7 Pemilik Klub Terkaya di Dunia, Siapa Saja?

Berikut ulasan seputar pemilik klub terkaya di dunia.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 26 Juli 2022 | 15:30 WIB
Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman. (AFP / Saudi Royal Palace)

Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman. (AFP / Saudi Royal Palace)

Bolatimes.com - Setidaknya ada 7 pemilik klub terkaya di dunia, merambahnya para taipan dan konglomerat menjadikan perubahan mendasar dalam sepak bola di era modern.

Saat ini sepak bola dunia tengah didominasi banyak klub dengan pemilik terkaya, entah itu taipan dari Rusia atau konglomerat dari negara-negara Timur Tengah.

Tak heran mengapa beberapa tim yang dulunya dipandang remeh tak berprestasi, kini berubah menjadi salah satu klub besar langganan juara.

Baca Juga: 4 Bintang Eropa Asal Asia yang Pernah Tampil di Piala EAFF, Ada Shinji Kagawa

Seperti halnya Manchester City, dari klub yang hanya dianggap Tetangga Berisik oleh Sir Alex Ferguson berubah menjadi rival berat pesaing juara.

Lantas siapa saja pemilik klub terkaya di dunia? berikut ini di antaranya penjelasan mengenai siapa saja pemilik klub terkaya di dunia.

1. Mohammed bin Salman (Newcastle United)

Baca Juga: Profil Jeonbuk Hyundai Motors, Klub Raksasa K League 1 yang Lirik Asnawi Mangkualam

Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman. [Bandar AL-JALOUD / Saudi Royal Palace / AFP]
Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman. [Bandar AL-JALOUD / Saudi Royal Palace / AFP]

Namanya sangat terkenal seantero Arab Saudi, bagaimana tidak Mohamed bin Salman merupakan pangeran Arab Saudi dan dikenal sebagai penguasa kondang

Ia adalah pemilik Public Investment Fund, dan beberapa waktu lalu berhasil mengakuisisi Newcastle United, tepatnya pada Oktober 2021.

Sosok yang terkenal dengan sebutan MBS ini mengucurkan dana sekitar 300 juta poundsterling atau sekitar Rp5,6 triliun untuk memiliki klub asal Kota Toon.

Baca Juga: Anthony Ginting Berharap Piala Presiden 2022 Lahirkan Talenta Berkualitas untuk Pelatnas

Sementara itu kekayaan MBS mencapai 320 miliar poundsterling atau sekitar Rp188 triliun, bersumber dari Konsorsium dan perusahaan minyak dunia miliknya, Aramco.

2. Sheikh Mansour (Manchester City)

Pemilik klub Manchesetr City, Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan (Andrew Yates/AFP)
Pemilik klub Manchesetr City, Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan (Andrew Yates/AFP)

Seorang pengusaha sukses asal Uni Emirat Arab yang membawa perubahan pesar di peta persaingan klub-klub Liga Inggris, Sheikh Mansour memiliki harta kekayaan mencapai 23,3 miliar poundsterling.

Baca Juga: Momen Gol Cantik Ramiro Fergonzi saat Persita Kalahkan Persik, Jadi yang Tercepat di Liga 1 2022

Nilai itu mencapai sekitar Rp450 triliun, kekayaan fantastis yang membuat Manchester City kini disegani klub-klub terbaik Eropa dari yang sebelumnya sangat medioker.

Sejak mengakuisisi Manchester City pada 2008 silam, klub yang saat ini bermarkas di Stadion Etihad menjadi kekuatan anyar Liga Inggris.

Lima trofi Premier League sudah diberikan Sheikh Mansour untuk Manchester City dan sepertinya torehan prestasi mentereng tidak akan berhenti sampai di situ.

3. Dietrich Mateschitz (RB Leipzig dan RB Salzburg)

Dietrich Mateschitz pemilik klub RB Salzburg dan RB Leipzig. (AFP)
Dietrich Mateschitz pemilik klub RB Salzburg dan RB Leipzig. (AFP)

Di balik kesuksesan duo RB di dunia sepak bola, ada sosok sang pemilik yang merupakan salah satu dari pengusaha terkaya yang berkecimpung di dunia sepak bola.

Adalah Dietrich Mateschitz, pengusaha Red Bull asal Austria yang memiliki kekayaan mencapai1 5 miliar poundsterling atau sekitar Rp291 triliun.

Mulai membangun sepak bola pada 2005, saat itu klub pertama yang dibentuk adalah SV Austria Salzburg dan kini berganti nama menjadi RB Salzburg.

Setelahnya di tahun 2009 kembali membentuk klub tim sepak bola yang saat ini menjadi salah satu klub elite di Bundesliga, RB Leipzig.

4. Andrea Agnelli (Juventus)

Presiden Juventus Andrea Agnelli saat menghadiri Derby della Mole melawan Torino dalam Liga Italia di Stadion Olimpico Grande, Turin, Italia, pada 2 November 2019. (ANTARA/REUTERS/Massimo Pinca)
Presiden Juventus Andrea Agnelli saat menghadiri Derby della Mole melawan Torino dalam Liga Italia di Stadion Olimpico Grande, Turin, Italia, pada 2 November 2019. (ANTARA/REUTERS/Massimo Pinca)

Andrea Agnelli merupakan tokoh sentral di mana Juventus meraih kesuksesan, sosok yang menjabat sebagai presiden klub ini sudah tak asing dengan dunia olahraga.

Agnelli juga dikenal sebagai pejabat di perusahaan otomotif asal Italia, Fiat dan memiliki kekayaan sebesar 15 miliar poundsterling atau sekitar Rp291 triliun.

Selama menukangi Juventus, Agnelli sudah berhasil membawakan trofi scudetto sebanyak sembilan musim di Liga Italia Serie A.

5. Roman Abramovich (Eks Chelsea)

Bos Chelsea Roman Abramovich. [AFP]
Bos Chelsea Roman Abramovich. [AFP]

Munculnya Chelsea sebagai salah satu klub tersukses Liga Inggris tak lepas dari campur tangan Roman Abramovich, pengusaha kondang asal Rusia.

The Roman Empirer tumbuh menjadi kekuatan anyar Premier League saat itu, sebanyak lima gelar Liga Inggris dan satu gelar Liga Champions sukses diraihnya.

Kekayaan bersih Roman Abramovich ditaksir mencapai 9 miliar poundsterling atau mencapai Rp174 triliun, bersumber dari perusahaan petrokimia dan perdagangan minyak dunia.

6. Philip Anschutz (LA Galaxy)

Termasuk salah satu orang pendiri Major Leagye Soccer (MLS) dan merupakan pemilik dari klub LA Galaxy yang juga kontestan kompetisi ini.

Di bawah komandonya, LA Galaxy pernah merekrut sebagian pemain bintang asal Eropa, termasuk David Beckham dan Steven Gerrard.

Sosoknya juga merupakan orang terkaya ke-50 di Amerika Serikat dan memiliki kekayaan bersih mencapai 10 miliar dolar AS atau sekitar Rp144 triliun.

7. Stan Kroenke (Arsenal)

Stan Kroenke merupakan pemilik Arsenal dengan harta kekayaan mencapai 7 miliar poundsterling atau sekitar Rp135 triliun.

Sosoknya sangat terkenal di dunia olahraga, tak hanya menjadi pemilik Arsenal tetapi juga pemilik beberapa tim basket NBA seperti LA Rams, Denver Nuggets dan Colorado Rapid.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak