Bolaindonesia

5 Prestasi Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia, Tak Cuma Antar Lolos ke Piala Asia

Shin Tae-yong telah membuktikan kontribusinya untuk sepak bola Indonesia. Berikut deretan prestasinya bersama skuat Garuda

Irwan Febri Rialdi

Shin Tae-yong saat main drakor. (YouTube/ShootforLove)
Shin Tae-yong saat main drakor. (YouTube/ShootforLove)

Bolatimes.com - Publik sepak bola Indonesia sudah sewajarnya berterima kasih kepada Shin Tae-yong. Berkat pelatih asal Korea Selatan itu, Timnas Indonesia akhirnya tampil di Piala Asia 2023 lagi setelah 15 tahun.

Namun, tak hanya itu, Shin Tae-yong yang didatangkan langsung dari Negeri Ginseng Korea Selatan telah membawa segudang prestasi gemilang bagi skuad kesebelasan Garuda.

Melalui arahan dan bimbingan Shin Tae-Yong, berbagai negara dan kejuaraan disabet oleh Timnas. 

Pelatih asal Gyeongbuk tersebut memiliki strategi bertanding yang efektif dan disukai oleh para pemain pasukan Timnas.

Kakang Rudianto, sosok pemain bertahan Timnas, pun mengaku suka dengan gaya melatih Tae-Yong yang tegas serta disiplin sehingga dapat meningkatankan kualitas timnya.

Lantas, seperti apa buah dari gaya melatih Tae-Yong tersebut dalam berbagai turnamen dan kejuaraan? Berikut deretan prestasi Shin Tae-Yong bersama Timnas.

1. Runner-up AFF 2020

Timnas Indonesia berhasil menghadapi pasukan kesebelasan negara-negara di Asia hingga akhirnya masuk ke final. Bersama Shin Tae-Yong skuad Garuda menghadapi Tim Nasional 'Gajah Putih' dari Thailand yang menunjukkan perlawanan sengit.

Adapun final kejuaraan yang diselenggarakan pada awal tahun 2022 setelah sebelumnya tertunda akibat pandemi menunjukkan persaingan ketat antara Timnas Indonesia kontra Thailand. 

Meski tak mampu membendung serangan dari Thailand dengan agregat 6-2, Timnas Indonesia berhasil mendapat predikat runner-up. 

Sebelum kejuaraan, Shin Tae-Yong menggembleng fisik pasukan timnas sehingga berbuah hasil runner-up. Tak hanya itu, keputusan Tae-Yong untuk memakai taktik yang lebih fleksibel membuat Indonesia dapat menghadapi deretan negara-negara Asia dengan berbagai taktik.

2. Berhasil rebut medali perunggu dari Malaysia di SEA Games 2021

Rapor hijau Tae-Yong juga diisi oleh prestasi berhasil merebut medali perunggu dari Malaysia pada ajang SEA Games 2021. Timnas Garuda yang terdiri atas Marc Klok dan kawan-kawan tersebut harus menghadapi sengitnya pemain tim nasional Malaysia hingga menghadapi adu penalti.

"Jadi seperti yang ditonton, pertandingan kali ini sangat sulit, tapi kami masih bisa dapat kemenangan meski berbau keberuntungan dan menangnya pun lewat adu penalti," kata Shin Tae-yong dalam rilis PSSI.

3. Taklukkan Kuwait 2-1 di Kualifikasi Piala Asia Grup A

Belajar dari ketidakpuasan performa Timnas pada AFF 2020 dan SEA Games 2021, Shin Tae-Yong membenahi strategi bermain Timnas pada babak kualifikasi Piala Asia Grup A. Perubahan taktik tersebut dinilai jitu, dibuktikan dengan performa Timnas saat menghadapi lawan di Grup A yakni Kuwait.

Indonesia berhasil unggul 2-1 berkat arahan Tae-Yong dalam menyusun siasat menaklukan Kuwait. 

Usai gol perdana dicetak oleh Kuwait, Timnas berhasil membalas dengan dua gol balasan yang dicetak oleh Klok dan Irianto.

4. Bantai Nepal 7-0

Usai Kuwait tekuk lutut karena dua serangan bertubi-tubi penyeran kesebelasan Garuda, siasat Tae-Yong berhasil bantu Timnas bantai Nepal dengan skor meyakinkan yakni 7-0.

Setidaknya ada 6 pemain Indonesia yang berhasil menyarangkan bola ke gawang Timnas Nepal. Sementara dua golberhasil dikoleksi Witan Sulaeman dalam laga kualifikasi Piala Asia tersebut. 

Pemain bertahan Indonesia juga patut diapresiasi pada pertandingan tersebut lantaran berhasil membendung serangan Nepal hingga tak mampu mencetak satu gol pun.

5. Loloskan Indonesia ke Piala Asia 2023

Berkat performa di babak Kualifikasi Grup A, Shin Tae-Yong bersama 'anak-anak asuhnya' berhasil lolos ke Piala Asia 2023.

Sebanyak 7 gol dari skuad Garuda berhasil menembus garis pertahanan Nepal dan tidak terbalas dengan satu gol pun. Gol dalam jumlah fantastis tersebut dicetak oleh Muhammad Dimas Drajad, Witan Sulaeman (dua gol), Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott dan Marselino Ferdinan secara berurutan.

Tak berhenti di situ, usai Nepal tersungkur di hadapan para pemain Timnas Indonesia, terjadi peningkatan drastis pada ranking FIFA Timnas Indonesia.

Skuad Garuda naik tiga peringkat ke posisi 155 dunia berkat performa pada kualifikasi Piala AFF 2023 di bawah asuhan Shin Tae-Yong.

(Suara.com/Farah Nabila)

Berita Terkait

Berita Terkini