Danny Guthrie, Eks Pemain Newcastle yang Pernah Berkarier di Liga Indonesia

Selama di Liga Indonesia, Danny Guthrie tampil sebanyak 30 pertandingan dengan catatan dua gol dan dua assist

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Jum'at, 08 Oktober 2021 | 10:42 WIB
Danny Guthrie ketika masih berseragam Newcastle United. (AFP/Paul Ellis)

Danny Guthrie ketika masih berseragam Newcastle United. (AFP/Paul Ellis)

Bolatimes.com - Newcastle United tengah menjadi buah bibir. Itu tidak lepas dari klub tersebut yang kini menjadi tim super kaya raya baru usai dibeli oleh konsorsium asal Arab Saudi yang dimiliki Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman, Public Investment Fund (PIF).

Melansir Independent, PIF dilaporkan memiliki aset senilai sekitar 320 miliar poundsterling atau Rp6.182.734.880.000.000 (Enam kuadriliun seratus delapan puluh dua triliun tujuh ratus tiga puluh empat miliar delapan ratus delapan pulih juta rupiah)!

Aset milik PIF itu bahkan lebih besar daripada Qatar Investment Authority, perusahaan yang pemilik klub raksasa Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) yang punya aset bernilai sekitar 220 miliar pound.

Baca Juga: Newcastle United Jadi Klub Sultan Baru, Kalahkan PSG hingga Manchester City

Berbicara mengenai Newcastle United, ada juga lho pemain eks klub tersebut yang merumput di Liga Indonesia. Dia adalah Danny Guthrie yang diboyong Mitra Kukar pada 2018 silam untuk mengisi status marquee player.

Selama membela Mitra Kukar, mantan pemain Liverpool tersebut tampil sebanyak 30 pertandingan dengan sumbangan dua gol dan dua assist.

Profil Danny Guthrie

Baca Juga: 10 Pemilik Klub Terkaya di Dunia, Bos Baru Newcastle Urutan Pertama

Danny Guthrie merupakan salah satu pemain yang sempat menghabiskan banyak waktu di kompetisi sepak bola Inggris.

Pada awalnya, Guthrie sempat menimba ilmu bersama tim junior Manchester United pada 2000 hingga 2002. 

Gelandang kelahiran 18 April 1987 itu kemudian berpindah untuk bermain bersama tim muda Liverpool selama 2002 hingga 2005.

Baca Juga: Dibeli Pangeran Arab Saudi, Newcastle United Jadi Buah Bibir

Pada tahun 2005, pemain kelahiran Shrewsbury, Inggris, ini akhirnya mendapat kesempatan promosi ke tim utama Liverpool.

Sayangnya, Guthrie gagal bersaing untuk mendapatkan menit bermain. Ia lantas berulang kali menjalani masa peminjaman, baik itu bersama Southampton maupun Bolton Wanderers.

Setelah kontraknya bersama The Reds berakhir, Guthrie memutuskan untuk bergabung dengan Newcastle United.

Baca Juga: Resmi Diakuisisi Pangeran Arab, Newcastle United Jadi Klub Terkaya di Dunia

Saat itu, penampilan impresif Guthrie bersama Bolton Wanderes membuat pelatih anyar Newcastle, Kevin Keegan, tertarik untuk menggunakan jasanya.

Kabarnya, Newcastle saat itu harus mengeluarkan biaya transfer sebesar 2,5 juta pounds untuk mendatangkan Guthrie dari Bolton.

Guthrie sempat mencatatkan penampilan reguler bersama Newcastle saat masih berkompetisi di divisi Championship.
Namun, ketika Newcastle sukses promosi ke kasta utama, atau Liga Primer Inggris, Guthrie kembali tersisih dari skuad utama.

Meskipun demikian, Newcastle juga menjadi klub terlama yang diperkuat Guthrie. Setidaknya, ia telah mencatatkan penampilan sebanyak 104 kali bersama The Magpies.

Pemain yang sempat mencatatkan menit bermain bersama timnas Inggris U-16 ini akhirnya mengakhiri kebersamaan dengan Newcastle pada 2015.

Setelah itu, dia mulai berpindah-pindah klub untuk bermain bersama Reading, Fulham (pinjaman), hingga Blackburn Rovers.

Kemudian pada tahun 2018, pemain yang kini telah berusia 34 tahun itu diresmikan oleh klub kontestan Liga 1, yaitu Mitra Kukar.

Klub berjulukan Naga Mekes ini mengumumkan perekrutan Guthrie pada 4 Januari 2018. Dia direkrut untuk membantu Mitra Kukar bersaing di Liga 1 2018.

Namun demikian, ia tak mencatatkan karier yang panjang bersama klub asal Kalimantan itu. Sebab, pada akhir musim, Guthrie dilepas oleh pihak manajemen.

Saat itu, Guthrie tercatat sebagai pemain Fram Reyjavic, sebuah klub yang berkompetisi di kasta kedua Liga Islandia.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak