5 Skenario agar Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Asia 2023

Timnas Indonesia akan memulai petualangannya di Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Kuwait besok, Rabu (8/6/2022).

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 07 Juni 2022 | 21:00 WIB
Tim sepak bola Timnas Indonesia foto bersama saat laga persahabatan FIFA Indonesia melawan Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/6/2022). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz

Tim sepak bola Timnas Indonesia foto bersama saat laga persahabatan FIFA Indonesia melawan Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/6/2022). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz

Bolatimes.com - Berikut ini lima cara atau skenario agar Timnas Indonesia bisa lolos dari fase grup dan tampil di Piala Asia 2023 mendatang. Skuat Garuda akan menghadapi Kuwait di laga perdana, Rabu (8/6/2022) malam WIB.

Di ajang ini, Timnas Indonesia tergabung di grup A bersama Kuwait selaku tuan rumah babak grup, Yordania, dan Nepal.

Melihat calon lawan-lawannya itu, peluang Timnas Indonesia bisa dikatakan tipis. Apalagi, tiket lolos ke Piala Asia 2023 akan dibagikan ke juara grup dan Runner Up grup terbaik.

Baca Juga: Indonesia Masters 2022: Hendra/Ahsan Susah Payah Kalahkan Wakil Denmark

Dari tiga lawannya itu, Timnas Indonesia bisa dikatakan masih kalah secara materi dan pengalaman dari Kuwait dan Yordania yang menjadi langganan Piala Asia.

Meski demikian, peluang Timnas Indonesia untuk lolos dari grup A dan tampil di putaran final Piala Asia 2023 tak sepenuhnya tertutup rapat.

Apalagi jika melihat beberapa skenario agar Timnas Indonesia untuk pertama kalinya bisa tampil di ajang tersebut sejak 2007 silam. Apa saja skenario tersebut? Berikut rangkumannya.

Baca Juga: Pelatih Kuwait Kantongi Kekuatan Timnas Indonesia, Minta Pemain Waspada

1. Mengandalkan Pengalaman Shin Tae-yong

Tak ada guru terbaik selain pengalaman. Di babak Kualifikasi Piala Asia 2023 ini, Timnas Indonesia bisa memanfaatkan pengalaman Shin Tae-yong yang terbilang akrab dengan sepak bola Asia Barat.

Diketahui, Shin Tae-yong kerap berhadapan dengan negara-negara Asia Barat dan mampu meraih kemenangan. Pengalaman ini pun bisa menjadi senjata pada babak kualifikasi nanti.

Baca Juga: Baru Gabung Persis Solo, Gaya Aaron Evans Langsung Dikomentari Kaesang Pangarep

2. Wajib Menang atas Kuwait

Laga perdana akan menjadi penentu laju sebuah tim di laga-laga selanjutnya. Untuk itu, Timnas Indonesia pun harus meraih kemenangan di laga perdana melawan Kuwait.

Dengan meraih kemenangan atas Kuwait, Timnas Indonesia bisa bermain lebih rileks di laga melawan Yordania dan Nepal dengan membutuhkan satu kemenangan saja dari dua laga lanjutan untuk mengunci tiket ke putaran final.

Baca Juga: Jerman vs Inggris: Gareth Southgate Penuh Respek ke Der Panzer

3. Menggunakan Taktik Parkir Bus

Shin Tae-yong nampaknya harus mencoba menghilangkan idealismenya dan berorientasi dengan hasil. Salah satunya membawa Timnas Indonesia memainkan taktik parkir bus.

Dengan memainkan taktik bertahan total ini, Timnas Indonesia punya peluang untuk mencuri gol lewat kecepatan para pemainnya melalui skema serangan balik dan juga menghalau lawan mendapatkan gol di laga nanti.

4. Mengandalkan Pemain Abroad

Sama seperti poin pertama, pengalaman akan dibutuhkan di laga penting seperti Kualifikasi Piala Asia 2023. Sehingga, Timnas Indonesia wajib memaksimalkan peran para pemain Abroad.

Para pemain Abroad ini punya pengalaman yang lebih mumpuni ketimbang pemain yang bermain di kompetisi dalam negeri. Sehingga, para pemain Abroad punya kualitas untuk menjadi Game Changers di babak kualifikasi nanti.

5. Mengandalkan Duet Asnawi-Arhan

Di babak kualifikasi nanti, Timnas Indonesia akan kembali diperkuat duet Full-Back nya yakni Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan.

Kedua pemain ini menjadi fondasi permainan Shin Tae-yong. Apalagi keduanya punya pengalaman apik saat berkarier di luar negeri.

Kehadiran keduanya jelas akan menjadi suntikan tambahan ke permainan Timnas Indonesia yang belakangan menurun sejak salah satu dari keduanya absen.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB
Tampilkan lebih banyak