Mengenang Tragedi Luzhniki, Insiden Berdarah Terbesar yang Kasusnya Ditutup-tutupi Pemerintah di Zaman Uni Soviet

Tragedi Luzhniki ternyata tewaskan ratusan suporter dari kasus yang sebenarnya terjadi.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 06 Oktober 2022 | 05:00 WIB
Tragedi Luzhniki, insiden berdarah terbesar di dunia yang tewaskan 336 orang. (Twitter)

Tragedi Luzhniki, insiden berdarah terbesar di dunia yang tewaskan 336 orang. (Twitter)

Bolatimes.com - Mengenang tragedi Luzhniki, tragedi berdarah terbesar di dunia sepak bola yang kasusnya ditutup-tutupi oleh pemerintah Uni Soviet.

Belakangan ini, dunia sepak bola dihebohkan dengan tragedi Kanjuruhan yang tercipta pasca laga Derby Jawa Timur antara Arema FC vs Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10).

Pasca duel lanjutan Liga 1 2022/2023 itu, lahir sebuah tragedi memilukan yang menelan banyak ratusan korban jiwa di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Baca Juga: Liga 1 Diliburkan Sementara, Luis Milla Tetap Gembleng Skuad Persib Bandung

Bermula dari aksi oknum suporter yang masuk ke lapangan pasca pertandingan, pihak keamanan yang dihuni aparat berwajib melakukan tindakan represif.

Tindakan represif tersebut salah satunya adalah menembakkan gas air mata ke arah tribun yang kemudian berujung pada chaos di tribun Stadion Kanjuruhan.

Chaos ini pun kemudian menjadi momen berdarah yang membuat ratusan orang dari kalangan penonton meregang nyawa.

Baca Juga: Jokowi Minta Seluruh Stadion untuk Liga Diaudit Pascatragedi Kanjuruhan

Menurut data resmi yang beredar, total 125 orang dilaporkan meninggal dunia dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan tersebut.

Jumlah tersebut membuat tragedi Kanjuruhan kemudian menjadi tragedi terbesar ketiga dalam sejarah sepak bola di belakang tragedi Lima (328 korban jiwa) dan tragedi Accra (126 korban jiwa).

Nyatanya, masih ada tragedi besar lainnya di sepak bola yang masih ditutup-tutupi. Bahkan tragedi ini memiliki korban jiwa melebihi tragedi Lima pada tahun 1964 silam.

Baca Juga: Media Vietnam Sebut Timnas Vietnam Ketar-ketir Ditinggal Park Hang-seo, Nama Shin Tae-yong Disebut-sebut

Tragedi tersebut adalah tragedi Luzhniki. Seperti apa kisah tragedi ini sehingga disebut-sebut ditutupi oleh pemerintahan Uni Soviet? Berikut rangkumannya.

Tragedi Luzhniki, insiden berdarah terbesar di dunia yang tewaskan 336 orang. (Twitter)
Tragedi Luzhniki, insiden berdarah terbesar di dunia yang tewaskan 336 orang. (Twitter)

Menelan 340 Korban Jiwa

Seperti namanya, Tragedi Luzhniki sendiri terjadi di Stadion Luzhniki, Moskow. Tragedi ini terjadi pada 20 Oktober 1982 saat Rusia dikenal sebagai bagian dari Uni Soviet.

Baca Juga: Tinjau Langsung Lokasi Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Singgung Pintu yang Terkunci

Tragedi ini terjadi di laga Piala UEFA saat Spartak Moskow menjamu tim asal Belanda, yakni HFC Haarlem.

Saat tragedi ini pecah, dilaporkan 66 orang meregang nyawa karena terinjak-injak. Namun ternyata jumlah tersebut ditutup-tutupi.

Usai Uni Soviet runtuh, barulah pihak pers melaporkan tragedi itu, di mana ternyata menurut laporan yang ada terdapat 336 korban jiwa.

Dalam laporan tersebut, dikisahkan tragedi ini disebabkan oleh pihak keamanan yang berusaha menangkap para pendukung Spartak Moskow.

Para pendukung Spartak Moskow hendak ditangkap karena menyanyikan lagu-lagu melawan rezim komunis yang saat itu menguasai Uni Soviet.

Karenanya, saat penangkapan berlangsung, banyak para penonton mencoba keluar dari Stadion Luzhniki, sehingga chaos pun tercipta dan banyak orang terinjak-injak hingga meregang nyawa.

Dalam berbagai laporan yang ada, korban jiwa tak diketahui secara pasti. Bahkan ada yang menyebut bahwa korban jiwa mencapai 340 orang.

Jika benar demikian, maka tragedi Luzhniki sendiri menjadi tragedi paling memilukan dalam sejarah sepak bola bila dilihat dari jumlah korban jiwanya.

Maka tak mengherankan kala itu tragedi Luzhniki ini dicap sebagai ‘Chernobyl-nya sepak bola’ yang mengacu pada bencana Chernobyl di Uni Soviet pada 1986 silam.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak