Bolaindonesia

Profil Roma CF, Klub Baru Pemain Timnas Shalika Aurelia di Italia

Shalika Aurelia resmi bergabung klub Eropa

Irwan Febri Rialdi

Pesepak bola wanita, Shalika Aurelia. (Instagram/@shalika.aurelia)
Pesepak bola wanita, Shalika Aurelia. (Instagram/@shalika.aurelia)

Bolatimes.com - Sejarah dicatatkan oleh pesepak bola putri Indonesia, Shalika Aurelia, yang bergabung dengan klub asal Italia, Roma Calcio Femminile (CF).

Kabar mengenai transfer ini diumumkan sendiri oleh Shalika melalui akun Instagram resminya @shailka.aurelia pada Sabtu (8/1/2022).

Shalika terlihat mengunggah foto dirinya sedang memegang jersey Roma CF yang berwarna oranye kemerahan. Ini jelas membanggakan karena Shalika menjadi pesepak bola putri pertama Indonesia yang menembus panggung Eropa.

Meski Roma CF bukan bagian atau tim putri dari AS Roma dan bermain di Seri B Women Italia, capaian dari Shilka jelas sebuah sejarah yang sangat penting untuk sepak bola putri Tanah Air.

Shalika sendiri merupakan bagian dari Timnas Putri Indonesia, pemain berusia 19 tahun itu pun bakal membela Indonesia pada ajang Piala Asia Putri 2022 di India Januari ini.

Lantas, bagaimana sejarah dari klub Roma Calcio Femminile yang merupakan klub baru dari Shalika Aurelia?

Profil Roma CF

Sejarah panjang ternyata dimiliki oleh Roma CF, mereka sudah berdiri sejak 1965 dan merupakan salah satu klub sepak bola putri tertua di Italia.

Klub ini didirikan oleh seorang profesor bernama Mira Rosa Bellei yang dalam proses terbentuknya mendapat dukungan dari presiden AS Roma saat itu, Franco Evangelisti.

Meski tak punya ikatan langsung dengan AS Roma, tetapi Il Lupi punya jasa besar dalam masa-masa awal terbentuknya Roma CF dengan menyediakan semua kebutuhan klub.

AS Roma sendiri akhirnya baru mendirikan klub putri sendiri pada 2018 lalu dengan nama Roma Femminile.

Kembali ke Roma CF, mereka mengawali 2 tahun perjalanan awal dengan hanya mengikuti laga-laga uji coba. Roma CF akhirnya bergabung dengan Serie A peremuan edisi pertama pada 1968.

Roma CF langsung berprestasi dengan menjuarai Serie A Women satu tahun setelahnya. Roma CF juga berhasil menjuarai trofi Coppa Italia Perempuan (Calcio Femminile) pada 1972.

Penampilan Roma CF di periode berikutnya tak terlalu mengesankan. Mereka gagal gagal mengulangi prestasi serupa di Serie A dan CAlcio Femminile.

Roma CF bahkan sempat terdegradasi ke Serie B pada 1987 dan ke Serie C pada 1998-2001. Roma CF memang mampu promosi lagi ke Serie A pada 2008, namun kembali degradasi ke Serie B pada 2013 dan masih tertahan di sana hingga saat ini.

Di Serie B Women musim ini, Roma CF pun terlihat kesulitan dengan hanya menempati posisi ke-12 dari 14 tim.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini