Boladunia

Newcastle United Jadi Klub Sultan Baru, Kalahkan PSG hingga Manchester City

PIF mengakuisisi Newcastle United dengan harga fantastis.

Husna Rahmayunita

Newcastle United. (LINDSEY PARNABY / AFP)
Newcastle United. (LINDSEY PARNABY / AFP)

Bolatimes.com - Newscastle United naik daun seusai resmi diakuisisi oleh konsorium Arab Saudi, Public Investment Fund (PIF), Kamis (7/10/2021). Newcastle United kini jadi klub terkaya di dunia mengalahkan PSG.

PIF yang dipimpin oleh Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman mengambil alih kepemilikan Newcastle United dari Mike Ashley.

PIF dilaporkan mengambil alih 80 persen saham klub berjuluk The Magpies senilai 320 miliar poundsterling atau setara Rp Rp6.182.734.880.000.000.

Menyadur Independent, aset milik PIF itu bahkan lebih besar daripada Qatar Investment Authority, perusahaan yang pemilik klub raksasa Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) bernilai sekitar 220 miliar pound.

PIF sejatinya sudah berkeinginan untuk mengakuisisi Newcastle United pada 2020 lalu, tetapi baru bisa terlaksana tahun ini.

Mereka telah mengumumkan bahwa mereka menawarkan 305 juta poundsterling (sekitar Rp5,89 triliun) untuk membeli klub timur laut tersebut dari pemilik sebelumnya yang merupakan pengusaha asal Inggris, Mike Ashley pada 9 April 2020.

Pemain Newcastle, Isaac Hayden. (Twitter/@NUFC).
Pemain Newcastle, Isaac Hayden. (Twitter/@NUFC).

Namun, kesepakatan itu gagal diwujudkan pada Juli 2020 di tengah pengawasan dari Liga Inggris, yang mendapat tekanan untuk menghentikan penjualan Newcastle karena kekhawatiran atas dugaan pembajakan siaran di Arab Saudi.

Perselisihan tersebut melibatkan beIN Sports milik Qatar, pemegang hak siar Liga Inggris di Timur Tengah, yang telah dilarang beroperasi di Arab Saudi.

Arab Saudi mencabut larangan itu pada Rabu demi mempercepat kesepakatan tersebut tercapai.

Selain soal pembajakan, akuisisi Newcastle United oleh konsorsium Kerajaan Arab Saudi juga sempat disoroti organisasi hak asasi manusia, Amnesty International.

Mereka memperingatkan Liga Inggris bahwa menyetujui PIF mengakuisisi Newcastle United akan mempertaruhkan citra liga, lantara trek rekor pemilik yang buruk dalam kasus pelanggaran HAM.

Pangeran Arab Saudi, Mohammed Bin Salman selaku ketua PIF dilaporkan terlibat dalam pembunuhan jurnalis Washington Post, Jamal Khashoggi, pada 2018. Kasusnya sendiri hingga kini belum terpecahkan.

Berikut adalah peringkat Newcastle dibandingkan dengan beberapa pemilik terkaya lainnya di dunia sepakbola via Independent:

1. Dana Investasi Publik Arab Saudi – Newcastle United: £320 miliar (sekitar Rp6,182 kuadriliun)

2. Otoritas Investasi Qatar – Paris Saint-Germain: £220 miliar (sekitar Rp4,250 kuadriliun)

3. Sheikh Mansour – Manchester City: £21 miliar (sekitar Rp405 triliun)

4. Dietrich Mateschitz – RB Leipzig dan RB Salzburg: £15.7 miliar (sekitar Rp303 triliun)

5. Andrea Agnelli – Juventus: £14 miliar (sekitar Rp270 triliun)

6. Roman Abramovich – Chelsea: £10.5bn (sekitar Rp202,8 triliun)

7. Philip Anschutz – LA Galaxy: £8,1 miliar (sekitar Rp156 triliun)

8. Stan Kroenke – Arsenal: £6.8 miliar (sekitar Rp131 triliun)

9. Zhang Jindong – Inter Milan: £6,2 miliar (sekitar Rp119,7 triliun)

10. Guo Guangchang – Wolves: £5,2 miliar (sekitar Rp100 triliun).

Kepemilikan baru Newcastle United ini spntak disambut bahagia oleh para fans. Euforia tampak di luar St James setelah pengumuman akuisisi Newcastle oleh Pangeran Arab Saudi.

Tinggal kini menunggu kegemilangan Newcastle United di lapangan seuai jadi klub sultan baru.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Berita Terkait

Berita Terkini