Bolaindonesia

3 Alasan Timnas Indonesia Bisa Kalahkan Bangladesh

Indonesia dijadwalkan melawan Bangladesh di FIFA Matchday.

Rauhanda Riyantama

Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Rachmat Irianto, usai menjebol gawang Kamboja di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)
Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Rachmat Irianto, usai menjebol gawang Kamboja di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Bolatimes.com - Bangladesh akan menjadi lawan Timnas Indonesia pada pertandingan internasional FIFA Matchday yang tersaji pada akhir Januari mendatang.

Jika melihat beberapa catatan yang ada, timnas Indonesia tentu tak akan kesulitan untuk mengalahkan timnas Bangladesh.

Apalagi, kemenangan pada laga FIFA Matchday ini sangat penting untuk mendongkrak posisi timnas Indonesia di peringkat FIFA.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan timnas Indonesia bisa mengalahkan Bangladesh pada laga FIFA Matchday.

1. Kekuatan di Bawah Indonesia

Salah satu ukuran yang bisa menjadi patokan untuk mengetahui peta kekuatan timnas Bangladesh ialah posisi mereka di ranking FIFA.

Saat ini, timnas Bangladesh berada di urutan ke-186. Posisi ini masih berada jauh di bawah timnas Indonesia yang berada di peringkat 164.

Dengan demikian, posisi Bangladesh dan Indonesia di ranking FIFA saat ini masih terpaut jarak 22 strip.

2. Performa Buruk Bangladesh di 2021

Sepanjang tahun 2021, Bangladesh memiliki catatan performa yang bisa dibilang jauh dari kata memuaskan.

Sebab, dari sembilan pertandingan yang tersaji di berbagai ajang, Bangladesh hanya mampu meraih satu kemenangan, tiga imbang, dan lima laga lainnya diakhiri dengan kekalahan.

Pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, misalnya, mereka kalah dua kali saat berjumpa India (0-2) dan Oman (0-3), sedangkan duel melawan Afghanistan berakhir imbang 1-1.

Setelah itu, Bangladesh dua kali menelan kekalahan beruntun saat menghadapi Palestina (0-2) dan Kirgizstan (1-4) pada laga uji coba internasional.

Sementara itu, pada Desember 2021, performa Bangladesh juga belum cukup memusatkan pada turnamen antar negara Asia Selatan (SAFF).

Sebab, mereka hanya mampu sekali menang, yakni atas Sri Lanka (1-0). Dua laga lain berakhir seri saat jumpa India (1-1) dan Nepal (1-1), dan tumbang 0-2 dari Maladewa.

3. Penampilan Solid di Piala AFF 2020

Selain dari kekuatan Bangladesh, aspek timnas Indonesia sendiri juga bisa menjadi keunggulan menjelang pertandingan ini.

Skuad Merah Putih punya modal berharga karena mampu menjadi finalis Piala AFF 2020 beberapa waktu lalu.

Hal ini bisa menjadi catatan tersendiri karena timnas Indonesia mulai mengalami peningkatan performa sejak berada di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong.

Tentu, ajang FIFA Matchday yang akan tersaji pada akhir bulan ini bisa kembali menjadi momen penting bagi skuad Garuda, terutama untuk memperbaiki peringkat FIFA.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini