Profil Zulham Zamrun, Eks Timnas yang Main Kasar di Laga AHHA vs Persiraja

Permainan Zulham Zamrun sempat membuat para pemain kedua tim terlibat keributan

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 07 September 2021 | 15:44 WIB
Pemain AHHA PS Pati FC, Zulham Zamrun. (Dok. AHHAPS)

Pemain AHHA PS Pati FC, Zulham Zamrun. (Dok. AHHAPS)

Bolatimes.com - Pemain AHHA PS Pati, Zulham Zamrun, menjadil salah satu sosok yang memicu keributan pada laga uji coba melawan Persiraja Banda Aceh.

Pada laga uji coba yang digelar di Lapangan Pancoran Soccer Field, Jakarta Selatan, Senin (6/9/2021) itu, Zulham Zamrun sempat melakukan pelanggaran keras kepada pemain Persiraja.

Meskipun hanya berstatus sebagai laga uji coba, duel antara Persiraja Banda Aceh kontra AHHA PS Pati memang berlangsung dengan tensi tinggi.

Baca Juga: Profil Muhamad Nadhif, Pemain yang Jadi Korban Aksi Brutal Syaiful Indra

Sejumlah insiden berbau kekerasan juga sempat mewarnai pertandingan yang disiarkan secara berbayar tersebut.

Salah satunya yakni aksi pelanggaran keras yang dilakukan oleh Zulham Zamrun kepada pemain Persiraja. Zulham mengangkat kaki terlalu tinggi yang berbahaya bagi pemain lawan.

Setelah bola menjadi liar, Zulham kembali menerjang pemain Persiraja lainnya, yakni Defri Rizki, saat keduanya berebut bola.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2022: Ronaldo Absen Bela Portugal Lawan Azerbaijan

Akibatnya, dua pemain ini berbenturan akibat diterjang Zulham. Pemain berusia 33 tahun itu akhirnya mendapat respons keras dari Defri.

Defri pun sempat menendang Defri yang menyebabkan pemain Persiraja itu memukulnya. Emosi Zulham yang meledak-ledak membuat kedua pemain ini sempat bersitegang.

Profil Zulham Zamrun

Baca Juga: Pengin Nonton MU di Old Trafford? Syaratnya Wajib Vaksin

Sebelum bergabung dengan AHHA PS Pati, Zulham Zamrun sebetulnya menjadi salah satu pemain yang sempat bersinar di kompetisi sepak bola Indonesia.

Pemain kelahiran Kota Ternate, 19 Februari 1988, itu mengawali kariernya bersama tim junior Persiter Ternate.

Pada tahun 2006, dia berhasil promosi ke tim utama Persiter. Kiprahnya pun mengundang decak kagum dari klub-klub lain.

Baca Juga: Kenakan Swimsuit saat Hamil, Nagita Slavina Dipuji Bening Banget

Setelah sempat bergabung bersama Persigo Gorontalo selama dua musim, kariernya terus menanjak hingga bergabung dengan klub asal Jawa Timur, Persela Lamongan, untuk mengarungi Indonesia Super League 2010/2011.

Kiprah impresif Zulham bersama Persela turut membawanya bermain bersama timnas Indonesia.

Ia mencatatkan debut bersama skuad Merah Putih pada 7 Oktober 2011, saat menjalani laga persahabatan melawan Saudi Arabia.

Puncak karier pemain berusia 33 tahun ini terjadi saat ia bermain bersama Persib Bandung.

Sebab, bersama skuad Pangeran Biru, dia sukses meraih gelar juara Piala Presiden 2015. Dalam turnamen tersebut, ia juga mendapat beberapa penghargaan individu.

Penghargaan tersebut antara lain Pemain Terbaik Piala Presiden 2015 dan Pencetak Terbanyak Piala Presiden 2015.

Kiprah impresif lain yang dicatatkan Zulham juga terjadi saat dia memperkuat PSM Makassar.

Selain sukses mengantarkan skuad Juku Eja menjuarai Piala Indonesia 2019, dia juga dianugerahi penghargaan individu sebagai Pemain Terbaik. 

Sebetulnya, Zulham juga sempat tersandung masalah ketika melakukan aksi kontroversial di atas lapangan.

Momen itu terjadi ketika dia memperkuat PSM Makassar yang menjamu Persib Bandung pada kompetisi Liga 1 2017.

Duel yang berlangsung di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu (15/10/20217) itu, Zulham sempat menjulurkan lidah dan meletakkan jari telunjuknya di mulut usai melakukan gerakan nutmeg atau mengolongi bek Persib Bandung, Henhen Herdiana.

Gestur tubuh yang merendahkan pemain lain itu pun sempat menuai kontroversi. Bahkan, Zulham juga panen kritik akibat aksi tak terpuji tersebut.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak