ketajaman Striker Persik Kediri M. Khanafi sedang menjadi sorotan. Pemain asli Kediri itu telah mencetak lima gol dalam tiga pertandingan pada Kompetisi BRI Liga 1 2023/24.
bolaindonesia | 10:42 WIB
Susunan terbaru mengenai pelatih Timnas Indonesia di berbagai level usia, mulai dari U-17, U-20, U-23, sampai senior.
bolaindonesia | 10:25 WIB
Elkan Baggott batal dipinjamkan Ipswich Town hingga penutupan bursa transfer Liga Inggris.
bolaindonesia | 16:09 WIB
Bek Timnas Senegal, Djibril Diop, mengakui tertarik untuk memperkuat Timnas Indonesia gara-gara Shayne Pattynama
bolaindonesia | 14:00 WIB
Jordi Amat bicara banyak, salah satunya adalah pesan dari Shin Tae-yong
bolaindonesia | 13:49 WIB
Mengenal lebih jauh sosok Arief Catur, penggawa Persebaya Surabaya yang lakukan pelanggaran keras ke pemain Dewa United, Ady Setiawan, di pekan ke-14 Liga 1 2023/2024.
bolaindonesia | 13:00 WIB
Tak semua pemain keturunan bisa masuk ke Timnas Indonesia, Shin Tae-yong punya syarat tinggi
bolaindonesia | 12:00 WIB
"Ketika saya bermain di FC Eindhoven, saya menerima banyak cinta dari Indonesia. Saya tidak pernah mengalami hal itu sebelumnya," ucap Idzes.
bolaindonesia | 10:43 WIB
Sandy Walsh sempat bocor di kepala hingga disebut mengalami mengalami gegar otak ringan
bolaindonesia | 10:35 WIB
Intip klasemen dan peta persaingan top skor pasca kemenangan Persib Bandung
bolaindonesia | 10:29 WIB
Persib Bandung berpesta 5-0 atas Persita Tangerang
bolaindonesia | 10:20 WIB
Tampilkan lebih banyak