Boladunia

Rincian Biaya yang Harus Dikeluarkan Man City untuk Dapatkan Erling Haaland

Manchester City dapatkan Erling Haaland, berikut rincian uang yang harus dikeluarkan

Irwan Febri Rialdi

Penyerang andalan Borussia Dortmund, Erling Haaland. [Daniel ROLAND / AFP]
Penyerang andalan Borussia Dortmund, Erling Haaland. [Daniel ROLAND / AFP]

Bolatimes.com - Erling Haaland dikabarkan segera merapat ke Manchester City. Hal ini dikabarkan oleh jurnalis asal Italia, Fabrizio Romano.

Penyerang berusia 21 tahun asal Norwegia tersebut dikabarkan telah lolos tes medis yang dilakukan di Rumah Sakit di Belgia.

Ditemani dokter tim Man City, Haaland menjalani tes medis di RS Erasmus, Brussel, ibu kota Belgia pada Senin (9/5). Kabar ini tentu sangat bagus untuk publik The Citizens.

Menurut laporan Fabrizio Romano, Manchester City dikabarkan bersedia membayar klausul pelepas Erling Haaland dari Dortmund sebesar 63 juta poundsterling.

Disebutkan bahwa Haaland bakal dikontrak hingga Juni 2027 dan akan mengantongi gaji senilai 375 ribu poundsterling atau tertinggi kedua di Man City setelah Kevin De Bruyne.

Menurut Romano, Haaland bakal diresmikan sebagai rekrutan anyar dari Man City pada pekan ini.

"Erling Haaland ke Manchester City, here we go! Haaland telah melewati tes medis sebagai pemain baru Man City hari ini, dia kembali ke Dortmund. Akan DIRESMIKAN pekan ini," tulis jurnalis asal Italia itu di Twitter.

"Man City memberitahu direksi BVB bahwa mereka bakal mengaktifkan klausul rilis [lebih mendekati 60 juta euro ketimbang 75 juta euro] dalam waktu beberapa jam."

Transfer Erling Haaland ini sekaligus membuat Man City memenangi pertarungan dengan tim raksasa Eropa lainnya seperti Real Madrid, Barcelona, hingga rival sekota Manchester United.

Namun menurut laporan Telegraph Football, jumlah yang harus dibayarkan oleh Manchester City untuk menembus Erling Haaland dari Borussia Dortmund lebih mahal dari yang dilaporkan Fabrizio Romano.

Dikabarkan bahwa Man City kudu merogoh kocek hingga total 213 juta poundsterling untuk mendapatkan jasa Erling Haaland.

Total uang sebanyak itu terbagi menjadi masing-masing 64 juta poundsterling untuk harga klausul pelepasan dari Borussia Dortmund, lalu kontrak 5 tahun dengan biaya 107 juta poundsterling, dan biaya tambahan untuk agen, representatif sebesar 42 juta poundsterling.

Harga fantastis untuk mendapatkan tenaga dari mantan penggawa RB Salzburg ini terbilang cukup layak mengingat performa gemilangnya.

Sejak bermain untuk Borussia Dortmund selama 2,5 musim ini, Erling Haaland mampu mencetak 85 gol dari 88 penampilan lintas ajang.

Erling Haaland diperkirakan bakal berpamitan saat Borussia Dortmund melakoni laga terakhir Bundesliga 2021/22 melawan Hertha Berlin di Signal Iduna Park, Sabtu (14/5) malam WIB.

Kontributor: Aditia Rizki 

Berita Terkait

Berita Terkini