Bolaindonesia

Profil Kurnia Meiga, Eks Kiper Timnas yang Kena Penyakit Misterius

Kurnia Meiga terakhir kali bermain di Liga 1 2017.

Rauhanda Riyantama

Mantan kiper Timnas Indonesia, Kurnia Meiga. [Shutterstock]
Mantan kiper Timnas Indonesia, Kurnia Meiga. [Shutterstock]

Bolatimes.com - Mantan kiper Timnas Indonesia, Kurnia Meiga Hermansyah sempat dikabarkan mengalami penyakit misterius hingga memutuskan pensiun dini sejak kompetisi Liga 1 2017. Kabar ini tentu mengejutkan di tengah karier sepak bolanya yang cemerlang kala itu. Terhitung hingga kini, sang kiper telah rehat selama 3 musim.

Kurnia Meiga dikenal sebagai kiper dengan segudang prestasi. Ia dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga Super Indonesia 2009/2010. Saat memperkuat timnas Indonesia U-23, Kurnia Meiga pernah dua kali membawa Indonesia ke partai puncak SEA Games 2011 dan Piala AFF 2016. Lalu, seperti apa profil Kurnia Meiga selengkapnya.

Profil Kurnia Meiga

Kurnia Meiga Hermansyah atau Kurnia Meiga lahir di Jakarta, 7 Mei 1990. Dengan postur tinggi tubuh proporsional 187 cm dan kemampuan refleks yang baik, membuat Meiga layak menjadi penjaga gawang yang mumpuni.

Kiper timnas Indonesia Kurnia Meiga (kiri), Dwi Agus Prasetio (tengah) dan I Made Wirawan (kanan) berlatih di Stadion My Dinh, Hanoi, Jumat (21/11), menjelang laga pembuka grup A Piala AFF 2014 hari Sabtu (22/11) menghadapi tuan rumah Vietnam. (ANTARA)
Kiper timnas Indonesia Kurnia Meiga (kiri), Dwi Agus Prasetio (tengah) dan I Made Wirawan (kanan) berlatih di Stadion My Dinh, Hanoi, Jumat (21/11), menjelang laga pembuka grup A Piala AFF 2014 hari Sabtu (22/11) menghadapi tuan rumah Vietnam. (ANTARA)

Selain menjadi kiper timnas Indonesia, Kurnia Meiga juga menjadi kiper favorit Aremania dari tahun 2010 saat memenangkan Liga Super Indonesia. Arema dipilihnya sebagai klub profesional pertama setelah lulus dari SMA. Pada masa keaktifannya itulah, Ia menunjukkan bakat terbaiknya menjaga gawang baik untuk kebanggaan tim nasional dan klub asal Malang itu.

Penjaga gawang nomor 1 yang memiliki nama sapaan Si Entong ini terakhir bermain saat membela Arema menghadapi Barito Putera pada 23 Agustus 2017. Setelah itu, ia tak pernah bermain lagi karena sakit.

Usut punya usut, Kurnia Meiga mengalami penyakit pada bagian mata. Gangguan pada fungsi penglihatan yang dialaminya membuat pria 31 tahun itu terpaksa harus pensiun dini dari dunia sepak bola.

Comeback ke Arema Meski Tidak Lagi Bermain

Banyak spekulasi yang muncul terkait penyakit misterius yang dialami Kurnia Meiga. Salah satunya karena kiper andalan timnas U-23 itu terkena guna-guna. Namun kepastian penyakit apa yang dialami si Entong terkuak setelah Presiden Arema FC Gilang Widya Pramana bertemu dengan Kurnia Meiga pada Minggu (31/6/2021).

Usai berbincang-bincang, presiden Arema FC itu menyatakan bahwa Kurnia Meiga akan kembali lagi berlaga bersama Arema menjelang Liga 1 2021/2022, meskipun bukan sebagai penjaga gawang lagi.

Potret Kurnia Meiga bersama Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana. (Instagram.com/juragan_99)
Potret Kurnia Meiga bersama Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana. (Instagram.com/juragan_99)

Dikutip dari caption unggahan foto Gilang dan Kurnia Meiga pada akun Instagram pribadi Gilang WIdya Pramana (@juragan99) yang berisi: “Banyak yang request @egahermansyah untuk jadi kiper @aremafcofficial lagi tapi kondisinya sekarang dia memang terganggu untuk fungsi penglihatan jadi dipastikan tidak bisa bermain bola lagi. Meskipun sudah tidak bisa bermain bola, setidaknya dia masih bisa berkontribusi untuk team Arema. Enaknya si entong ditempatkan dibagian apa? (Kasih saran ya)”.

Ternyata banyak fans yang hingga kini merindukan aksi lapangan Kurnia Meiga pasca mengalami sakit. Dilihat dari komentar dari foto yang diunggah Gilang itu yang mendapat antusias tinggi.

Banyak yang menyarankan agar Kurnia Meiga bisa diposisikan sebagai asisten pelatih atau pelatih kiper Arema. Bahkan ada pula warganet yang menyarankan agar pria 31 tahun itu dijadikan Direktur Teknik Arema FC.

Keinginan Kurnia Meiga untuk menapaki dunia sepak bola kembali pernah diungkapnya di Channel YouTube Valentino Simanjuntak alis Bung Jebret tahun lalu. Ia ditemani dua sahabat terbaiknya, Andritany Arhiyasa dan Gunawan Dwi Cahyo.

Harapan Kurnia Meiga untuk comeback sebagai pemain profesional disampaikannya dalam pesan di akhir video. “Untuk penggila sepak bola nasional doakan saya kembali supaya bisa bermain lagi untuk Indonesia. Semoga bisa balik lagi dan membanggakan negeri ini,” ujarnya.

Well, kita nantikan kabar baik kembalinya sang pahlawan penjaga gawang yang akan mewarnai dunia sepak bola nasional lebih bersinar.

Kontributor: Yulia Kartika Dewi

Berita Terkait

Berita Terkini