Ini 4 Fakta Jelang Duel Bali United vs Persebaya Surabaya

Mampukah Bali United revans hadapi Persebaya Surabaya?

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Kamis, 16 Mei 2019 | 18:15 WIB
Bali United vs Persebaya Surabaya. [officialpersebaya/Instagram]

Bali United vs Persebaya Surabaya. [officialpersebaya/Instagram]

Bolatimes.com - Persebaya Surabaya punya reputasi oke jelang menghadapi Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (16/5/2019). 

Berikut empat fakta jelang laga Bali United vs Persebaya Surabaya di pekan pertama Liga 1 2019.

1. Sama-sama punya banyak pemain muda bertalenta

Baca Juga: Hadapi Kerusuhan Hingga Naik Barracuda, Pemain Belanda Ini Tak Kaget

Kedua tim sama-sama memiliki deretan pemain muda bertalenta. Djanur, sapaan akrab pelatih Persebaya Surabaya menilai, skuat asuhannya banyak diisi oleh pemain muda termasuk pemain U-19 juga dinaikkan ke tim senior untuk memperkuat daya gedor.

"Saya tahu sejak dulu Persebaya memiliki talenta muda yang berbakat. Musim ini ada sejumlah pemain U-19 yang kami naikkan ke tim senior, kami sudah pantau sejak lama dan mereka memiliki kemampuan mumpuni," ujar mantan pelatih Persib Bandung itu dilansir dari laman resmi klub.

Musim ini total ada 28 pemain yang masuk skuat Persebaya Surabaya. Usia rata-rata pemainnya yang berkisar 25 tahun-an ini, menjadikan Bajul Ijo salah satu kesebelasan dengan rata-rata pemain termuda.

Baca Juga: Ini Jadwal Lengkap Liga 1 2019, Bali United Tantang Persebaya Surabaya

Sebut saja Osvaldo Haay, Rachmat Irianto dan M Hidayat yang sebelumnya berada di U-23 Persebaya. Disamping itu bintang U-16 yang menjuarai Piala AFF 2018, M Supriadi juga akan masuk dalam skuat tersebut. Tiga pemain U-19 juga ikut masuk ke tim senior yakni Koko Ari Araya, M Kemaluddin dan Zulfikar Akhmad.

Tak kalah fresh,  Bali United juga memiliki banyak pemain muda yang siap diterjunkan. Pelatih Serdadu Tridatu, Stefano Cuggura Teco, pun kemungkinan akan menurunkan pemain mudanya menghadapi Persebaya seperti Yabes Roni (penyerang), Ricky Fajrin (lini belakang), I Made Andhika Wijaya (bek) dan penjaga muda baru, Samuel Reimas. Mereka bakal dipadukan dengan sejumlah pemain senior seperti Lilipaly, Irfan Bachdim hingga Paulo Sergio.

Pemain Bali United Stefano Lilipaly (tengah), Paulo Sergio (kiri), dan Willian Pacheco melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persija Jakarta saat pertandingan leg pertama perempat final Piala Indonesia 2018 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (26/4/2019). [Antara/Fikri Yusuf]
Pemain Bali United Stefano Lilipaly (tengah), Paulo Sergio (kiri), dan Willian Pacheco melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persija Jakarta saat pertandingan leg pertama perempat final Piala Indonesia 2018 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (26/4/2019). [Antara/Fikri Yusuf]

2. Reuni para mantan

Baca Juga: Dendam Tiga Tahun Silam Diduga Jadi Pemicu Kerusuhan di Laga PSS vs Arema

Gelandang Bali United, M Taufiq mengawali kariernya bersama Persebaya pada 2005 lalu. Dirinya juga sempat ditempa di tim internal Surabaya, Fatahillah 354. Saat ini dirinya menjadi salah satu pilar Bali United.

Hal yang sama juga dirasakan Pelatih Bali United, Stefano Cuggura Teco. Dirinya sempat menjadi pelatih fisik di Persebaya selama lima tahun. Menjuarai Divisi Utama 2004 di bawah asuhan Jacksen F Tiago. Catatan sejarah bersama Persebaya adalah hal yang tak mungkin dilupakannya.

Sementara, bek Persebaya, Novan Setya Sasongko merupakan mantan dari penggawa Serdadu Tridatu. Pemain 29 tahun tersebut baru saja merapat ke Surabaya. Sebelumnya dirinya masih memperkuat Bali United di posisi bek.

Baca Juga: Faktor Ini yang Bikin Arema FC Takluk dari Tim Debutan PSS Sleman

Winger Persebaya, Irfan Jaya (kiri) beraksi pada laga leg pertama final Piala Presiden 2019 kontra Arema FC di Gelora Bung Tomo, Selasa (9/4/2019) sore WIB.
Winger Persebaya, Irfan Jaya (kiri) beraksi pada laga leg pertama final Piala Presiden 2019 kontra Arema FC di Gelora Bung Tomo, Selasa (9/4/2019) sore WIB.

3. Bali United selalu kalah dalam dua pertemuan terakhir menghadapi Persebaya

Pertemuan dua tim ini belum begitu banyak. Bertemu dua kali, Stefano Lilipaly dkk harus mengakui keunggulan Persebaya di bawah kapten Ruben Sanadi. Dua kemenangan Persebaya atas Bali United diraih pada saat kompetisi Liga 1 2018 bergulir. Pada pertemuan pertama, Bali United kalah 0-1, sedangkan di pertemuan kedua skuat Serdadu Tridatu digulung 5-2.

Dua pemain Persebaya asal Papua, Ferinando Pahabol dan Osvaldo Haay. [Suara.com / Dimas ANGGA]
Dua pemain Persebaya asal Papua, Ferinando Pahabol dan Osvaldo Haay. [Suara.com / Dimas ANGGA]

4. Laga terakhir masing-masing tim

Pertandingan terakhir yang sempat dilakoni Persebaya dan Bali United yakni pada gelaran Piala Presiden 2019 lalu. Persebaya saat itu hanya berhasil menjadi runner up setelah dibungkam 0-2 oleh Arema FC.

Arema FC vs Persebaya (leg kedua final Piala Presiden): 2-0  kalah

Persebaya vs Arema FC (leg pertama final Piala Presiden): 2-2 seri

Madura United vs Persebaya (Leg kedua semifinal Piala Presiden): 2-3 menang

Persebaya vs Madura United (leg pertama semifinal Piala Presiden): 1-0 menang

Persebaya vs PS Tira (leg kedua perempat final Piala Presiden): 3-0 menang

Total: 1 kalah, 1 seri dan 3 menang

Pemain Bali United, Yabes Roni Malaifani (kiri) berebut bola dengan penggawa Borneo FC Abdul Rachman (bawah) dalam laga lanjutan Liga 1 2018 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (25/10/2018) malam WIB. [ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana]
Pemain Bali United, Yabes Roni Malaifani (kiri) berebut bola dengan penggawa Borneo FC Abdul Rachman (bawah) dalam laga lanjutan Liga 1 2018 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (25/10/2018) malam WIB. [ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana]

Berikut lima laga terakhir Bali United di Piala Presiden 2019

Bhayangkara FC vs Bali United (Piala Presiden 2019): 4-1 kalah

Semen Padang FC vs Bali United (Piala Presiden 2019): 1-2 menang

Bali United vs Mitra Kukar (Piala Presiden 2019): 3-0 menang

Bali united vs Persela (Piala presiden 2019): 2-0 menang

Persela vs Bali United (Piala presiden 2019): 0-1 menang

Total: 1 kalah, 3 menang

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak