Comeback Dramatis, Momen Indonesia Kalahkan Malaysia di Piala AFF 2004

Momen Indonesia kalahkan Malaysia sehingga lolos ke final Piala AFF 2004 yang kala itu masih bernama Piala Tiger.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Minggu, 19 Desember 2021 | 11:45 WIB
Tensi tinggi pertandingan Timnas Indonesia melawan Malaysia di semifinal Piala AFF 2004. (Youtube)

Tensi tinggi pertandingan Timnas Indonesia melawan Malaysia di semifinal Piala AFF 2004. (Youtube)

Bolatimes.com - Rivalitas antara Timnas Indonesia dan Malaysia kerap menghadirkan laga dengan tensi dan instensitas tinggi di pertandingan apapun, termasuk Piala AFF.

Di edisi Piala AFF 2020, Indonesia dan Malaysia tergabung di Grup B. Kedua tim dijadwalkan bertemu pada Minggu (19/12/2021) pukul 19:30 malam WIB.

Partai ini menjadi sangat penting buat kedua tim karena menjadi penentuan lolos atau tidaknya mereka ke babak semifinal.

Baca Juga: Cuma Main 56 Menit Saat Bela FK Senica, Egy Kejar Pesawat ke Singapura?

Indonesia sementara ini berada di puncak klasemen Grup B dengan koleksi 7 poin, sedangkan Malaysia ada di posisi ketiga dengan 6 poin. Seperti yang diketahui, hanya dua tim dari masing-masing grup yang berhak ke semifinal.

Malaysia wajib meraih kemenangan untuk bisa lolos ke semifinal, sedangkan Indonesia hanya perlu meraih imbang sebagai hasil minimal untuk menjejakkan kaki di semifinal.

Secara hitung-hitungan di atas kertas, Indonesia dan Malaysia punya head-to-head yang berimbang. Dalam 12 pertemuan terakhir sejak 2004, Indonesia dan Malaysia sama-sama meraih 5 kemenangan dan 2 kali imbang.

Baca Juga: Hadapi Malaysia, Shin Tae-yong Pastikan Elkan Main dan Egy Masih Absen

Salah satu kemenangan Indonesia atas Malaysia yang paling ikonik adalah saat tim 'Merah Putih' melakukan comeback spektakuler di ajang Piala AFF 2004 atau saat itu masih bernama Piala Tiger.

 

Baca Juga: Tan Cheng Hoe Tegaskan Malaysia akan Main Menyerang Lawan Indonesia

Pertandingan yang berlangsung pada 3 Januari 2005 di Stadion Nasional Bukit Jalil tersebut merupakan leg kedua semifinal Piala AFF 2004.

Indonesia datang dengan beban kekalahan 1-2 pada leg pertama di Stadion Gelora Bung Karno pada 28 Desember 2004.

Semakin berat tugas Indonesia karena 28 menit baru berjalan di leg kedua semifinal, Malaysia justru mampu unggul 1-0 sehingga agregat menjadi 3-1 untuk keunggulan 'Harimau Malay'.

Baca Juga: Jadwal Piala AFF 2020 Hari Ini: Duel Hidup Mati Malaysia vs Indonesia

Keunggulan Malaysia dengan agregat 3-1 itu masih terjaga hingga laga tersisa 30  menit lagi di babak kedua. Timnas Indonesia artinya hanya punya kurang dari 30 menit untuk mencetak 3 gol sebagai syarat lolos ke final.

Keajaiban itu dimulai pada menit ke-59 saat Kurniawan Dwi Yualianto yang masuk sebagai pemain pengganti, mencetak gol pertama Indonesia sehingga agregat menjadi 2-3.

Indonesia mampu menambah gol di menit ke-74 lewat sundulan Charis Yulianto yang membuat Indonesia unggul 2-1 dan secara agregat imbang 3-3.

Indonesia lantas mampu membalikkan agregat saat menciptakan keunggulan 3-1 lewat gol Ilham Jaya Kesuma. Kemudian Boaz Solossa menyempurnakan comeback Indonesia lewat golnya di menit 84.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia menyingkirkan Malaysia di semifinal Piala AFF 2004 dengan agregat 5-3.

Meski pada akhirnya harus mengakui keunggulan Singapura di partai final, laga melawan Malaysia di semifinal Piala AFF 2004 menjadi salah satu momen terbaik Indonesia vs Malaysia.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak