Bolaindonesia

3 Alasan Pratama Arhan Lebih Cocok ke Korea Dibanding Eropa Timur

Jangan ke Eropa Timur, Pratama Arhan.

Irwan Febri Rialdi

Selebrasi Pratama Arhan usai mencetak gol ke gawang Malaysia di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)
Selebrasi Pratama Arhan usai mencetak gol ke gawang Malaysia di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Masa depan Pratama Arhan belakangan ini jadi perbincangan, dia dikabarkan menjadi incaran dari klub-klub luar negeri.

Kabar paling kencang menyebutkan bahwa Arhan diincar oleh klub Korea Selatan, ada pula yang menyebut Arhan bisa bermain di Eropa sesuai mimpinya selama ini.

Baik di Eropa maupun di Korea, Arhan punya rekan yang sudah menjadi contoh. Asnawi Mangkualam lebih dulu berkarier di Korea Selatan, lalu di Eropa ada Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, hingga Elkan Baggott.

Arhan sendiri mengaku berminat untuk bermain di luar negeri, kemudian PSIS Semarang selaku pemilik Arhan saat ini juga menyebut siap menukung Arhan berkarier di luar negeri.

Jadi, dimana sebaiknya Pratama Arhan melanjutkan kariernya? Berikut Bolatimes sudah merangkum alasan Pratama Arhan lebih cocok bermain di Korea Selatan, daripada di Eropa Timur seperti Egy dan Witan.

1. Fisik dan Gaya Bermain

Faktor pertama yang membuat Arhan lebih cocok bermain di Korea Selatan adalah gaya bermain yang lebih mendukung Arhan. Pasalnya, Eropa Timur cenderung mengandalkan fisik yang kuat.

Hal ini besar kemungkinan bakal menyulitkan Arhan yang berposisi sebagai bek sayap. Sementara di Korea Selatan, Arhan akan bisa bersaing dengan kecepatan yang dia miliki.

Asnawi bisa menjadi contoh bagaimana pemain Indonesia mampu bersaing untuk menjadi pemain utama di tim.

2. Cuaca dan Adaptasi

Cuaca bisa menjadi faktor yang cukup berpengaruh buat Pratama Arhan. Di Eropa Timur yang cenderung lebih dingin, adaptasi yang harus dilakukan akan cukup sulit dan memakan waktu lebih lama.

Sementara di Korea Selatan yang notabene masih berada di Asia seperti Indonesia, tidak akan menghadirkan perbedaan cuaca yang terlalu ekstrim buat Pratama Arhan jika nanti berkarier di sana.

3. Faktor Shin Tae-yong

Faktor terakhir yang membuat Pratama Arhan lebih cocok bermain di Korea Selatan adalah hadirnya Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Saran dan masukan dari Shin Tae-yong sebagai sosok yang sangat mengenal sepak bola Korea Selatan akan akan sangat bermanfaat buat Arhan jika nanti berkarier di Negeri Gingseng.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini