Profil Viking FK, Klub Norwegia yang Dibela Shayne Pattynama

Sehebat apa sih Viking FK? Mari kita simak bersama

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 22 Februari 2022 | 16:22 WIB
Klub Norwegia yang dibela Shayne Pattynama, Viking FK). (Instagram/@viking_fk)

Klub Norwegia yang dibela Shayne Pattynama, Viking FK). (Instagram/@viking_fk)

Bolatimes.com - Klub sepak bola asal Norwegia, Viking FK, tiba-tiba ramai diperbincangkan oleh netizen Indonesia. Sebabnya adalah klub tersebut merupakan tim dari Shayne Pattynama.

Shayne sendiri merupakan pemain keturunan Indonesia-Belanda yang baru saja dikabarkan berminat untuk membela Timnas Indonesia. 

Menurut Exco PSSI, Hasani Abdulgani, pemain berusia 23 tahun itu sudah mengirimkan surat pernyataan bersedia membela 'Merah Putih' dan mengirimkan dokumen untuk proses naturalisasi.

Baca Juga: PSSI Pastikan Kroasia Tolak Lawan Indonesia di FIFA Matchday

Menilik sepak terjangnya, Shayne merupakan bek kiri dengan segudang pengalaman bermain di Eropa. Dia merupakan jebolan akademi Ajax dan Utrecht, dan sempat merasakan bermain di divisi kedua Liga Belanda.

Pada April 2021, Shayne Pattynama kemudian diboyong oleh Viking FK dari klub Belanda, Telstar. Penampilan Shayne pun cukup ciamik dengan mencatatkan 24 penampilan bersama Viking FK di Liga Norwegia atau dikenal dengan Eliteserien.

Lantas, seperti apa sebetulnya sejarah dari Viking FK? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Villarreal vs Juventus, Dusan Vlahovic Dipastikan Starter

Profil Viking FK

Klub dengan nama lengkap Viking Fotballklubb ini sudah berdiri sejak 1899 dan merupakan salah satu klub terlama dan paling sukses di Norwegia.

Didirikan pertama kali di kota Stavanger, klub ini juga dikenal dengan sebutan Viking Stavanger. Klub ini kini bermarkas di Viking Stadion yang punya kapasitas 15.900 penonton.

Baca Juga: Sergio Aguero, Pensiun Dini hingga Jajal Peran Baru di Timnas Argentina

Klub berjuluk The Dark Blues tersebut merupakan salah satu tim yang ikut serta dalam gelaran perdana Liga Norwegia di musim 1937/38.

Sebagai tim paling lama di sana, Viking FK merupakan klub Norwegia paling banyak memainkan pertandingan di level kompetisi teratas Norwegia dibandingkan klub-klub lainnya.

Meski begitu, mereka juga pernah turun kasta ke divisi kedua sebanyak tiga kali yaitu pada musim 1966/67, 1987/88, dan paling baru musim 2018/19.

Baca Juga: Menang Beruntun, Rahmad Darmawan Ungkap Kelemahan Barito Putera

Prestasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Viking FK adalah salah satu klub paling sukses di Norwegia. Mereka mengoleksi 8 gelar juara Liga Norwegia.

Gelar pertama yang mereka raih hadir pada musim 1957, sedangkan gelar liga terakhir yang mereka raih sudah cukup lama yaitu pada tahun 1991.

Kemudian mereka punya koleksi 3 gelar divisi kedua yang mereka dapatkan pada 1967, 1988, dan teranyar di 2018. Selain itu, Viking FK juga mengoleksi 6 trofi Piala Norwegia.

Sebagai klub paling sukses pula, Viking FK tercatat pernah mentas di kompetisi antarklub Eropa. Mereka tampil 51 kali di Liga Europa dan 14 kali tampil di Liga Champions.

Selain itu, Viking FK juga pernah berkompetisi di Piala Winners. Jika ditotal, mereka sudah memainkan 67 pertandingan di kompetisi Eropa.

Kans mereka untuk bisa tampil lagi di kompetisi Eropa kembali terbuka setelah finis di posisi ketiga Liga Norwegia 2021.

Dengan hasil ini mereka berhak mengikuti Kualifikasi Conference League musim depan.

Kontributor: Aditya Rizki

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak