Profil Leonard Tupamahu, Bek Veteran yang Viral Gegara Pukul Pemain Persis

Leonard Tupamahu sebelumnya terekam memukul kepala pemain Persis Solo, Delvin Rumbino.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Jum'at, 25 Juni 2021 | 19:00 WIB
Bek Bali United, Leonard Tupamahu. (Instagram/leonardtupamahu)

Bek Bali United, Leonard Tupamahu. (Instagram/leonardtupamahu)

Bolatimes.com - Nama Leonard Tupamahu menjadi perbincangan pecinta sepak bola Indonesia setelah dirinya kedapatan memukul Delvin Rumbino dalam laga uji coba Bali United vs Persis Solo, (16/06/21).

Leonard Tupamahu, yang akrab disapa Leo, terlibat pemukulan tepat saat pertandingan berlangsung. Saat itu, Delvin Rumbino tengah mencoba keluar dari bayang-bayang Leo.

Namun entah kenapa, Leo malah melepaskan pukulan ke Delvin Rumbino. Tindakan tak sportif tersebut membuatnya mendapat kartu kuning.

Baca Juga: 5 Rekor Lionel Messi yang Mungkin Tidak akan Dipecahkan Siapapun

Nahas bagi Leo, kejadian pemukulan tersebut terekam kamera dan tersebar di dunia maya. Tak ayal dirinya mendapat kritikan dan cacian dari warganet.

Usai kejadian tersebut, Leo mengutarakan permintaan maafnya lewat video singkat melalui media sosial Bali United.

“Saya memohon maaf kepada Delvin Rumbino dan juga keluarga besar. Saya juga ingin memohon maaf kepada pihak-pihak terkait atas tindakan dan perkataan saya yang mungkin kurang pantas,'' tutur Leo.

Baca Juga: Kisah Cristiano Ronaldo, Ditekel Sales Coca-cola di Laga Debut Real Madrid

“Sebagai pemain, saya sudah menyelesaikan permasalahan saya di lapangan dengan Delvin Rumbino setelah pertandingan,” tandasnya.

Lalu, siapakah sosok Leonard Tupamahu tersebut? Berikut rekam jejak bel 36 tahun itu di persepak bolaan Indonesia.

Bek Bali United, Leonard Tupamahu. (Dok. Bali United).
Bek Bali United, Leonard Tupamahu. (Dok. Bali United).

Profil Leonard Tupamahu dan dan Perjalanan Kariernya

Baca Juga: Inggris Vs Jerman, The Three Lions Dihantui Catatan Kelam

Leonard Tupamahu lahir di Jakarta pada 9 Juli 1983 silam. Meski lahir di ibu kota, pemain berusia 36 tahun tersebut memiliki darah Maluku.

Leo mengawali karier sepak bolanya sejak 2001 dengan bergabung Trisakti FC dan sempat bermain untuk tim sepak bola Universitas Kristen Indonesia.

Sedangkan karier profesional Leo di sepak bola Indonesia kala melakukan debutnya bersama Persija Jakarta pada 2002 dan memainkan 20 laga.

Baca Juga: 5 Potret Aduhai Maria Shumilina, Disebut Penyusup Cantik Euro 2020

Di rentang tahun 2003 hingga 2004, Leo membela Persipur Purwodadi dan Persikabo Bogor. Pada 2005, ia kembali ke pelukan Persija dan bermain di ibu kota hingga 2009 dengan total 130 laga.

Kengototan, keuletan, serta permainan lugas Leo membuatnya mendapat klub anyar dengan cepat pascahengkang dari Persija. Ia kemudian berlabuh ke Arema Cronus.

Hampir sama dengan karier pemain Indonesia lainnya, Leo tak bertahan lama bersama klub-klub yang ia bela. Kebersamaannya dengan Singo Edan hanya bertahan selama satu tahun. Sesudahnya ia menyeberang ke Persema Malang.

Pada 2013, Leo kembali merantau dan berlabuh ke Pelita Bandung Raya pada bulan April. Tak sampai setahun, tepat di akhir tahun 2013, pemain bertubuh tinggi 179 cm ini hijrah ke Persiram Raja Ampat.

Setahun berselang, di akhir tahun 2014, ia merantau ke Kalimantan dengan bergabung Barito Putera. Kemudian tahun 2016 Leo menyeberang ke Borneo FC dan bertahan selama tiga musim.

Pada 2019, Leo hijrah ke Pulau Dewata dan bergabung dengan Bali United seiring kedatangan Stefano Cugurra Teco. Hingga Liga 1 memasuki musim 2021, Leo masih tercatat sebagai pemain tim berjuluk Serdadu Tridatu tersebut.

Pernah Cicipi Karier sebagai Pemain Futsal

Tak banyak yang tahu dalam sela-sela kariernya sebagai pesepak bola, Leonard Tupamahu pernah menjajal dunia futsal profesional.

Pengalaman tersebut ia rasakan pertama kali pada 2009 silam saat bergabung dengan tim Futsal BiangBola di Liga Futsal Indonesia.

Setelah sempat kembali ke sepak bola profesional di medio 2010 an, Leo kembali bergelut di dunia futsal dengan bermain di Carlsberg Futsal Tournament.

Di kompetisi tersebut, ia bermain di tahun 2014 dan 2015 dengan bergabung Antam FC, A4C, dan Tebet32. Kesertaannya di dunia Futsal sendiri diakui Leo sebagai kegiatan sampingan selain sebagai pemain sepak bola.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB

Gol tunggal Egy Maulana Vikri yang sukses mengamankan tiga poin di kandang benar-benar membuat seisi stadion bergemuruh.Tiga poin di kandang berhasil diamankan Timnas Indonesia melalui gol tunggal Egy Maulana Vikri pada menit ke-52.

bolaindonesia | 06:15 WIB

Erik ten Hag masih memegang kendali sebagai pelatih Manchester United pada musim 2023-2024.Namun, kepercayaan terhadap Ten Hag mulai pudar di antara manajemen Setan Merah.

bolaindonesia | 21:11 WIB

Berikut adalah link live streaming pertandingan Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Shin Tae-Yong mengkritik kualitas jersey latihan teranyar Timnas Indonesia yang baru saja dipakai dalam latihan perdana pada Senin (18/03/2024) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.

bolaindonesia | 11:04 WIB

Pemain naturalisasi, Thom Haye mengungkapkan, rasa bahagianya setelah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pasca merampungkan proses itu seusai melakoni jadwal padat membela klubnya SC Heerenveen di Liga Belanda

bolaindonesia | 09:48 WIB

Sudah diberi kesempatan untuk bergabung bersama Timnas Indonesia, dua pemain keturunan masih saja absen dalam persiapan laga U-20. Hingga latihan terbaru, kedua pemain keturunan Welber Jardim dan Chow Yun Damanik belum terlihat.

bolaindonesia | 18:16 WIB

Seperti fakta di lapangan yang terjadi, Persib harus bermain dengan kekuatan 10 orang sejak menit 36. Persib kehilangan satu pemain setelah Dedi Kusnandar diusir wasit.

bolaindonesia | 17:43 WIB

Do Duy Manh bek Timnas Vietnam baru-baru ini turut mengomentari banyaknya pemain naturalisasi yang dilakukan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan respon seperti ini.

bolaindonesia | 10:12 WIB
Tampilkan lebih banyak