3 Pemain Naturalisasi yang Perkuat Timnas Indonesia di SEA Games, Satu Jadi Mualaf

Dalam sejarahnya, hanya ada tiga pemain naturalisasi yang pernah perkuat Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Sabtu, 30 April 2022 | 16:00 WIB
Marc Klok saat membela Timnas Indonesia U-23 lawan Andong University. (Instagram/PSSI)

Marc Klok saat membela Timnas Indonesia U-23 lawan Andong University. (Instagram/PSSI)

Bolatimes.com - Berikut ini tiga pemain naturalisasi yang memperkuat Timnas Indonesia di pesta olahraga terakbar se Asia Tenggara, SEA Games.

Dalam waktu dekat Timnas Indonesia akan kembali beraksi di ajang dua tahunan yakni SEA Games 2021 di Vietnam pada Mei mendatang.

Di ajang ini, Timnas Indonesia akan memainkan pemain U-23 yang akan ditambah oleh tiga pemain senior, sesuai aturan dari SEA Games sendiri.

Baca Juga: Emma Raducanu Taklukkan Tantangan Pertama di Madrid Open 2022

Juru taktik Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong telah memanggil 29 nama yang nantinya akan dipersempit menjadi 20 nama saja untuk ajang ini.

Para pemain terbaik dari seluruh penjuru negeri pun dipanggil oleh juru taktik asal Korea Selatan itu demi membawa Timnas Indonesia mengakhiri puasa medali emas.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia terakhir kali merasakan medali emas pada tahun 1991 atau lebih dari 30 tahun silam.

Baca Juga: Viral Momen Jonatan Christie Beri Perhatian ke Loh Kean Yew, Netizen: Penuh Senyum

Tak hanya memanggil seluruh putra terbaik dari seluruh penjuru negeri, Shin Tae-yong juga memanggil pemain naturalisasi untuk berlaga di ajang ini.

Fenomena hadirnya pemain naturalisasi di kubu Timnas Indonesia pada SEA Games pun bukanlah barang baru. Tercatat, tim Merah Putih dulunya juga pernah dibela oleh pemain naturalisasi.

Lantas, siapa saja pemain naturalisasi yang memperkuat Timnas Indonesia di ajang SEA Games? Berikut daftarnya.

Baca Juga: Link Live Streaming Semifinal Kejuaraan Asia 2022, Ada Dua Derbi Merah Putih

1. Diego Michiels

Diego Michiels. (Sumber: Instagram/@diegomichiels24).
Diego Michiels. (Sumber: Instagram/@diegomichiels24).

Diego Michiels merupakan pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang berhasil mendapatkan paspor pada tahun 2011 silam atau saat usianya 21 tahun.

Pemain yang berposisi sebagai Full-Back itu dinaturalisasi mengingat dirinya merupakan warga negara Belanda. Ia memiliki darah Indonesia dari sang ayah, Robbie Michiels.

Baca Juga: Jelang SEA Games 2021, Timnas Malaysia U-23 Dipecundangi Timor Leste 1-2

Pasca dinaturalisasi, Diego Michiels langsung unjuk gigi bersama Timnas Indonesia di ajang SEA Games 2011 yang berlangsung di Indonesia.

Tak cukup sekali, pemain yang menjadi mualaf ini juga kembali memperkuat Timnas Indonesia di SEA Games 2013 yang berlangsung di Myanmar.

2. Ezra Walian

Striker Timnas Indonesia Ezra Walian (kiri) berebut bola dengan pemain Afghanistan pada laga persahabatan internasional FIFA di Stadion Gloria, Antalya, Turki, Selasa (16/11/2021). (Antara /Michael Siahaan/aa)
Striker Timnas Indonesia Ezra Walian (kiri) berebut bola dengan pemain Afghanistan pada laga persahabatan internasional FIFA di Stadion Gloria, Antalya, Turki, Selasa (16/11/2021). (Antara /Michael Siahaan/aa)

Ezra Walian merupakan pemain berkewarganegaraan Belanda lainnya yang juga pernah tampil bagi Timnas Indonesia di ajang SEA Games.

Pemain yang kini berusia 24 tahun tersebut dipercaya masuk skuat Timnas Indonesia untuk SEA Games 2017 yang berlangsung di Malaysia.

Ezra sendiri dibebani ekspektasi kala dinaturalisasi, mengingat dirinya merupakan penyerang jebolan akademi top milik Ajax Amsterdam.

Proses naturalisasinya pun cukup menuai polemik. Ezra sempat dilarang tampil membela Timnas Indonesia karena naturalisasinya dianggap belum legal secara hukum.

3. Marc Klok

Gelandang Timnas Indonesia, Marc Klok. (Instagram/@pssi)
Gelandang Timnas Indonesia, Marc Klok. (Instagram/@pssi)

Nama Marc Klok menjadi nama yang paling dinanti-nanti pendukung Timnas Indonesia untuk berseragam Merah Putih di pentas internasional.

Kesempatan itu pun akan tiba dalam waktu dekat, mengingat dirinya merupakan salah satu pemain senior yang dipanggil Shin Tae-yong untuk SEA Games 2021 di Vietnam.

Marc Klok diyakini akan menjadi pemain senior yang terpilih masuk dalam 20 nama yang akan dibawa ke SEA Games 2021 oleh Shin Tae-yong.

Pemain yang kini berusia 29 tahun itu sejatinya telah lama ingin membela Timnas Indonesia. Namun, proses naturalisasinya terhambat karena ia tak bisa membuktikan garis keturunan yang ia miliki.

Alhasil, ia baru bisa bermain bagi Timnas Indonesia per April 2022, atau tepat lima tahun sejak kedatangannya ke Indonesia.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak