5 Klub Sepak Bola Eropa Milik Pengusaha Timur Tengah, Tak Semua Berjaya

Berikut ini adalah klub-klub Eropa kaya berkat pemilik dari Timur Tengah. Namun, tak semua jor-joran dan meraih prestasi

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 13 Oktober 2021 | 07:00 WIB
Manchester City pertahankan gelar Liga Primer Inggris 2018/2019. [GLYN KIRK / AFP]

Manchester City pertahankan gelar Liga Primer Inggris 2018/2019. [GLYN KIRK / AFP]

Bolatimes.com - Sepak bola modern telah mengubah sistem industri olahraga ini. Kini sepak bola dianggap sebagai salah satu wadah untuk berinvestasi oleh para pengusaha, khususnya di Timur Tengah.

Ada beberapa alasan pengusaha Timur Tengah berinvestasi dengan membeli sebuah klub sepak bola. Mereka ingin melebarkan usaha di luar bisnis yang biasanya berfokus pada minyak.

Industri olahraga dewasa ini dinilai menjadi lahan investasi yang menggiurkan. Lantas,klub Eropa mana saja yang dimiliki oleh pengusaha Timur Tengah? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi Piala Dunia Semalam: Inggris Imbang, Portugal Pesta 5-0

1. Paris Saint-Germain

PSG didirikan pertama kali pada 1970 oleh pengusaha asal Prancis bernama Guy Crescent bersama rekannya, Pierre-Étienne Guyot, dengan nama Paris Football Club. Kemudian mereka merger dengan klub milik Henri Patrelle, Stade Saint-Germain, sehingga berubah nama menjadi Paris Saint-Germain.

Sempat berjaya di awal 2000an, PSG mengalami krisis di pertengahan tahun 2000. Beruntung, PSG diakuisisi oleh  Qatar Sports Investments (QSI) yang dipimpin oleh Nasser Al-Khelaifi pada 2011. Sejak saat itu, PSG mendominasi di kancah domestik dan bisa bersaing di Eropa karena banyak pemain bintang didatangkan maca Neymar, Kylian Mbappe, hingga Lionel Messi.

2. Manchester City

Sama seperti PSG, Manchester City yang berdiri sejak 1894 ini bukan klub papan atas di Liga Inggris. Namun, nasib mereka berubah setelah  Abu Dhabi United Group yang dipimpin Sheikh Mansour membeli Manchester City pada 2008.

Baca Juga: Geger Ibu Hamil Jadi Atlet Pencak Silat di PON Papua, Bikin Cemas Warganet

Sejak dibeli oleh konglomerat asal Timur Tengah itu, City menjelma klub kuat di Liga Inggris dan Eropa dengan banyaknya pemain bintang didatangkan.

3. Malaga

Beralih ke Liga Spanyol, pada 2010 Malaga diakuisisi oleh seorang anggota keluarga kerajaan Qatar, Sheikh Abdullah Al Thani. Sejak saat itu, Malaga mulai tampil lebih baik.

Baca Juga: 9 Anak Artis yang Pilih Jadi Atlet, Prestasinya Mencengangkan!

Namun, Malaga mengalami penurunan performa sejak beberapa musim terakhir dan kini bermain di Segunda Division, atau divisi kedua dalam piramida sepak bola Spanyol. Hal ini juga disebabkan karena Sheikh Abdullah belum banyak memberikan investasi.

4. Everton

Sebagai klub yang cukup berjaya di Inggris pada era 80an, Everton mulai kehilangan tajinya seiring perkembangan zaman. Akhirnya pada 2016, miliarder asal Iran, Farhad Moshiri, membeli 49,9% saham Everton.

Baca Juga: Ngeri! Viral Atlet Gantole PON Papua Nyangkut di Genting Rumah Warga

Dalam beberapa musim terakhir Everton cukup getol merombak tim, seperti mendatangkan Carlo Ancelotti dan sederet pemain berkualitas. Namun, Everton belum juga bisa meraih prestasi apik.

5. Newcastle United

Newcastle menjadi klub Liga Inggris paling anyar yang dimiliki oleh pengusaha atau konglomerat asal Timur Tengah. Pada Kamis (7/10/2021) lalu, Newcastle resmi diakuisisi oleh Konsorsium Arab Saudi.

Konsorsium itu melibatkan Public Investment Fund atau Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi yang dipimpin oleh Mohammed bin Salman, PCP Capital Partners, dan Reuben Bersaudara. Dikabarkan nilai akuisisi Newcastle mencapai 300 juta poundsterling.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak