Fakta-fakta Menarik Kasper Hjulmand, Si Pelatih Kuda Hitam Denmark

Kasper Hjulmand, pelatih yang secara mengejutkan bawa Denmark ke semifinal Euro 2020.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 07 Juli 2021 | 20:30 WIB
Pelatih Denmark Kasper Hjulmand bersama para staf dan pemain merayakan kepastian timnya lolos 16 besar Euro 2020 usai menang 4-1 atas Rusia, Selasa (22/6/2021) dini hari WIB. (Foto: Stuart FRANKLIN/AFP)

Pelatih Denmark Kasper Hjulmand bersama para staf dan pemain merayakan kepastian timnya lolos 16 besar Euro 2020 usai menang 4-1 atas Rusia, Selasa (22/6/2021) dini hari WIB. (Foto: Stuart FRANKLIN/AFP)

Bolatimes.com - Keberhasilan Timnas Denmark melaju ke semifinal Euro 2020 tak lepas dari semangat juang para pemainnya serta tangan dingin sang pelatih, Kasper Hjulmand.

Denmark menjadi satu-satunya kuda hitam yang tersisa hingga semifinal Euro 2020. Di babak empat besar ini, tim Dinamit akan menghadapi Timnas Inggris.

Menjadi kuda hitam, Denmark otomatis tak diunggulkan. Alih-alih diunggulkan menjadi juara, untuk lolos ke final saja, tim Dinamit dirasa takkan mungkin.

Baca Juga: Semifinal Euro 2020: Prediksi Inggris Vs Denmark

Apalagi, di babak semifinal melawan Inggris, Denmark harus menghadapi tekanan dari tuan rumah mengingat laga akan digelar di Stadion Wembley, London, Kamis (08/07/21).

Untuk menghadapi tekanan di semifinal ini, Denmark dipastikan akan menggunakan statusnya sebagai non unggulan.

Selain itu, tim Dinamit akan mengandalkan semangat juang skuatnya yang tengah membumbung tinggi serta tangan dingin sang pelatih, Kasper Hjulmand.

Baca Juga: Wika Salim Olahraga Kenakan Sportwear Ketat, Netizen Salah Fokus

Berbicara soal Kasper Hjulmand, tak banyak yang mengenal sosoknya serta sepak terjangnya sebelum Euro 2020 ini.

Lalu untuk mengenalnya, ada baiknya melihat fakta-fakta menarik pria berusia 49 tahun tersebut. Berikut fakta-fakta menarik Kasper Hjulmand.

1.       Hanya Berkarier sebagai Pemain Selama Tujuh Tahun

Baca Juga: Kisah Andik Vermansyah, Menyesal Pernah Tolak Klub Jepang dan Amerika

Layaknya para pelatih lainnya, Kasper Hjulmand mengawali kariernya di sepak bola sebagai pemain.

Namun, nama Hjulmand sebagai pemain tak begitu terkenal. Alasannya karena ia hanya membela tim lokal Denmark saja.

Selain itu, Hjulmand tak bertahan lama sebagai pemain. Dinukil dari Transfermarkt, ia hanya bermain selama tujuh tahun saja.

Baca Juga: Fanny Ghassani Tampil Aduhai Pakai Sportwear Putih, Netizen Dibikin Takjub

Namun, jika dihitung secara rinci, Hjulmand hanya bermain selama lima tahun karena dua tahun waktu ia habiskan akibat cedera dan operasi lutut.

2.       Gagal Menggantikan Thomas Tuchel

Karier melatih Kasper Hjulmand tak seburuk kariernya sebagai pemain. Sebagai catatan, ia telah menjadi pelatih sejak tahun 1998 atau pasca pensiun sebagai pemain.

Hjulmand menjalani karier kepelatihannya dari bawah, dari tim junior hingga tim utama. Progres yang ia tunjukkan membuat klub Jerman, Mainz 05, meminangnya di Mei 2014.

Kebetulan saat itu, Mainz 05 baru saja ditinggal Thomas Tuchel yang memilih bergabung Borussia Dortmund.

Sayangnya, ekspektasi besar Mainz 05 kepada Hjulmand tak terwujud. Tak sampai satu tahun, ia pergi dengan rekor lima kemenangan, 11 hasil imbang dan delapan kekalahan.

3.       Memiliki Cara Unik Saat Pertama Melatih Denmark

Sebagai pelatih yang ditunjuk untuk menukangi suatu tim nasional, Kasper Hjulmand memilih metode unik untuk meningkatkan pemahamannya mengenai identitas negara yang ia latih yang akan diterapkan di timnya.

Saat sebelum resmi menggantikan Age Hareide, dalam jeda waktu itu, Hjulmand tak berpikir mengenai caranya meracik tim saat pertemuan dengan pemain.

Hjulmand diketahui menghubungi beberapa pihak seperti musisi, kepala eksekutif, pemimpin upacara kerajaan Denmark dan mantan Perdana Menteri untuk memperdalam pemahamannya tentang identitas nasional Denmark.

4.       Baju Keberuntungan

Di Euro 2020 ini, media Denmark mengklaim keberhasilan tim Dinamit melaju hingga babak semifinal tak lepas dari tuah baju Sweater hitam yang dipakai Kasper Hjulmand.

Sweater hitam itu pertama kali digunakan Hjulmand saat Denmark menghadapi Rusia di laga hidup mati. Siapa sangka, tim Dinamit lolos.

Bahkan di fase 8 besar, Hjulmand pernah tak mengenakan Sweater hitam tersebut. Alhasil Denmark kebobolan.

Pasca kebobolan, ia langsung melepas baju putih yang ia kenakan dan mengenakan Sweater hitam tersebut hingga akhirnya Denmark ke semifinal.

Di laga melawan Inggris nanti, Hjulmand mengaku telah membawa Sweater hitam keberuntungan itu kendati dirinya tak percaya takhayul.

5.       Pelatih Pragmatis dan Kutu Buku

Saat terjun ke dunia kepelatihan di usia muda, Kasper Hjulmand dikenal sebagai pelatih kutu buku karena banyak membaca taktik agar menemukan gaya permainannya.

Hingga pada akhirnya, ia menemukan gaya bermain sendiri yakni mengandalkan pertahanan untuk kemenangan atau pragmatis.

Meski demikian, Hjulmand dianggap pengagum sepak bola atraktif. Di Denmark, ia menggabungkan dua hal yang berlawanan agar meraih hasil.

Hasilnya, permainan Denmark terlihat atraktif saat dalam situasi Counter Attack dan sulit ditembus ketika unggul dengan menerapkan pertahanan kuat.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak