Bolaindonesia

3 Alasan Timnas Indonesia Tak Boleh Remehkan Bangladesh

Meski unggul secara ranking, Indonesia pantang meremehkan Bangladesh.

Rauhanda Riyantama

Selebrasi pemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam, Egy Maulana dan Witan Sulaiman saat melawan Singapura. [AP]
Selebrasi pemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam, Egy Maulana dan Witan Sulaiman saat melawan Singapura. [AP]

Bolatimes.com - Timnas Indonesia dipastikan bakal menghadapi Bangladesh pada pertandingan persahabatan di akhir Januari 2022.

Pertandingan persahabatan ini masuk ke dalam rangkaian FIFA Matchday sehingga akan menjadi penting buat Indonesia untuk meraih poin demi mendongkrak posisi di rangking FIFA.

Kepastian laga uji tanding ini disampaikan oleh Sekjen PSSI, Yunus Nusi, tetapi federasi belum mengeluarkan jadwal pasti menyoal pertandingan ini.

Meski begitu, laga persahabatan antara Timnas Indonesia vs Bangladesh kemungkinan besar berlangsung antara 24-31 Januari 2022 sesuai jadwal jeda internasional.

Untuk venue pertandingan PSSI pun sudah memastikan laga antara Indonesia melawan Bangladesh bakal berlangsung di Bali.

Secara rangking FIFA, Indonesia unggul cukup jauh dari calon lawannya. Bangladesh menempati peringkat 186. Akan tetapi, Timnas Indonesia tetap harus mewaspadai Bangladesh.

1. Faktor Pelatih Baru

Kekuatan Bangladesh harus diwaspadai karena mereka baru saja mendatangkan pelatih anyar. Adalah pelatih asal Portugal, Mario Lemos, yang didapuk sebagai juru taktik tim nasional Bangladesh pada 23 Oktober lalu.

Mantan pelatih Negeri Sembilan di Malaysia itu sudah mendampingi Bangladesh dalam 3 pertandingan dengan hasil masing-masing 1 kali kalah, imbang, dan menang.

2. Buta Akan Kekuatan Tim

Meski secara statistik pertemuan Indonesia unggul telak atas Bangladesh dengan meraih 4 kemenangan dan masing-masing sekali imbang dan kalah, tim arahan Shin Tae-yong tetap tak boleh meremehkan lawannya.

Pasalnya, terakhir kali Indonesia bertemu dengan Bangladesh hadir pada November 2008 silam di laga persahabatan.

Oleh karena itu, Timnas Indonesia bisa dibilang cukup buta dengan kekuatan calon lawannya nanti.

3. Indonesia Tak Akan Tampil dengan Kekuatan Penuh

Salah satu faktor lain yang membuat Timnas Indonesia tak boleh meremehkan Bangladesh adalah faktor tidak dipanggilnya pemain-pemain andalan yang kini merumput di luar negeri.

Hal ini sudah dipastikan oleh Shin Tae-yong bahwa pemain-pemain seperti Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, hingga Elkan Baggott akan absen di jeda internasional mendatang.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini