Boladunia

Rekor Pertemuan Unai Emery vs Jurgen Klopp, Siapa Unggul?

Jurgen Klopp boleh bangga atas rekor pertemuan, tapi Unai Emery punya kenangan manis ketika berhadapan di laga final

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Sevilla, Unai Emery, (kanan) berjabat tangan dengan pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, setelah Sevilla memenangkan pertandingan final Liga Europa antara Liverpool FC dan Sevilla FC di Stadion St Jakob-Park di Basel, pada 18 Mei 2016. (AFP/Fabrice Coffrini)
Pelatih Sevilla, Unai Emery, (kanan) berjabat tangan dengan pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, setelah Sevilla memenangkan pertandingan final Liga Europa antara Liverpool FC dan Sevilla FC di Stadion St Jakob-Park di Basel, pada 18 Mei 2016. (AFP/Fabrice Coffrini)

Bolatimes.com - Unai Emery dan Jurgen Klopp bakal kembali bersua setelah cukup lama masing-masing tim yang mereka latih tidak saling berhadapan.

Duel antara Emery dan Klopp bakal tersaji di semifinal Liga Champions 2021/22. Liverpool dijadwalkan menjamu Villarreal lebih dulu pada leg pertama, Kamis (28/4) dini hari WIB, di Anfield.

Satu pekan kemudian, tepatnya pada Rabu (4/5) dini hari WIB, giliran Villarreal yang bakal menjamu Liverpool pada leg kedua di El Madrigal.

Pertemuan nanti bukan perjumpaan pertama buat Unai Emery dan Jurgen Klopp. Sebagai pelatih, keduanya terbilang cukup sering bertemu.

Terlebih, Emery punya pengalaman melatih di Liga Inggris bersama Arsenal sehingga kans bersua Liverpool menjadi lebih intens.

Tercatat, sudah 5 kali Emery dan Klopp bertemu. Dari jumlah pertemuan itu, Klopp memang lebih unggul dengan meraih 3 kemenangan, 1 kali imbang, da 1 kali menelan kekalahan.

Namun, satu-satunya kekalahan yang diderita Klopp dari Emery meninggalkan memori kelam buat pelatih asal Jerman itu sekaligus publik Liverpool.

Ya, kekalahan itu hadir pada laga final Liga Europa 2015/16. Pada partai puncak itu, Liverpool sebetulnya mampu unggul lebih dulu di babak pertama lewat gol Daniel Sturridge di menit 35.

Namun, Sevilla asuhan Emery saat itu bangkit di babak kedua dengan mencetak tiga gol masing-masing lewat Gameiro dan brace Coke.

Alhasil, Sevilla keluar sebagai kampiun Liga Europa 2015/16 usai meraih kemenangan 3-1 atas Liverpool yang saat itu dilatih Jurgen Klopp.

Kenangan pahit itu jelas tak bisa dilupakan oleh Klopp, bahkan pada konferensi pers teraktual usai Liverpool menyingkirkan Benfica, Klopp secara khusus menyebut bahwa Emery adalah ahlinya kompetisi Eropa.

Meski ini merupakan semifinal Liga Champions pertama buat Unai Emery, pengalaman pelatih berusia 50 tahun tersebut di kompetisi Eropa memang tak bisa dipandang sebelah mata.

Unai Emery juga disebut sebagai pelatih spesialis gelar Liga Europa. Pelatih asal Spanyol tersebut kini sudah mengoleksi 4 gelar juara Liga Europa.

Dia meraih gelar ini secara beruntun selama tiga musim saat menjadi pelatih Sevilla di musim 2014 hingga 2016. Emery melewati catatan Giovanni Trapattoni yang mengoleksi 3 titel kompetisi ini.

"Saya melihat hasil laga mereka, performanya luar biasa. Saya memang tidak menonton keseluruhan, tapi mereka pantas ada di semifinal Liga Champions jika mampu mengalahkan Juventus dan Bayern Munich," ujar Klopp di BBC Sport.

"Unai Emery itu rajanya piala di Eropa, luar biasa apa yang dilakukannya. Tapi, tolong berikan sedikit waktu untuk saya mempersiapkan diri," sambungnya.

Kontributor: Aditia Rizki

Berita Terkait

Berita Terkini