Bolaindonesia

Merasa Terhina, Wasit-wasit Liga 1 akan Somasi Mata Najwa

Wasit-wasit Liga 1 merasa terhina dengan Mr Y yang jadi narasumber di Mata Najwa

Irwan Febri Rialdi

Mata Najwa, PSSI Bisa Apa Jilid 6: Lagi-Lagi Begini. (YouTube/MataNajwa)
Mata Najwa, PSSI Bisa Apa Jilid 6: Lagi-Lagi Begini. (YouTube/MataNajwa)

Bolatimes.com - Wasit-wasit Liga 1 dilaporkan akan melakukan somasi terhadap Mata Najwa yang menghadirkan sosok Mr Y sebagai narasumber yang mengaku telah mengatur jalannya beberapa pertandingan.

Akibat pernyataan tersebut, wasit-wasit Liga 1 merasa tercoreng oleh pengakuan Mr Y. Padahal, dari penelusuran tidak ada perangkat pertandingan di Liga 1 hadir atau dihubungi pihak Mata Najwa datang sebagai narasumber.

Apalagi, temuan terbaru PSSI menduga sosok Mr Y fiktif. Sebab, ada asisten wasit dari Liga 2 menceritakan kepada PSSI telah dihubungi Bambang Suryo untuk mengaku sebagai wasit di Liga 1 'bermain' di beberapa pertandingan dalam acara Mata Najwa.

Namun, asisten wasit Liga 2 itu menolak permintaan tersebut sehingga muncul dugaan Bambang Suryo mencari sosok lain untuk hadir di Mata Najwa.

Belum lama ini, PSSI juga telah melakukan pertemuan dengan seluruh perangkat pertandingan BRI Liga 1. Kesempatan itu dimanfaatkan PSSI untuk mencari kebenaran sosok Mr Y.

Oleh karena itulah wasit-wasit ingin somasi Mata Najwa untuk mengungkap siapa sosok Mr Y. Sebab, di antara mereka semua tidak ada yang merasa dan mengaku hadir serta dihubungi sebagai narasumber.

"Wasit harus punya integritas dan kejujuran, kalau tidak saya pastikan kariernya akan mati. Di depan notaris dan di atas materai wasit akan melakukan somasi ke Mata Najwa karena tidak ada yang merasa dihubungi," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat memberikan keterangan pers, Selasa (23/11/2021).

"Siapa itu Mr Y? Serahkan saja. Bisa diarahkan langsung ke kepolisian. Bantu dong, jangan diumpetin. Katanya nggak percaya karena takut hilang, serahkan ke polisi saja. Wasit Liga 1 sakit lah hatinya, makanya kami kumpul dan menuntut mereka."

"Tidak pernah dari 84 ini (jumlah wasit dan asisten wasit) ke sana (Mata Najwa) atau dihubungi. Mereka terhina loh, tertuduh karena ini," katanya lagi.

Lebih lanjut, PSSI punya bukti bahwa Mr Y sebagai orang suruhan Bambang Suryo. PSSI juga heran mengapa Mata Najwa memakai Bambang Suryo sebagai narasumber, padahal bermasalah.

"Preman juga si BS (Bambang Suryo) ini. Ada di saya rekamannya dan tidak terlibat pengaturan skor. Apa motifnya dia ke Mata Najwa, kita tahu lah," ungkap Iriawan.

"Kok begini ya BS ke PSSI yang mau mengelola serius tapi malah dirusak. Jangan lah, Saya tidak datang karena sudah di-setting semuanya demi mengejar rating, dia untung tapi kami yang rugi. Saling menghargai harusnya," pungkasnya.

Sekedar informasi, Bambang Suryo telah dilaporkan oleh Asprov PSSI Jatim ke Polda Jatim atas kasus dugaan suap di Liga 3 2021 zona Jawa Timur.

Bambang Suryo juga dalam status terhukum oleh PSSI tak bisa beraktivitas dalam sepakbola seumur hidup karena pengaturan skor pada 2018.

(Suara.com)

Berita Terkait

Berita Terkini