Profil Ronaldinho, Legenda Brasil yang Didatangkan Rans Cilegon FC

Rans telah mengumumkan Ronaldinho secara resmi

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 30 Maret 2022 | 10:38 WIB
Pemain Barcelona Lionel Messi digendong Ronaldinho saat merayakan gol melawan Albacete di Stadion Camp Nou 01 May 2005. (AFP)

Pemain Barcelona Lionel Messi digendong Ronaldinho saat merayakan gol melawan Albacete di Stadion Camp Nou 01 May 2005. (AFP)

Bolatimes.com - Kabar mengejutkan datang dari Rans Cilegon FC. Mereka bakal mendatangkan legenda Brasil dan Barcelona, Ronaldinho.

Legenda Timnas Brasil rencananya tiba di Tanah Air sebelum bergulirnya Liga 1 musim depan. Pengumuman mengejutkan ini disampaikan langsung oleh Raffi Ahmad bertepatan dengan hari jadi Rans Cilegon FC yang pertama, Selasa (29/3/2022).

Raffi Ahmad menjelaskan Ronaldinho akan datang ke Indonesia pada Juni 2022. Sang legenda akan berada di Tanah Air selama tujuh hari kedepan buat meramaikan beberapa acara.

Baca Juga: Momen Mohamed Salah Dikeroyok Sinar Laser, hingga Gagal Eksekusi Penalti

Beberapa acara tersebut seperti launching tim dan mini turnamen yang rencananya bakal diikuti oleh Persis Solo, Arema FC, dan Persija Jakarta.

Sementara itu, Chairman Rans Cilegon FC lainnya, Rudy Salim mengungkap alasan mendatangkan Ronaldinho. Salah satu misinya adalah kembali meningkatkan gairah sepakbola di Indonesia.

Mendatangkan Ronaldinho ke Indonesia memang bisa menjadi daya tarik yang mengundang animo luas dari masyarakat. Seperti apa lantas sosok Ronaldinho ini? Berikut ulasan profilnya.

Baca Juga: Mesir Kandas, Berikut 5 Negara Afrika yang Lolos ke Piala Dunia 2022

Profil Ronaldinho

Sosok dengan nama lengkap Ronaldo de Assis Moreira ini lahir di Porto Alegre, Brasil, pada 21 Maret 1980. Dikenal dengan nama Ronaldinho Gaucho, dia memulai perjalanan karier sepak bolanya dengan bergabung bersama akademi Gremio.

Bergabung pada 1987, Ronaldinho mampu menembus skuad utama Gremio di tahun 1998 saat melakoni debutnya di laga Copa Libertadores.

Baca Juga: Profil Nguyen Thanh Binh, Pemain Vietnam yang Jebol Gawang Timnas Jepang

Satu musim selanjutnya, Ronaldinho muda langsung mencuri perhatian publik usai mencetak 22 gol dari 47 penampilan pada 1999.

Pada 2001, Arsenal dikabarkan tertarik merekrut Ronaldinho, tapi akhirnya tak terwujud. Dia kemudian pindah ke Paris Saint-Germain dengan biaya 5 juta euro untuk kontrak selama 5 tahun.

Bersama PSG dia mencatatkan 77 penampilan dengan torehan 25 gol dan 17 assist. Ronaldinho kemudian pindah ke Barcelona pada 2003 dengan biaya 30 juta euro.

Baca Juga: Update Negara yang Lolos ke Piala Dunia 2022, Cristiano Ronaldo Dkk Jadi yang Terbaru

Bersama Blaugrana, Ronaldinho menjalani musim-musim terbaiknya sebagai pesepak bola. Dia meraih dua gelar Liga Spanyol, dua gelar Supercopa de Espana, dan satu trofi Liga Champions.

Atas sederet prestasi gemilang di level klub itu, Ronaldinho dianugerahi penghargaan individu mulai dari Ballon d'Or hingga dua kali menjadi Pemain Terbaik FIFA.

Setelah dari Barcelona, Ronaldinho pindah ke AC Milan. Meski tidak secemerlang penampilannya di Barcelona, Ronaldinho mencatatkan 95 penampilan dengan 26 gol dan 29 assist buat AC Milan. Dia juga tercatat menjadi bagian skuad dari AC Milan yang meraih Scudetto 2010/11.

Setelah dari AC Milan, karier Ronaldinho perlahan menurun. Dia banyak menghabiskan sisa kariernya di Brasil dengan bergabung bersama Flamengo, Atletico Mineiro, sempat juga bermain di Liga Meksiko dengan Queretaro, dan terakhir membela Fluminense.

Ronaldinho kemudian banting setir untuk bermain futsal di India. Dia sempat bermain dengan Ryan Giggs, Paul Scholes, Hernan Crespo, di Liga Futsal India.

Setelah perjalanan panjang menjadi atlet, Ronaldinho akhirnya memutuskan pensiun pada Januari 2018. Di level tim nasional, Ronaldinho menjadi bagian Timnas Brasil yang menjadi kampiun Piala Dunia 2002. Dia total memiliki 97 caps dengan mencetak 33 gol.

Kontributor: Aditia Rizki

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak