4 Keuntungan jika PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong, Tak Perlu Mulai Lagi dari Awal!

PSSI akan sangat merugi jika melepas Shin Tae-yong

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 12 April 2023 | 09:45 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dalam laga melawan Burundi. (Dok. PSSI)

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dalam laga melawan Burundi. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Masa bakti Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas Indonesia berakhir pada Desember 2023, perpanjangan kontrak menjadi isu menarik yang tengah diperbincangkan saat ini.

Akhir tahun 2022 lalu, muncul wacana menarik yang menyebutkan jika PSSI kemungkinan besar akan memperpanjang kontrak Shin Tae-yong.

Kontrak Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas Indonesia memang akan berakhir pada Desember 2023, namun hingga April saat ini belum ada tanda perpanjangan.

Baca Juga: Garuda Select Hajar Brighton 2-0, Netizen: Project Blue Lock-nya Indonesia Keren

Shin Tae-yong hanya mewacanakan pertemuan dengan Erick Thohir selaku Ketum PSSI, itupun membahas rencana masa depan timnas Indonesia.

Pasca batal digelarnya Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, rencana itu disambut hangat Erick Thohir dan mengaku bakal mengatur pertemuan medio Mei-Desember.

Tentu menarik dinantikan bagaimana hasil dari pertemuan tersebut, mungkinkah membahas perpanjangan kontrak pelatih asal Korea Selatan itu?

Baca Juga: Erling Haaland Cetak Rekor Dasyat saat Bantai Bayern Munich 3-0, Lampaui Legenda Manchester United

Atau justru menjadi momen-momen terakhir Shin Tae-yong sebagai komando utama timnas Indonesia di segala kelompok umur.

Terlepas dari itu, Indonesia sebenarnya bakal mendapat sederet keuntungan jika memperpanjang kontrak Shin Tae-yong.

Apa saja keuntungan tersebut? berikut di antaranya keuntungan timnas Indonesia apabila memperpanjang masa bakti STY.

Baca Juga: Sukses Hajar Akademi Brighton, Garuda Select akan Hadapi Arsenal Di Laga Selanjutnya

1. Skuad Matang

Shin Tae-yong sudah sudah memiliki daftar skuad matang yang telah dipersiapkan, bahkan sejak kali pertama sosoknya terpilih sebagai pelatih kepala.

Mulai dari kelompok umur U-20 hingga senior, semua tim sebenarnya sudah siap mengikuti kompetisi bergengsi internasional.

Baca Juga: Pemain Indonesia Emang Gak Ada Obat di Skuad Garuda Select, Cetak Gol Ciamik saat Lawan Brighton

Termasuk Piala Dunia U-20 2023, sayangnya turnamen itu batal digelar di Indonesia dan pada akhirnya tuan rumah diserahkan Argentina.

2. Tak Perlu Memulai dari Awal

Dengan nakhoda tertinggi masih dipegang Shin Tae-yong, timnas Indonesia tak perlu memulai dari awal karena sudah memiliki bagan lengkap.

Pemilihan pemain pun terbilang cukup mudah, karena seluk-beluk timnas Indonesia sudah dipahami oleh pelatih asal Korea Selatan itu.

Pemain Indonesia melimpah saat ini, terlebih mereka yang tengah berkarier abroad, kondisi yang memungkinkan pelatih anyar bakal pusing tujuh keliling.

3. Fokus Prestasi

Shin Tae-yong hanya perlu fokus mengejar prestasi, mengingat saat ini timnas Indonesia masih belum menorehkan prestasi mentereng di bawah komandonya.

Namun peningkatan kualitas bermain telaih ditunjukkan, seperti peningkatan peringkat FIFA dari posisi ke-170-an ke peringkat 140-an seperti saat ini.

Gelar juara pun masih menunggu, tentu Piala Asia 2023 menjadi pembuktian sebelum nanti berlaga di Piala AFF lagi.

4. Dasar Terbentuk

Kemenangan demi kemenangan di FIFA Matchday menjadi bukti meningkatnya kualitas timnas Indonesia di bawah komando Shin Tae-yong.

Dasar dari timnas Indonesia telah terbentuk, hanya menanti gelar demi gelar diraih pasukan Garuda di bawah komando pelatih asal Korea Selatan itu.

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak