Beda dengan Pebasket Marquez Bolden, Ini Aturan yang Bikin Proses Naturalisasi Sandy Walsh cs Berjalan Lama

Ini alasan yang bikin naturalisasi pesepak bola lebih lama ketimbang pemain basket.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 07 Juni 2022 | 13:01 WIB
Sandy Walsh dan Jordi Amat mulai latihan bersama timnas Indonesia di Stadion Sidolig, Jumat (27/5/2022) sore WIB. [PSSI]

Sandy Walsh dan Jordi Amat mulai latihan bersama timnas Indonesia di Stadion Sidolig, Jumat (27/5/2022) sore WIB. [PSSI]

Bolatimes.com - Tiga pemain keturunan, Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama sejauh ini proses naturalisasinya masih belum selesai. Alhasil, ketiganya tak bisa membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Sandy Walsh dan Jordi Amat pun mengaku kecewa tak bisa membela timnas Indonesia. Sandy Walsh mengungkapkan bahwa ia sangat kecewa tak bisa bergabung bersama pemain Indonesia di Kuwait.

"Saya kecewa karena setelah menghabiskan waktu bersama tim dan pelatih, saya pikir kami bisa membangun sesuatu yang sangat istimewa," ungkapnya.

Baca Juga: Indonesia Masters 2022, Pebulu Tangkis Denmark Bangga Pakai Batik

Sementara Jordi Amat juga mengutarakan hal serupa. Pemain berdarah Spanyol itu menyebut bahwa dirinya akan selalu siap membela Indonesia jika dokumen yang dibutuhkan telah selesai.

"Sayangnya saya tidak bisa memainkan pertandingan kualifikasi mendatang dengan indonesia," tulis Jordi Amat di akun Instagram dirinya.

Dua pemain ini jelas kecewa, begitu juga dengan publik sepak bola Indonesia yang sangat ingin melihat kemampuan keduanya di lapangan hijau.

Baca Juga: Alasan Indonesia Tak Bisa Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2022

Bisa dibilang proses naturalisasi ketiga pemain ini memang membutuhkan waktu yang cukup panjang. Berkaca pada proses naturalisasi sebelumnya, khusus untuk pesepak bola memang berjalan lama.

Marc Klok misalnya membutuhkan waktu kurang lebih tiga tahun untuk bisa mendapatkan paspor Indonesia. Namun, ada juga proses naturalisasi pesepak bola Indonesia yang terbilang cukup cepat yakni Raphael Maitimo.

Pada 2012, Maitimo mendapat paspor Indonesia meski dengan cara cukup dramatis. Mengutip dari laporan Tempo, proses naturalisasi Maitimo berlangsung dramatis karena pihak PSSI saat itu langsung datang ke Cikeas, kediaman Presiden SBY untuk mendapat tandatangan dari beliau.

Baca Juga: Main Tenang, Chico Aura Dwi Wardoyo Bungkam Wakil Prancis di Indonesia Masters 2022

"Petugas Imigrasi dan pengurus PSSI menghadap Presiden di Cikeas Jumat siang dan Alhamdulillah langsung ditandatangani Bapak Presiden," ujar Direktur Media PSSI, Tommy Rusihan Arief saat itu.

Cepat atau lamanya proses naturalisasi pesepak bola juga dipengaruhi faktor lain di luar administrasi pemerintahan Indonesia.

Aturan Naturalisasi FIFA Lebih Ketat

Baca Juga: Timnas Prancis Tak Pernah Menang di 2 Laga UNL, Didier Deschamps: Fokus Kami ke Piala Dunia

Jika berkaca pada proses naturalisasi pemain basket yang lebih cepat, maka publik tentu bertanya mengapa di sepak bola tidak bisa diterapkan hal sama.

Dua pebasket Lester Prosper dan Marquez Bolden menjalankan proses naturalisasi lebih cepat dibanding pesepak bola, Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Marquez Bolden misalnya pada 2021 menjalankan proses naturalisasi. Juli 2021, ia langsung mengawali proses itu dengan datang ke rapat dengar pendapat bersama Komisi III dan Komisi X DPR RI.

Di tahun yang sama, Bolden dibutuhkan tim Indonesia untuk bertanding di ajang FIBA Asia 2021. Ikut rapat dengar pendapat dengan Komisi III dan Komisi X DPR Ri itu dijalani Bolden dengan mulus.

Ia pun langsung mendapat paspor Indonesia di tahun yang sama. Paspor Indonesia juga diberikan kepada dua pebasket lainnya, Dame Diagne dan Serigne Modou Kane.

Istilah anak zaman sekarang, proses pebasket ini begitu sat set sat set. Lantas mengapa untuk pesepak bola begitu lama?

Yang juga harus menjadi perhatian dari publik ialah, aturan dari FIFA yang bisa jadi batu sandungan untuk pesepak bola naturalisasi. 

Aturan naturalisasi antara FIFA dengan FIBA, sebagai induk bola basket dunia sangat jauh berbeda. Di FIFA, aturan naturalisasi sangat ketat.

Aturan mengenai naturalisasi di FIFA tertuang di Statuta FIFA, Artikel 7. Ada empat aturan ketat di FIFA terkait naturalisasi. Pertama, pemain tersebut lahir di negara yang bersangkutan.

Kedua, salah satu atau kedua orang tua pemain lahir di negara bersangkutan. Ketiga, kakek atau nenek pemain lahir di negara bersangkutan, dan terakhir, pemain telah menetap selama paling tidak 5 tahun berturut-turut negara bersangkutan terhitung sejak ia berusia 18 tahun.

Dari penjelasan poin nomor 4, maka tidak heran jika Marc Klok baru bsia membela Timnas Indonesia di pertandingan resmi FIFA baru-baru ini.

Dari empat aturan ketat itu, FIFA terbaru juga mengubah aturan naturalisasi yakni pemain bisa mengubah kewarganegaraan jika tidak pernah bermain lebih dari 3 kali di pertandingan kompetitif untuk timnas suatu negara.

Aturan ini diperbarui setelah kasus Munir El Haddadi pada 2018 yang memilih untuk membela timnas Maroko, berpindah dari timnas Spanyol.

Selain itu ada juga aturan baru naturalisasi FIFA yang menyebutkan pemain harus berusia di bawah 21 tahun saat membela timnas negara tersebut. Jika pemain berusia di atas 21 tahun saat membela negara tersebut, maka pemain itu tidak diperbolehkan untuk berpindah negara.

Untuk aturan baru ini, PSSI sudah melakukannya saat proses naturalisasi Elkan Baggott. Lantas bagaimana dengan aturan naturalisasi di FIBA?

Di FIBA hanya dijelaskan bahwa pemain yang bersangkutan harus sudah melewati proses naturalisasi yang dianggap sah oleh negara bersangkutan.

Dengan aturan ini maka tak heran jika Marquez Bolden bisa membela tim basket Indonesia bahkan sukses mempersembahkan medali emas SEA Games 2021.

(Galih Prasetyo)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak