Boladunia

Blak-blakan, Mantan Pelatih Sebut Pemain Malaysia Susah Dipahami

Mantan pelatih Malaysia memberikan wejangan ke Kim Pan-gon.

Husna Rahmayunita

Para pemain timnas Malaysia saat merayakan gol dalam laga matchday pertama Grup B Piala AFF 2020 kontra Kamboja di Stadion Bisham, Singapura, Senin (6/12/2021). [AFF Suzuki Cup 2020]
Para pemain timnas Malaysia saat merayakan gol dalam laga matchday pertama Grup B Piala AFF 2020 kontra Kamboja di Stadion Bisham, Singapura, Senin (6/12/2021). [AFF Suzuki Cup 2020]

Bolatimes.com - Mantan pelatih Timnas Malaysia, B. Satiananthan memberikan wejangan kepada Kim Pan-gon yang baru terpilih sebagai juru taktik Harimau Malaya.

Secara terang-terangan, B. Satiananthan menyarankan Kim Pan-gon untuk mencari asisten pelatih lokal, meski sudah memboyong empat asisten pilihanya sendiri.

"Dia memiliki empat asisten yang belum berpengalaman dengan sepak bola Malaysia. Jadi, dia (Kim Pan-gon) membutuhkan asisten lokal yang berkualitas dan berpengalaman," ujar B.Satiananthan seperti dikutip dari New Strait Times, Minggu (23/1/2022).

"Dia tidak bisa mengandalkan direktur teknis (Scot O'Donlel) yang bukan orang lokal dan orang baru di sepak bola Malaysia," imbuhnya.

Bukan tanpa alasan, Satiananthan menilai Kim Pan-gon perlu beradaptasi dengan skuad Harimau Malaya, yang disebutnya tak mudah dipahami.

Ia mengacu pada pendapat Claude Le Roy yang sempat menukangi Timnas Malaysia.

"Tidak mudah memahami pesepakbola Malaysia. Le Roy pernah mengatakan kepada saya bahwa lebih mudah memahami pesepakbola Afrika dibandingkan dengan pemain Malaysia, ini adalah ucapan Le Roy yang merupakan salah satu pelatih terkenal di Afrika," sambungnya.

Pelatih berusia 63 tahun tersebut lantas mencontohkan apa yang dilakukan oleh juru taktik Inggris. Allan Harris.

"Dia memiliki pendekatan terbaik ketika menjadi pelatih kepala Malaysia. Dia beradaptasi dengan para pemain dalam hal filosofi bermain," kata B. Satiananthan.

"Kita harus melihat pendekatan apa yang akan diambil Pan Gon, tetapi satu hal yang pasti, dia membutuhkan pelatih lokal yang baik untuk membantunya," imbuhnya.

Meski memberikan wejangan, pria yang kini menjabat sebagai Direktur Teknik Sarawak United tersebut berharap Kim Pan-gon dapat memberikan angin segar bagi Timns Malaysia.

Menurutnya, saat Pan-gon mulai bekerja menahkodai Harimua Malaysia, maka para fans harus bersabar menyimak prosesnya.

Berita Terkait

Berita Terkini