5 Prestasi Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia, Tak Cuma Antar Lolos ke Piala Asia

Shin Tae-yong telah membuktikan kontribusinya untuk sepak bola Indonesia. Berikut deretan prestasinya bersama skuat Garuda

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 15 Juni 2022 | 19:00 WIB
Shin Tae-yong saat main drakor. (YouTube/ShootforLove)

Shin Tae-yong saat main drakor. (YouTube/ShootforLove)

Bolatimes.com - Publik sepak bola Indonesia sudah sewajarnya berterima kasih kepada Shin Tae-yong. Berkat pelatih asal Korea Selatan itu, Timnas Indonesia akhirnya tampil di Piala Asia 2023 lagi setelah 15 tahun.

Namun, tak hanya itu, Shin Tae-yong yang didatangkan langsung dari Negeri Ginseng Korea Selatan telah membawa segudang prestasi gemilang bagi skuad kesebelasan Garuda.

Melalui arahan dan bimbingan Shin Tae-Yong, berbagai negara dan kejuaraan disabet oleh Timnas. 

Pelatih asal Gyeongbuk tersebut memiliki strategi bertanding yang efektif dan disukai oleh para pemain pasukan Timnas.

Kakang Rudianto, sosok pemain bertahan Timnas, pun mengaku suka dengan gaya melatih Tae-Yong yang tegas serta disiplin sehingga dapat meningkatankan kualitas timnya.

Lantas, seperti apa buah dari gaya melatih Tae-Yong tersebut dalam berbagai turnamen dan kejuaraan? Berikut deretan prestasi Shin Tae-Yong bersama Timnas.

1. Runner-up AFF 2020

Timnas Indonesia berhasil menghadapi pasukan kesebelasan negara-negara di Asia hingga akhirnya masuk ke final. Bersama Shin Tae-Yong skuad Garuda menghadapi Tim Nasional 'Gajah Putih' dari Thailand yang menunjukkan perlawanan sengit.

Adapun final kejuaraan yang diselenggarakan pada awal tahun 2022 setelah sebelumnya tertunda akibat pandemi menunjukkan persaingan ketat antara Timnas Indonesia kontra Thailand. 

Meski tak mampu membendung serangan dari Thailand dengan agregat 6-2, Timnas Indonesia berhasil mendapat predikat runner-up. 

Sebelum kejuaraan, Shin Tae-Yong menggembleng fisik pasukan timnas sehingga berbuah hasil runner-up. Tak hanya itu, keputusan Tae-Yong untuk memakai taktik yang lebih fleksibel membuat Indonesia dapat menghadapi deretan negara-negara Asia dengan berbagai taktik.

2. Berhasil rebut medali perunggu dari Malaysia di SEA Games 2021

Rapor hijau Tae-Yong juga diisi oleh prestasi berhasil merebut medali perunggu dari Malaysia pada ajang SEA Games 2021. Timnas Garuda yang terdiri atas Marc Klok dan kawan-kawan tersebut harus menghadapi sengitnya pemain tim nasional Malaysia hingga menghadapi adu penalti.

"Jadi seperti yang ditonton, pertandingan kali ini sangat sulit, tapi kami masih bisa dapat kemenangan meski berbau keberuntungan dan menangnya pun lewat adu penalti," kata Shin Tae-yong dalam rilis PSSI.

3. Taklukkan Kuwait 2-1 di Kualifikasi Piala Asia Grup A

Belajar dari ketidakpuasan performa Timnas pada AFF 2020 dan SEA Games 2021, Shin Tae-Yong membenahi strategi bermain Timnas pada babak kualifikasi Piala Asia Grup A. Perubahan taktik tersebut dinilai jitu, dibuktikan dengan performa Timnas saat menghadapi lawan di Grup A yakni Kuwait.

Indonesia berhasil unggul 2-1 berkat arahan Tae-Yong dalam menyusun siasat menaklukan Kuwait. 

Usai gol perdana dicetak oleh Kuwait, Timnas berhasil membalas dengan dua gol balasan yang dicetak oleh Klok dan Irianto.

4. Bantai Nepal 7-0

Usai Kuwait tekuk lutut karena dua serangan bertubi-tubi penyeran kesebelasan Garuda, siasat Tae-Yong berhasil bantu Timnas bantai Nepal dengan skor meyakinkan yakni 7-0.

Setidaknya ada 6 pemain Indonesia yang berhasil menyarangkan bola ke gawang Timnas Nepal. Sementara dua golberhasil dikoleksi Witan Sulaeman dalam laga kualifikasi Piala Asia tersebut. 

Pemain bertahan Indonesia juga patut diapresiasi pada pertandingan tersebut lantaran berhasil membendung serangan Nepal hingga tak mampu mencetak satu gol pun.

5. Loloskan Indonesia ke Piala Asia 2023

Berkat performa di babak Kualifikasi Grup A, Shin Tae-Yong bersama 'anak-anak asuhnya' berhasil lolos ke Piala Asia 2023.

Sebanyak 7 gol dari skuad Garuda berhasil menembus garis pertahanan Nepal dan tidak terbalas dengan satu gol pun. dalam jumlah fantastis tersebut dicetak oleh Muhammad Dimas Drajad, Witan Sulaeman (dua gol), Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott dan Marselino Ferdinan secara berurutan.

Tak berhenti di situ, usai Nepal tersungkur di hadapan para pemain Timnas Indonesia, terjadi peningkatan drastis pada ranking FIFA Timnas Indonesia.

Skuad Garuda naik tiga peringkat ke posisi 155 dunia berkat performa pada kualifikasi Piala AFF 2023 di bawah asuhan Shin Tae-Yong.

(Suara.com/Farah Nabila)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak