Profil Qasim Matar Ali Al-Hatmi, Wasit yang Prank Timnas Indonesia U-22 di Final SEA Games 2023

Qasim Matar Ali Al-Hatmi jadi pengadil duel Timnas Indonesia U-22 vs Thailand.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Rabu, 17 Mei 2023 | 11:45 WIB
Wasit Qasim Matar Ali Al-Hatmi (kiri) Timnas Indonesia U-22 vs Thailand di laga inal SEA Gaes 2023. (bidikan layar YouTube PSSI)

Wasit Qasim Matar Ali Al-Hatmi (kiri) Timnas Indonesia U-22 vs Thailand di laga inal SEA Gaes 2023. (bidikan layar YouTube PSSI)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Qasim Matar Ali Al-Hatmi, wasit yang memimpin laga Timnas Indonesia U-22 vs Thailand di final cabor sepak bola putra SEA Games 2023.

Nama Qasim Matar Ali Al-Hatmi menjadi perbincangan usai memimpin laga Timnas Indonesia U-22 vs Thailand di final SEA Games 2023, Selasa (16/5).

Bukan tanpa sebab namanya menjadi perbincangan. Sebab, wasit asal Oman ini beberapa kali menghadirkan keputusan dan momen-momen krusial di laga ini.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kemenangan Timnas Indonesia U-22 atas Thailand di Final SEA Games 2023

Momen krusial pertama adalah gol Ramadhan Sananta di menit ke-45+5 yang berawal dari bola drop atau drop call sang wasit, usai Witan Sulaeman harus mendapat perawatan.

Lalu momen kedua adalah di penghujung babak kedua. Saat itu, Qasim Matar Ali Al-Hatmi meniupkan peluit, yang dianggap kubu Timnas Indonesia U-22 sebagai peluit tanda berakhirnya laga, yang berujung pada selebrasi.

Tapi wasit meminta kubu Timnas Indonesia U-22 kembali ke bench dan tetap di lapangan, karena peluitnya sebagai tanda tendangan bebas yang berujung gol penyama kedudukan oleh Thailand di menit ke-90+7.

Baca Juga: SEA Games 2023: Pemain Timnas Indonesia U-22 Tidur Nyenyak usai Duel Panas Kalahkan Thailand

Keputusan krusial juga dikeluarkan Qasim Matar Ali Al-Hatmi sepanjang laga, yakni tujuh kartu merah untuk kedua tim serta 12 kartu kuning sepanjang laga.

Karena tindak-tanduknya dan keputusannya sepanjang laga itu, nama Qasim Matar Ali Al-Hatmi pun menjadi perbincangan di jagat maya.

Lantas, siapakah sosok Qasim Matar Ali Al-Hatmi tersebut?

Baca Juga: Pelatih Thailand Akui Gol Kedua Timnas Indonesia U-22 yang Dicetak Ramadhan Sananta Sah, Tapi.....

Berikut profil Qasim Matar Ali Al-Hatmi 

Qasim Matar Ali Al-Hatmi merupakan wasit muda asal Oman yang baru berusia 32 tahun. Ia sendiri lahir pada 11 Desember 1990 silam.

Sebagai wasit berlisensi FIFA di Asia, Qasim, sapaannya, kerap memimpin laga-laga penting di turnamen baik laga resmi FIFA ataupun tidak di kawasan benua kuning tersebut.

Baca Juga: Tak Terima, Bek Thailand Tuding Timnas Indonesia U-22 'Curang' Terkait Gol Kedua Ramadhan Sananta

Sebagai contoh, Qasim pernah dipercaya untuk ambil bagian di Piala Asia U-20 2023, di mana ia menjadi asisten wasit kala Timnas Indonesia U-20 berhadapan dengan Uzbekistan U-20 di fase grup.

Tak hanya menjadi asisten wasit, ia juga memimpin laga panas Piala Asia U-20 2023 kala Uzbekistan U-20 melawan Korea Selatan U-20.

Selain itu, Qasim ternyata tercatat pernah memimpin laga Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020 yang digelar pada 2021 lalu di Singapura.

Saat itu, ia memimpin laga semifinal antara Indonesia vs Singapura, di mana Qasim menjadi sorotan karena dianggap merugikan kubu The Lions, sehingga tim Merah Putih menang dengan skor 4-2.

Dengan rekam jejak di tiga pertandingan Indonesia itu, bisa dikatakan Qasim membawa tuah bagi tim Merah Putih saat memimpin pertandingan, karena tim Garuda jarang menerima kekalahan dari lawan-lawannya.

Saat Piala AFF 2020 lalu, pemain Singapura diusir keluar lapangan oleh Qasim, dan Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan 4-2.

Lalu di Piala AFF U-20 2023 lalu, Indonesia U-20 mampu menahan imbang Uzbekistan U-20 saat Qasim menjadi asisten wasit.

Kemudian di final SEA Games 2023 ini, di mana Qasim mengusir tiga pemain Thailand, dan hanya mengusir satu pemain Indonesia, yakni Komang Teguh.

Dengan keunggulan jumlah pemain itu, Timnas Indonesia U-22 pun berhasil meraih kemenangan dan menyabet medali emas di SEA Games 2023.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak