Profil Baihakki Khaizan, Legenda Singapura yang Puji Selangit Pratama Arhan

Baihakki Khaizan sempat bergabung ke Persija.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Senin, 03 Januari 2022 | 16:04 WIB
Profil Baihakki Khaizan, eks pemain Timnas Singapura. (Instagram/@i.am.baihakki)

Profil Baihakki Khaizan, eks pemain Timnas Singapura. (Instagram/@i.am.baihakki)

Bolatimes.com - Penampilan apik bek kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan di Piala AFF 2020 menuai sanjungan dari legenda sepak bola Singapura dan Asia Tenggara, Baihakki Khaizan.

Pratama Arhan mampu menjadi pemain yang paling mencuri perhatian sepanjang perhelatan Piala AFF 2020. Ia menjadi aktor utama di balik keberhasilan Timnas Indonesia melangkah hingga ke babak final.

Pemain berusia 20 tahun ini selalu menjadi andalan dan mampu melesakkan dua gol serta dua assist. Dua gol ini pun bukanlah gol biasa.

Baca Juga: Teka-teki Nasib Egy Maulana Vikri dan Asnawi Mangkualam usai Piala AFF 2020

Dua gol itu dicetaknya di laga penentu yakni kala Timnas Indonesia melawan Malaysia di laga terakhir grup B dan semifinal leg kedua kala melawan Singapura.

Karena penampilannya tersebut, Pratama Arhan mendapat predikat sebagai pemain muda terbaik Piala AFF 2020.

Tak hanya mendapat penghargaan itu, sanjungan atau pujian juga mengalir untuknya. Salah satunya dari Baihakki Khaizan, legenda sepak bola Singapura.

Baca Juga: 5 Pemain yang Patut Dipertahankan Persis Solo untuk Arungi Liga 1

Baihakki Khaizan melayangkan pujian itu melalui cuitannya di media sosial Twitter, di mana ia menyebut Pratama Arhan akan menjadi pemain berkelas di Asia.

Profil Baihakki Khaizan, eks pemain Timnas Singapura. (Instagram/@i.am.baihakki)
Profil Baihakki Khaizan, eks pemain Timnas Singapura. (Instagram/@i.am.baihakki)

Mantan palang pintu tim nasional Singapura ini juga memberikan tips agar Pratama Arhan menjaga kariernya dengan baik dan bermain di luar negeri untuk meningkatkan kemampuannya.

Lantas, siapakah sosok Baihakki Khaizan tersebut?

Baca Juga: Profil Tan Cheng Hoe, Pelatih Malaysia yang Mundur usai Piala AFF 2020

Baihakki Khaizan, Bek Jangkung Singapura yang Jatuh Cinta dengan Persija

Baihakki Khaizan merupakan pesepak bola profesional dari Singapura yang lahir pada 31 Januari 1984 silam. Hingga saat ini di usia 37 tahun, dirinya masih aktif bermain di level tertinggi.

Baihakki Khaizan merupakan salah satu pemain yang ada di angkatan pertama National Football Academy, klub bikinan federasi sepak bola Singapura, bersama  Hasan Sunny, Khairul Amri, dan Shahril Ishak.

Baca Juga: Pose seperti Ingin Mukul Dedik Setiawan, Shin Tae-yong Disorot Netizen

Karier profesional Baihakki Khaizan sendiri bermula di Singapura di mana ia bermain untuk Young Lions dan Geylang United di awal-awal kariernya.

Baihakki Khaizan dicap sebagai salah satu bek terbaik Singapura karena penampilannya yang kuat dalam duel udara dan juga andal membaca permainan.

Setelah bermain di Singapura bersama Geylang United hingga 2009, Baihakki Khaizan mendapat pinangan dari klub papan atas Indonesia, Persija Jakarta.

Pada 2009 ia pun resmi bergabung dengan Macan Kemayoran di mana ia bermain hanya selama satu musim saja untuk Persija.

Meski hanya bermain satu musim di Persija, Baihakki Khaizan mengaku dirinya jatuh cinta dengan klub asal ibu kota tersebut.

“Walau saya hampir 10 tahun meninggalkan Persija, saya masih ingat banyak peristiwa penting bersama tim dan The Jakmania,” ujar Baihakki Khaizan dikutip dari YouTube Persija.

“Persija adalah tim luar Singapura pertama yang saya bela. Jadi segala yang pertama itu akan saya ingat dan saya sukai,” terusnya.

Usai membela Persija, Baihakki Khaizan mengambil langkah kontroversial dengan bergabung rival abadi Macan Kemayoran, Persib Bandung.

Meski bergabung rival, Baihakki Khaizan mengakui ia tak mendapat kecaman atau intimidasi dari pendukung Persija.

Sama seperti di Persija, Baihakki Khaizan hanya bermain semusim saja untuk Persib. Setelahnya, pada 2011 ia bergabung Medan Chiefs hingga 2012.

Kompetisi Tanah Air yang carut marut lantas membuat Baihakki Khaizan pulang kampung ke Singapura pada 2012 dan berpetualang setelahnya. Sejak saat itu, ia tak pernah kembali ke Indonesia.

Tercatat, Baihakki pernah membela Lions XII (Singapura), Johor Darul Ta’zim (Malaysia), Warriors (Singapura), Muangthong United, Udon Thani, Trat, PT Prachuap (Thailand), dan kini berseragam Tampines Rovers (Singapura).

Karier Baihakki Khaizan yang menjadi perbincangan justru kala ia membela tim nasional Singapura. Ia mampu membawa tim berjuluk The Lions ini juara Piala AFF sebanyak tiga kali.

Baihakki Khaizan mampu membawa Singapura juara Piala AFF masing-masing pada tahun 2004, tahun 2007 dan tahun 2012.

Bersama tim nasional Singapura, Baihakki Khaizan telah tampil sebanyak 140 kali, hanya terpaut lima laga saja di belakang Daniel Bennett (145 caps) selaku penampil terbanyak The Lions.

Dalam jumlah penampilan tersebut, Baihakki Khaizan mampu mencetak lima gol, di mana salah satu golnya dicetak ke gawang Timnas Indonesia pada 2008.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak