Boladunia

Profil Mario Balotelli, Pencetak Gol Ulung yang Dijuluki Si Bengal

Begini profil Balotelli hingga dijuluki si bengal.

Rauhanda Riyantama

Mario Balotelli saat sesi latihan bersama Timnas Italia (3/6) [Marco Bertorello/AFP]
Mario Balotelli saat sesi latihan bersama Timnas Italia (3/6) [Marco Bertorello/AFP]

Bolatimes.com - Mario Balotelli memiliki kualitas mumpuni sehingga membuatnya bisa menjadi salah satu striker top dunia. Di sisi lain, ia dikenal sebagai salah satu pemain tempramen hingga dijuluki si bengal.

Pria berusia 31 tahun ini memiliki tingkah aneh dan kontroversial di beberapa kesempatan. Lebih lengkapnya simak profil Mario Balotelli, pemain yang dijuluki si bengal berikut ini.

Profil Mario Balotelli

Pemain bernama lengkap Mario Barwuah Balotelli merupakan pemain sepak bola berkebangsaan Italia. Ia dilahirkan pada 12 Agustus 1990 dari kedua orang tua yang merupakan imigran asal Ghana, Afrika. Ketika berusia 2 tahun, keluarganya pindah ke Bagnolo Mella, Brescia, Italia Utara.

Saat kecil, keluarga Barwuah menyerahkan Mario Balotelli ke keluarga angkat Balotelli, Italia. Ia diasuh ibu angkatnya, Silva sejak berusia 3 tahun hingga menjadi pemain sepak bola profesional. Balotelli akhirnya mendapat kewarganegaraan Italia pada tahun 2008. Ia berkomitmen untuk terus membela sepak bola Italia.

Karier Balotelli yang Meredup

Karier Balotelli sebelum bergabung dengan Manchester City di tahun 2010, pernah bermain di klub Lumezzane dan Inter Milan. The Citizens menggaetnya dengan nilai transfer 26 juta poundsterling atau sekitar Rp 519 miliar. Dikabarkan saat masih di Manchester City, Balotelli berkelakuan aneh baik di luar maupun saat di lapangan,

Mulai dari membakar rumahnya secara tak sengaja setelah bermain kembang api. Mengunjungi klub malam sebelum laga dan sering kena denda karena suka ngebut di jalanan. Balotelli pernah melakukan selebrasi “Why Always Me” dan kena kartu merah karena tendangan karate di laga kontra Dynamo Kyiv.

Sejak hengkang dari Manchester City, ia kerap gonta-ganti klub. Pada 29 Januari 2013, Balotelli bergabung dengan AC Milan yang merupakan klub idolanya sejak kecil. Selepas dari Milan, ia juga sempat bermain di Liverpool, Nice, Marseille, dan Brescia.

Karena kerap terlibat dalam kontroversi dan masalah, membuat karirnya meredup. Dulunya Balotelli dikenal sebagai andalan Manchester City, kini harus puas bermain untuk klub serie B, AC Monza.

Si Pencetak Gol Ulung

Meski dijuluki si bengal, Balotelli memiliki kemampuan kuat sebagai ahli gol di setiap pertandingan. Catatan Balotelli bersama Timnas Italia, ia sukses mencetak 14 gol dari 36 penampilan. Bersama Nerazzurri, ia mencetak 28 gol dari 86 penampilan. Begitu di klub Serie A, Milan, ia mencetak 26 gol dari 43 penampilan.

Kemampuan mencetak gol-nya sempat hilang saat di klub asal Merseyside, Liverpool. Ia hanya bisa menyumbang satu gol. Saat pindah ke Nice, Balotelli bangkit dengan mencetak 43 gol dalam 76 penampilan.

Hingga ia pindah ke Marseille dan Brescia, Balotelli hanya mencetak total 13 gol. Saat di Brescia, lagi-lagi Balotelli membuat gaduh karena bersitegang dengan pemilik klub. Namun di Brescia pula, Balotelli harus mengalami momen menyedihkan kala menjadi sasaran chant rasialis fans Verona dan Lazio.

Setelah dari Brescia, ia sempat kesulitan mendapat klub baru. Hingga akhirnya ada AC Monza yang siap menampung Balotelli yang kini hampir berusia 31 tahun. Sejauh ini, a mencatatkan dua gol dari 6 penampilan bersama klub milik Silvio Berlusconi itu.

Karir sepak bola Balotelli masih sangat terbuka lebar. Dia memiliki kesempatan kembali ke Serie A jika terus meningkatkan kemampuan bermainnya dan juga mampu terlepas dari cap pemain bengal yang selama ini melekat.

Biodata Mario Balotelli

Nama    : Mario Barwuah Balotelli

Tanggal lahir : 12 Agustus 1990

Posisi bermain : Penyerang

Penghargaan Klub

-          Internazionale: Serie A (2007/2008, 2008/2009, 2009/2020), Coppa Italia (2009/2010), Supercoppa Italiana (2008), UEFA Champions League (2009/2010)

-          Manchester City: Premier League (2011/2012), FA Club (2010/2011), FA Community Shield (2012)

Penghargaan Individu

-          Golden Boy Award (2020)

-          FA Cup Final Man of the Match (2011)

Itulah profil Mario Balotelli, pemain yang dicap sebagai si bengal sepanjang kariernya di dunia sepak bola.

Kontributor: Yulia Kartika Dewi

Berita Terkait

Berita Terkini