Bolaindonesia

Ada Hokky Caraka, Berikut 5 Pemain Timnas Indonesia yang Cetak Gol Terbanyak di Era Shin Tae-yong

Hokky Caraka cetak 4 gol saat Timnas Indonesia U-19 bantai Brunei 7-0.

Rauhanda Riyantama

Striker Timnas Indonesia U-19, Hokky Caraka, di Piala AFF U-19 2022. (Dok. PSSI)
Striker Timnas Indonesia U-19, Hokky Caraka, di Piala AFF U-19 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut lima pemain Timnas Indonesia yang berhasil mencetak gol terbanyak di kompetisi resmi era kepelatihan Shin Tae-yong.

Juru taktik asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, sejauh ini telah memimpin Timnas Indonesia baik di kelompok umur maupun senior selama 1,5 tahun lebih.

Dalam periode tersebut, Shin Tae-yong telah memimpin 44 pertandingan, baik itu di tim U-19, tim U-23, hingga tim senior.

Banyak pemain yang telah dipanggil Shin Tae-yong dalam kurun waktu tersebut, terutama para pemain di sektor lini depan.

Pelatih berusia 51 tahun ini kerap membongkar pasang lini depan dengan memanggil sederet pemain demi menemukan formula yang tepat untuk Timnas Indonesia.

Dari sekian banyak pemain yang pernah dipanggil Shin Tae-yong, hanya beberapa saja yang bisa memenuhi ekspektasi.

Beberapa di antaranya bahkan menjadi pemain yang paling banyak menyumbangkan gol untuk Timnas Indonesia di era Shin Tae-yong saat mengikuti ajang resmi.

Kira-kira, siapa saja para pemain tersebut? Berikut daftarnya.

1. Witan Sulaeman

Aksi Witan Sulaeman saat Timnas Indonesia kalahkan Kuwait 2-1 di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)
Aksi Witan Sulaeman saat Timnas Indonesia kalahkan Kuwait 2-1 di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)

Witan Sulaeman menjadi pemain paling subur di era kepelatihan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia baik di kelompok umur maupun senior.

Penggawa milik Lechia Gdansk ini tercatat mampu mencetak enam gol bagi Timnas Indonesia di kelompok umur dan senior.

Lima gol itu dicetaknya yakni kala membantu mengalahkan Taiwan, Myanmar, dan juga mencetak gol di Piala AFF dengan dua gol dan dua gol melawan Nepal.

2. Evan Dimas

Meski berposisi sebagai gelandang, Evan Dimas juga aktif mencetak gol bagi Timnas Indonesia di era Shin Tae-yong, terutama di tim senior.

Gelandang milik Arema FC ini berhasil mencetak lima gol bagi Timnas Indonesia, di mana lima gol itu dicetaknya di berbagai ajang.

Ia berhasil mencetak gol kala melawan Thailand di Kualifikasi Piala Dunia pada Maret 2021. Kemudian Evan Dimas mampu mencetak gol melawan Taiwan, dan juga di Piala AFF.

3. Hokky Caraka

Striker Timnas Indonesia U-19, Hokky Caraka, vs Vietnam di Piala AFF U-19 2022. (Dok. PSSI)
Striker Timnas Indonesia U-19, Hokky Caraka, vs Vietnam di Piala AFF U-19 2022. (Dok. PSSI)

Hokky Caraka mampu menciptakan sejarah bagi dirinya kala mencetak empat gol atau Quattrick kala membela Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala AFF U-19 2022.

Empat gol itu dicetaknya kala Timnas Indonesia U-19 mencukur habis Brunei Darussalam dengan skor 7-0 di laga kedua grup A.

Empat gol itu membuatnya menjadi salah satu pemain depan paling subur di era Shin Tae-yong saat berpartisipasi di kancah resmi.

4. Ricky Kambuaya

Ricky Kambuaya tercatat telah mencetak lima gol bagi Timnas Indonesia. Namun jika dihitung di laga resmi saja, maka dirinya baru mencetak dua gol.

dua gol itu dicetak kala melawan Taiwan di Play Off Kualifikasi Piala Asia 2023 dan juga satu gol di ajang Piala AFF 2020.

5. Ezra Walian

Striker Timnas Indonesia, Ezra Walian. (Dok. PSSI)
Striker Timnas Indonesia, Ezra Walian. (Dok. PSSI)

Ezra Walian merupakan salah satu penyerang yang juga pernah diandalkan Shin Tae-yong, yakni saat mengikuti Piala AFF 2020.

Di era Shin Tae-yong ini, dirinya telah mencetak dua gol, yang ia buat semuanya di Piala AFF 2020, kala Indonesia menghadapi Singapura dan juga Laos.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini